Polda Jabar: 3 Anggota Banser Minta Pengamanan Diri Kepada Polisi

KIBLAT.NET, Bandung – Polri menyatakan tak pernah melakukan penangkapan dan penahanan terhadap tiga anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang melakukan pembakaran bendera tauhid di Garut. Polisi menyatakan tak ada pelanggaran pidana dalam aksi tersebut.

Polri membantah adanya penahanan terhadap pelaku pembakaran bendera tauhid di Garut. “Lho, kok, dibebaskan. Kesannya pernah ditangkap,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Umar Surya Fana, Kamis (25/10/2018) seperti dikutip dari Viva.

Umar menambahkan Polri tak pernah melakukan penangkapan dan penahanan terkait peristiwa pembakaran tersebut. Sementara, dari hasil gelar perkara polisi menyimpulkan tak ada niat (mens rea) dari para pelaku untuk melakukan perbuatan pidana. Ketiga anggota Banser dinilai membakar kain bertuliskan kalimat tauhid dengan spontan, tanpa direncanakan. Dasarnya, mereka tidak membawa alat bakar, sesuai dengan keterangan orang-orang yang diperiksa.

“Dia spontan, enggak ada niat. Sekali lagi ini hasil yang sementara didapat,” ungkapnya.

“Sampai hari ini, kami belum menemukan mens rea atau sikap batin untuk melakukan pembakaran, selain menghilangkan bendera HTI,” ujar Umar.

Saat ini ketiga orang anggota Banser tersebut berada dalam pengamanan Polres Garut, sebagaimana diungkapkan Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andika. Ketiganya memilih berada di Mapolres garut berdasarkan permintaan sendiri.

“Telah diamankan tiga orang dan saat ini masih berada di Polres dengan kaitan permohonan minta diamankan atau pengamanan diri kepada Polres,” Trunoyudo kepada awak media di Mapolda Jabar, Kamis (25/10/18).

BACA JUGA  IPW Prediksi Ada Mutasi Besar Jelang Pergantian Kapolri

Tak ada kepastian sampai kapan masa permintaan pengamanan tersebut.

Reporter: Saifal
Editor: Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat