... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ada Dugaan Pelanggaran HAM dalam Penangkapan Terduga Teroris, TPM Lapor DPR

Foto: Tim Pengacara Muslim (TPM) bersama Pusat Edukasi Rehabilitasi dan Advokasi (Perisai) melaporkan dugaan pelanggaran HAM kepada Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Senin (22-20-2018)

KIBLAT.NET, Jakarta – Tim Pengacara Muslim (TPM) dan Pusat Edukasi Rehabilitasi dan Advokasi (Perisai) bersama keluarga terduga pelaku terorisme mengadau kepada kepada Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, terkait dugaan pelanggaran hak asasi manusia dalam proses penangkapan oleh aparat kepolisian.

Fadli Zon menerima kedatangan keluarga terduga teroris yang hadir bersama TPM dan Perisai, Senin (22/10/2018). Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu didampingi oleh anggota Komisi III DPR RI Raden Muhammad Syafii dan Aboe Bakar Al Habsy.

Advokat TPM, Achmad Michdan mengungkapkan kedatangannya bersama keluarga terduga teroris itu dalam rangka melaporkan dugaan pelanggaran HAM oleh aparat Kepolisian. Selain itu ada juga dugaan penyelewengan penerapan Undang-undang Anti Tindak Pidana Terorisme. Data yang dimiliki TPM menyebutkan ada lebih dari 200 kasus penangkapan pascakasus kericuhan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok dan kasus bom Surabaya.

Dari kasus itu, banyak keluarga terduga teroris yang meminta advokasi ke TPM. “Lebih dari 20 persen menghubungi kami, meminta bantuan. Pertama adalah ketika suaminya ditangkap, mereka kesulitan mengetahui posisi suaminya,” kata Achmad Michdan di Gedung Nusantara III DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (22/10/2018).

Ada juga terduga teroris yang sudah ditangkap, dan keluarga beberapa waktu kemudian menerima surat penahanan dan penangkapan dari polisi. Namun, keluarga tak dapat mengetahui secara jelas dimana anggota keluarganya ditangkap dan ditahan.

BACA JUGA  Komentari PMA Majelis Taklim, MUI Sumbar: Kenapa Umat Islam Selalu Ditarget?

“Ini bagian-bagian yang menurut kami harus ada transparansi,” ujar Michdan.

Setelah Undang-Undang Nomor 5 tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme ditetapkan, TPM melihat justeru terjadi pelanggaran HAM dalam penerapan aturan baru tersebut. Hal itulah mendorong Michdan datang dan melapor ke DPR.

Merujuk kepada laporan TPM tersebut, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai ada proses yang tidak transparan dalam penindakan terduga teroris yang dilakukan polisi. DPR pun perlu memastikan tidak terjadi pelanggaran dalam penerapan undang-undang tersebut.

“DPR memang mempunyai fungsi pengawasan, jangan sampai ini melanggar undang-undang,” tegas Fadli.

Sementara, anggota Komisi III DPR Raden Muhammad Syafii mengatakan dalam waktu dekat akan dilakukan investigasi atas laporan yang telah disampaikan oleh TPM.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Inilah Fitnah Akhir Zaman – Ust. Farid A. Okbah, MA.

KIBLAT.NET- Menguatkan iman sangatlah penting di zaman yang penuh fitnah ini. Apa sajakah fitnah-fitnah akhir...

Selasa, 23/10/2018 08:15 0

Afghanistan

Operasi Infiltrasi Taliban Kembali Tewaskan Tentara NATO

NATO mengatakan bahwa salah satu anggota tewas dan dua lainnya luka-luka dalam serangan yang biasa disebut “serangan dari dalam” itu. Tidak dijelaskan lebih rinci insiden tersebut.

Selasa, 23/10/2018 06:20 0

Suriah

Bom Mobil Guncang Pusat Kota Idlib

Ledakan tersebut sangat besar. Sejumlah bangunan di sekitar lokasi rusak dan lubang besar besar mengagah di lokasi ledakan.

Senin, 22/10/2018 07:37 0

Suriah

Koalisi AS Mengaku Hancurkan Masjid di Deir Zour

“Kami menghancurkan sebuah masjid yang dikelilingi militan ISIS dan dijadikan pangkalan militer di kota Sousse untuk mempertahankan wilayah terakhir mereka,” kata pernyataan koalisi seperti dilansir Reuters, Ahad.

Senin, 22/10/2018 06:15 0

Artikel

Menebak Arah Hubungan Saudi, Turki dan AS Usai Kematian Khashoggi

Pascakematian Jamal Khashoggi, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bolak-balik Riyadh-Ankara. Ke manakah arah hubungan tiga negara; Saudi-Turki dan Amerika usai kasus ini terungkap?

Ahad, 21/10/2018 21:51 0

Rohah

Keajaiban Sedekah: Saudagar Kaya Ditolong Unta Betina

Ini adalah kisah nyata seorang pria bernama Ibnu Jad'an yang disampaikan oleh Dr. Saleh as-Saleh Rahimahullah. Kejadiannya sekitar seratus tahun yang lalu di Arab Saudi.

Ahad, 21/10/2018 12:42 0

Suriah

Akhir Tragis Tentara Pro Assad, Terjerat Utang di Kursi Roda

Seorang tentara milisi Pertahanan Nasional menceritakan kondisi dirinya setelah uzur bertempur bersama Tentara Assad melawan oposisi Suriah karena luka.

Ahad, 21/10/2018 08:30 1

Asia

Tentara Thailand Cabuli Muslimah Pattani di Bawah Umur

Menurut Pornsak, tindakan pelecehan seksual tentara tersebut, tidak sesuai dengan kebijakan ISOC dan aturan negara. Dampaknya membuat kondisi di wiliyah Patani ini sulit untuk menyelesaikan masalah konflik yang kian membara.

Ahad, 21/10/2018 07:51 0

Opini

LGBT: Presisten Namun Inkonsisten

Baik slogan love has no limit  dan love has no label adalah pihak yang sama. Pro-LGBT.

Ahad, 21/10/2018 07:15 1

Suara Pembaca

Relawan KNB Blusukan Bagi-bagi Nasi Bungkus untuk Kaum Dhuafa

Sasaran pembagian nasi gratis untuk santap malam kali ini ditujukan untuk para lansia yang masih bekerja secara halal.

Ahad, 21/10/2018 06:29 0

Close