... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

BNPB: Transisi Darurat ke Pemulihan Pasca Bencana Sulteng Selama 2 Bulan

Foto: Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Senin (01-10-2018)

KIBLAT.NET, Jakarta – Masa tanggap darurat penanganan bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Provinsi Sulawesi Tengah berakhir pada Jumat (26/10/2018). Dan Gubernur Sulawesi Tengah telah memutuskan penetapan status transisi darurat ke pemulihan bencana  gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Provinsi Sulawesi Tengah selama 60 hari terhitung mulai tanggal 27 Oktober hingga 25 Desember 2018.

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa pertimbangan penetapan status transisi darurat ke pemulihan berdasarkan laporan dari sub satgas bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, penanganan pengungsi, laporan bupati dan walikota. Selain itu, transisi ini juga masukan dari Kepala BNPB, dimana kondisi masyarakat sudah kondusif.

“Untuk mempercepat pemulihan masih diperlukan koordinasi dan komunikasi yang baik sehingga masa tanggap darurat tidak perlu diperpanjang tetapi masuk ke tahap transisi darurat menuju pemulihan,” katanya kepada Kiblat.net melalui keterangan rilisnya pada Jumat (26/10/2018).

Sutopo memaparkan bahwa dalam konteks penanganan darurat bencana, tahap transisi darurat ke pemulihan itu masih dalam status keadaan darurat. Sebab hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Status transisi darurat ke pemulihan adalah, kata dia, keadaan dimana penanganan darurat bersifat sementara atau permanen berdasarkan kajian teknis dari instansi yang berwenang, dalam hal ini BNPB dan BPBD. Status transisi ini bertujuan agar sarana prasarana vital serta kegiatan sosial ekonomi masyarakat segera berfungsi, yang dilakukan sejak berlangsungnya tanggap darurat sampai dengan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi dimulai.

BACA JUGA  Umat Islam Pontianak Shalat Idul Adha Dikepung Kabut Asap

“Selama transisi darurat ke pemulihan masih memerlukan kemudahan akses agar penanganan dapat cepat. Kemudahan akses meliputi pengerahan sumber daya, pengerahan logistik dan peralatan, penggunaan anggaran, Imigrasi, cukai dan karantina, perizinan, pengadaan barang dan jasa, dan pengelolaan dan pertanggungjawaban uang dan/atau barang,” tuturnya.

Maka, penetapan status transisi darurat ke pemulihan sesungguhnya hanyalah masalah administrasi saja. Selama masa transisi darurat bantuan kebutuhan lanjutan yang belum dapat diselesaikan pada saat tanggap darurat dapat diteruskan.

“Seperti perbaikan sarana prasarana vital, pembangunan huntara, pelayanan kebutuhan dasar pengungsi, pendidikan darurat,  pelayanan kesehatan dan lainnya,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Tanggap Darurat Usai, Bupati Sigi Minta RS Lapangan BSMI Tetap Beroperasi

Tanggap Darurat Usai, Bupati Sigi Minta RS Lapangan BSMI Tetap Beroperasi

Jum'at, 26/10/2018 14:34 0

Munaqosyah

Bolehkah Membakar Bendera Tauhid dengan Alasan Saddu Dzara’i?

Pasca bendera tauhid dibakar, muncul pembelaan terhadap pembakaran tersebut dengan argumentasi saddu dzara'i. Apa itu saddu dzarai'? Bolehkah menggunakannya sebagai alasan untuk membolehkan pembakaran kalimat tauhid?

Jum'at, 26/10/2018 14:30 1

Video Kajian

Khutbah Jumat: Bahaya LGBT – Ust. Muhaimin Adi Nurahman

KIBLAT.NET- LGBT telah dijelaskan oleh Allah yang termuat dalam QS. Al A’raf disebutkan bahwa LGBT...

Jum'at, 26/10/2018 13:19 0

Video Kajian

Konsekuensi di Balik Kalimat Tauhid – Ust. Muhajirin Ibrahim, Lc.

KIBLAT.NET- Kita senang bahwa bendera itu sebagai suatu simbol yang mengajak kita semuanya untuk tunduk...

Jum'at, 26/10/2018 13:12 0

Iran

Soal Sanksi Iran, Turki Lobi Amerika Untuk Dikecualikan

KIBLAT.NET – Ankara mendesak Washington untuk pengecualian dari Sanksi Iran. Pejabat meminta pengecualian dari AS...

Jum'at, 26/10/2018 12:52 0

Iran

China Stop Beli Minyak dari Iran, Saudi Ambil Kesempatan

KIBLAT.NET – China sedang menghentikan pembelian minyak dari Iran, setelah berbulan-bulan menolak ajakan Amerika Serikat....

Jum'at, 26/10/2018 12:33 0

Manhaj

Hukuman Allah kepada Para Penista Syiar Islam

Umat Islam Indonesia sedang dihebohkan dengan kejadian yang membuat marah setiap muslim. Alih-alih dimuliakan karena kalimat tauhid adalah simbol kaum muslimin dan termasuk wahyu-Nya, ada oknum yang berulah dengan membakar bendera tauhid.

Jum'at, 26/10/2018 11:40 0

Arab Saudi

Saudi Dalami Laporan Turki, Pembunuhan Khashoggi Terencana

“Jaksa Penuntut Umum menerima informasi dari Negara sahabat Turki melalui tim kerja bersama antara Kerajaan Arab Saudi dan Republik Turki menunjukkan bahwa tersangka dalam kejadian tersebut melakukan pembunuhan dengan niat sebelumnya,” kata Jaksa Agung Saudi, Sa’ud bin Abdullah Al-Mu’jib, seperti dinukil France24 dari kantor berita Saudi (SPA).

Jum'at, 26/10/2018 09:51 0

Iran

Sebut “Imam Husain Wafat”, Jurnalis di Iran Ditangkap

Ia ditangkap atas tuduhan pelecehan Imam Husain. Karena tidak menyebut dengan kata syahid, namun wafat.

Jum'at, 26/10/2018 09:02 0

Amerika

Direktur CIA Laporkan Temuan dan Analisis Kasus Khashoggi ke Trump

Laporan itu diberikan setelah Direktur CIA berkunjung ke Turki

Jum'at, 26/10/2018 08:08 0

Close