... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tentara Thailand Cabuli Muslimah Pattani di Bawah Umur

Foto: Tentara Thailand

KIBLAT.NET, Patani — Seorang Tentara Ranger Thailand yang bertugas di Puluk Puyo, distrik Nong Chik, Provinsi Pattani dilaporkan telah mencabuli seorang gadis muslimah kelas enam Sekolah Dasar (SD) pada Kamis (18/10/2018). Laporan didapat melalui warga desa yang menyelidiki kasus tersebut.

Distrik Nongchik pernah dihebohkan dengan penembakan mati empat warga Muslim oleh tentara ranger Thailand pada 29 Januari 2012 siam. Namun kasus tersebut masih belum tuntas dan tidak ada pelaku yang dikenai sanksi.

Gadis berusia 12 tahun itu yatim piatu dan tinggal bersama neneknya di Kampung Nakphong Nibung, Pulok Puyo, distrik Nong Chik, Pattani. Warga membawa korban ke Kantor Polisi Distrik Nongchik, pada hari yang sama agar ditindaklanjuti.

Sementara pelaku langsung ditangani komandan Lt. Charan Imcharit, komandan Unit 4306, Pulok Puyo, Pattani. Menurut keterangan warga, pelaku tidak lagi terlihat sejak kasus tersebut mengemuka. Komandan memberi ganti rugi kepada korban sebesar 100.000 baht, namun ditolak oeh warga.

“Kasus ini tidak berakhir dengan pembayaran ganti rugi. Kejadian tersebut adalah pelanggaran HAM terhadap anak-anak yang tidak melebihi usia 13 tahun. Kebenaran tidak bisa ditutup-tutupi,” kata seorang warga setempat.

Pemecatan dan Hukuman bagi Pelaku

Komando Operasi Keamanan Internal Wilayah 4 (ISOC), mengeluarkan surat pernyataan terhadap kasus tentara ranger yang melakukan tindakan keji tersebut. Pelaku akan dipecat dan akan menerima sanksi pidana.

BACA JUGA  15 Tewas Dalam Serangan di Pos Militer di Yala, Thaliand Selatan

Juru bicara Direktorat Divisi Komando Operasi Keamanan Internal Wilayah 4 (ISOC) Kolonel Pramote Prominn dalam akun Facebook-nya membenarkan kasus pencabulan yang dilakukan oleh anggota tentara Ranger. Banyak netizen yang mengutuk keras terhadap tindakan kotor oleh tentara Thailand tersebut.

“Hukuman bagi pelaku adalah pemecatan dan persidangan kriminal tanpa pengecualian,” kata Letnan Kolonel Pornsak Poonsawat, Direktur Keamanan Dalam Negeri, Wilayah 4

Seperti dilansir Prachatai, insiden itu terjadi awal bulan Oktober. Guru kelas langsung membawa korban ke Rumah Sakit Nong Chik untuk pemeriksaan fisik. Dan diketahui bahwa tentara itu benar melakukan pelecehan seksual.

Menurut Pornsak, tindakan pelecehan seksual tentara tersebut, tidak sesuai dengan kebijakan ISOC dan aturan negara. Dampaknya membuat kondisi di wiliyah Patani ini sulit untuk menyelesaikan masalah konflik yang kian membara.

Ia memerintahkan tindakan disipliner terakhir dengan memecat pelaku dari tentara pada 19 Oktober 2018 dan akan melakukan hukuman pidana selanjutnya.

Tentara Ranger Thailand atau dikenal oleh warga setempat sebagai “Militer Hitam” dilaporkan kerap mengganggu para gadis dan janda di provinsi selatan Thailand. Mereka tidak segan-segan menggoda para wanita. Banyak kasus pencabulan dan perkosaan yang hanya diselesaikan dengan pembayaran ganti rugi tanpa dikenai sanksi.

Reporter: Johan Lamidin dan Abd. Karim
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

LGBT: Presisten Namun Inkonsisten

Baik slogan love has no limit  dan love has no label adalah pihak yang sama. Pro-LGBT.

Ahad, 21/10/2018 07:15 1

Suara Pembaca

Relawan KNB Blusukan Bagi-bagi Nasi Bungkus untuk Kaum Dhuafa

Sasaran pembagian nasi gratis untuk santap malam kali ini ditujukan untuk para lansia yang masih bekerja secara halal.

Ahad, 21/10/2018 06:29 0

Indonesia

Memasuki Musim Hujan, Ini Kebutuhan Mendesak Korban Bencana Sulteng

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho memaparkan bahwa hunian sementara (Huntara) menjadi kebutuhan mendesak bagi korban bencana Sulteng.

Ahad, 21/10/2018 00:25 0

Indonesia

Update Korban Bencana Sulteng: 2.113 orang meninggal dan 1.309 hilang

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho memberikan perkembangan soal korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Ahad, 21/10/2018 00:11 0

Manhaj

Protokol Zionis di Balik Hancurnya Wibawa Ulama

Dalam Protokol Zionis disebutkan bahwa salah satu cara mereka menguasai dunia adalah dengan cara menghancurkan wibawa para tokoh agama di hadapan pemeluknya

Sabtu, 20/10/2018 20:22 0

Indonesia

KPK Sulit Temukan Kader PDIP Ali Fahmi yang Jadi Saksi Kunci Suap Bakamla

KPK Sulit Temukan Kader PDIP Ali Fahmi yang Jadi Saksi Kunci Suap Bakamla

Sabtu, 20/10/2018 16:16 0

Indonesia

Soal Perusakan Barang Bukti Buku Merah Basuki Hariman, Begini Kata Jubir KPK

Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ditanya wartawan soal tindak lanjut kasus perusakan barang bukti buku merah basuki Hariman

Sabtu, 20/10/2018 13:27 0

Indonesia

KPK Berencana Periksa CEO Lippo Group James Riady Terkait Kasus Suap Meikarta

KPK Berencana Periksa CEO Lippo Group James Riady Terkait Kasus Suap Meikarta

Sabtu, 20/10/2018 12:46 0

Info Event

Aa Gym Resmikan Rumah Tangguh Lombok

Aa Gym Resmikan Rumah Tangguh Lombok

Sabtu, 20/10/2018 10:48 1

Indonesia

KontraS: Soal Temuan Indonesia Leaks, Presiden Jokowi Hanya Beri Ucapan Normatif

Ia juga mempertanyakan sikap Jokowi saat melihat kasus dugaaan aliran dana ke Kapolri Tito Karnavian yang diungkap oleh Indonesia leaks

Jum'at, 19/10/2018 19:08 0

Close