... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Demo 4 Tahun Jokowi-JK, Mahasiswa Usung Keranda Nawacita

Foto: Mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) mengusung keranda bertulisakan Duka Cita Nawacita dalam demo empat tahun pemerintahan Jokowi-JK, Senin (22-10-2018)

KIBLAT.NET, Jakarta – Massa mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) mengusung keranda bertuliskan Duka Cita Nawacita, dalam demonstrasi empat tahun masa kekuasaan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Sebuah keranda diarak ratusan mahasiswa dari area Patung Kuda hingga sampai di depan Istana Negara Jakarta, Senin (22/10/2018). Keranda tersebut dibungkus kain putih bertuliskan Duka Cita Nawacita.

Dalam orasinya mahasiswa yang tergabung dalam KAMMI mengeluhkan pemerintahan Jokowi yang dinilai tidak pro kepada rakyat. “Di saat kondisi negara sedang panen raya, impor pangan merajalela. Di saat kejahatan terhadap uang negara menggelora, hukum terasa disandera, serta masih banyak lagi hal-hal yang mengakibatkan perpecahan dan memperlebar jurang kesenjangan sosial di era saat ini,” ujar salah satu orator.

Di bawah penjagaan aparat kepolisian, para demonstran mendesak ingin bertemu presiden Joko Widodo. Mereka sekaligus ingin memberikan keranda yang bertuliskan Duka Cita Nawacita sebagai hadiah.

Dalam pantauan kiblat.net, aksi berlangsung tertib hingga menjelang Maghrib. Sebelum mebubarkan diri, para mahasiswa kembali mengarak keranda tersebut diiringi bacaan tahlil. Peserta aksi mengakhiri aksi mereka dengan membakar keranda Nawacita tersebut.

Sebelum meninggalkan lokasi demo, beberapa demonstran terlihat membantu tim kebersihan menyingkirkan abu sisa pembakaran keranda.

Nawacita merupakan visi misi Jokowi-JK saat pemilihan presiden dan wakil presiden 2014, yang menjadi agenda prioritas keduanya. Isi nawa cita tersebut antara lain:

BACA JUGA  Perkuat Jaringan Pemuda ASEAN, KAMMI Malaysia Resmi Dilantik

1. Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, melalui politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yang terpercaya dan pembangunan pertahanan negara Tri Matra terpadu yang dilandasi kepentingan nasional dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim

2. Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya, dengan memberikan prioritas pada upaya memulihkan kepercayaan publik pada institusi-institusi demokrasi dengan melanjutkan konsolidasi demokrasi melalui reformasi sistem kepartaian, pemilu, dan lembaga perwakilan

3. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan

4. Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya

5.Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program “Indonesia Pintar”; serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program “Indonesia Kerja” dan “Indonesia Sejahtera” dengan mendorong land reform dan program kepemilikan tanah seluas 9 hektar, program rumah kampung deret atau rumah susun murah yang disubsidi serta jaminan sosial untuk rakyat di tahun 2019

6. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya

7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik

8. Melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta Tanah Air, semangat bela negara dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia

BACA JUGA  Ditemukan Sekarat, Ini Kasus Terakhir yang Ditangani Golfrid Siregar

9. Memperteguh kebhinnekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinnekaan dan menciptakan ruang-ruang dialog antarwarga

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Bom Mobil Guncang Pusat Kota Idlib

Ledakan tersebut sangat besar. Sejumlah bangunan di sekitar lokasi rusak dan lubang besar besar mengagah di lokasi ledakan.

Senin, 22/10/2018 07:37 0

Suriah

Koalisi AS Mengaku Hancurkan Masjid di Deir Zour

“Kami menghancurkan sebuah masjid yang dikelilingi militan ISIS dan dijadikan pangkalan militer di kota Sousse untuk mempertahankan wilayah terakhir mereka,” kata pernyataan koalisi seperti dilansir Reuters, Ahad.

Senin, 22/10/2018 06:15 0

Artikel

Menebak Arah Hubungan Saudi, Turki dan AS Usai Kematian Khashoggi

Pascakematian Jamal Khashoggi, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bolak-balik Riyadh-Ankara. Ke manakah arah hubungan tiga negara; Saudi-Turki dan Amerika usai kasus ini terungkap?

Ahad, 21/10/2018 21:51 0

Rohah

Keajaiban Sedekah: Saudagar Kaya Ditolong Unta Betina

Ini adalah kisah nyata seorang pria bernama Ibnu Jad'an yang disampaikan oleh Dr. Saleh as-Saleh Rahimahullah. Kejadiannya sekitar seratus tahun yang lalu di Arab Saudi.

Ahad, 21/10/2018 12:42 0

Suriah

Akhir Tragis Tentara Pro Assad, Terjerat Utang di Kursi Roda

Seorang tentara milisi Pertahanan Nasional menceritakan kondisi dirinya setelah uzur bertempur bersama Tentara Assad melawan oposisi Suriah karena luka.

Ahad, 21/10/2018 08:30 1

Asia

Tentara Thailand Cabuli Muslimah Pattani di Bawah Umur

Menurut Pornsak, tindakan pelecehan seksual tentara tersebut, tidak sesuai dengan kebijakan ISOC dan aturan negara. Dampaknya membuat kondisi di wiliyah Patani ini sulit untuk menyelesaikan masalah konflik yang kian membara.

Ahad, 21/10/2018 07:51 0

Opini

LGBT: Presisten Namun Inkonsisten

Baik slogan love has no limit  dan love has no label adalah pihak yang sama. Pro-LGBT.

Ahad, 21/10/2018 07:15 1

Suara Pembaca

Relawan KNB Blusukan Bagi-bagi Nasi Bungkus untuk Kaum Dhuafa

Sasaran pembagian nasi gratis untuk santap malam kali ini ditujukan untuk para lansia yang masih bekerja secara halal.

Ahad, 21/10/2018 06:29 0

Manhaj

Protokol Zionis di Balik Hancurnya Wibawa Ulama

Dalam Protokol Zionis disebutkan bahwa salah satu cara mereka menguasai dunia adalah dengan cara menghancurkan wibawa para tokoh agama di hadapan pemeluknya

Sabtu, 20/10/2018 20:22 0

China

Warga Taiwan Gelar Demonstrasi Tuntut Referendum Kemerdekaan dari Cina

Warga Taiwan Gelar Demonstrasi Tuntut Referendum Kemerdekaan dari Cina

Sabtu, 20/10/2018 16:15 0

Close