... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Turki Lihatkan Bukti-bukti Pembunuhan Khashoggi ke Direktur CIA

Foto: Kantor konsulat Saudi di Turki, lokasi pembunuhan Jamal Khashoggi. Foto: AFP.

KIBLAT.NET, Ankara – Dinas intelijen Turki melihatkan bukti-bukti yang dikumpulan dalam penyelidikan kasus pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi di kantor konsulat Saudi di Turki 2 Oktober lalu kepada direktur Central Intelligence Agency (CIA), Gina Haskel. Hal tersebut seperti didilaporkan koran yang dikenal dekat dengan pemerintah Turki, Harian Sabah, pada Rabu (24/10).

Sabah terasuk salah satu surat kabar paling kerap menerbitkan “kebocoran” dari pemerintah Turki sejak kasus Khashoggi mencuat. Sebagian berita itu terkonfirmasi namun juga ada yang belum jelas.

Harian tersebut mengatakan bahwa dinas intelijen Turki melihatkan dan menjelaskan bukti-bukti yang terkait dengan pembunuhan Khashoggi kepada Haskel yang mengunjungi Negara Turki pada Selasa. Haskel ke Turki untuk mengetahui lebih dalam kasus kematian wartawan oposisi rezim Saudi itu.

Menurut Sabah, intelijen Turki memperlihatkan dan memperdengarkan rekaman video dan audio kepada Haskel. Selain itu, bukti-bukti lainnya yang didapat selama penggeledahan di kantor konsulat Saudi dan rumah tinggal kepala konsulat di Istanbul juga ditunjukkan.

Jamal Khashoggi (59) adalah kolumnis untuk Koran Washington Post. Ia tewas dibunuh pada 2 Oktober di konsulat Saudi di Istanbul. Saat itu, ia mengurus administrasi untuk pernikahannya.

Khashoggi tak diketahui jejaknya setelah memasuki kantor konsulat. Beberapa hari kemudian, sejumlah surat kabar Turki, termasuk Sabah, melaporkan bahwa para penyelidik Turki memiliki rekaman video dan audio yang membuktikan Khashoggi disiksa, dibunuh dan dimutilasi.

BACA JUGA  Erdogan Jadwalkan Ketemu Trump Bahas Pembelian Rudal Patriot

Tetapi Ankara tidak pernah secara resmi mengakui keberadaan dokumen-dokumen ini. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga tidak menyinggung hal itu dalam pidato panjang lebar mengenai kasus Khashoggi Selasa.

Menurut Sabah, Gina Haspel, yang baru menjabat April lalu, mengadakan “pembicaraan tingkat tinggi” di Ankara pada hari Selasa.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Mensos Sebut 40% Masyarakat Indonesia Golongan Tidak Mampu

Mensos memaparkan 40% masyarakat tidak mampu atau setara 98 juta jiwa mendapat subsidi elpiji sekaligus listrik. Sementara 38% atau setara 92,4 juta jiwa menerima Penerima Bantuan Iuran (PBI)-Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Rabu, 24/10/2018 18:24 0

Indonesia

Komentari Parade Tauhid, Said Aqil: Bukan Bela Lambang Tauhid, Tapi Bela HTI

"Bukan lambang tauhidnya, tapi membela lambang ormas yang sudah dilarang"

Rabu, 24/10/2018 17:36 3

Indonesia

Aksi Bakar Bendera Tauhid, Fahira Idris: Memicu Konflik di Masyarakat

Ia menegaskan rasa kecewa dan marah umat Islam akibat pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid adalah hal yang sangat wajar. Namun, umat muslim diharapkan tetap tenang.

Rabu, 24/10/2018 17:30 0

Indonesia

Badan Pengawas Pemberantasan Terorisme Tunggu Peraturan DPR

Badan Pengawas Pemberantasan Terorisme Tunggu Peraturan DPR

Rabu, 24/10/2018 15:46 0

Video Kajian

Muslimah Harus Digembleng Dengan Surah An-Nur? Ini Alasannya!

KIBLAT.NET – Muslimah Harus Digembleng Dengan Surah An-Nur? Ini Alasannya! Bunda Aisyah Radhiyallahu ‘Anha pernah...

Rabu, 24/10/2018 15:00 0

Indonesia

Penanganan Kasus Pembakaran Bendera Tauhid Diserahkan kepada Polri dan Kejaksaan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto mengatakan bahwa pihak kepolisian akan menindaklanjuti tindakan pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid di Garut.

Rabu, 24/10/2018 13:02 0

Indonesia

Pelaku Pembakar Bendera Tauhid Didesak Bertobat dan Minta Maaf

ISAC juga berharap kepada pimpinan Nahdhatul Ulama untuk segera bersikap dan memberi sanksi kepada para pelaku. Sementara kepada Kapolri agar segera memproses hukum mereka.

Rabu, 24/10/2018 11:22 0

Indonesia

Ketua GP Ansor Dipolisikan Terkait Pembakaran Bendera Tauhid

"Menurut kami, pasal yang dilaporkan sudah memenuhi unsur semua, tinggal penyidik nanti yang mengembangkan laporan kita ini," ujar Juanda.

Rabu, 24/10/2018 11:04 0

Opini

Yang Hilang Setelah Bendera Terbakar

Padahal, saat ini adalah saat kritis di mana umat perlu kehadiran dan bimbingan ulama. Bagaimana mereka harus beraksi, apa narasi yang harus dibawa, bagaimana menjaga aksi agar tidak “masuk angin” atau terpancing melakukan tindakan yang justru kontra-produktif.

Rabu, 24/10/2018 05:49 0

Manhaj

Merawat Ingatan akan Keagungan Kalimat Tauhid

Aksi pembakaran kalimat tauhid menuai gelombang protes dari umat. Sebagai umat Islam kita juga harus mengetahui seperti apa keagungan dari kalimat tauhid tersebut

Rabu, 24/10/2018 04:00 0

Close