... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KPK Sulit Temukan Kader PDIP Ali Fahmi yang Jadi Saksi Kunci Suap Bakamla

Foto: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

KIBLAT.NET, Jakarta – Ali Fahmi Habsyi, kader PDIP sekaligus Staf Khusus Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya (Purn) Arie Sudewo, menjadi saksi kunci dalam kasus suap pengurusan anggaran pengadaan satelit monitoring Bakamla. Namun, hingga saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum berhasil menemukan keberadaannya.

“Memang Ali fahmi ini belum kami temukan hingga saat ini. Proses pencarian, pengecekan alamat, pengiriman surat sudah dilakukan tapi belum kami temukan sampai saat ini,” kata Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah di Gedung KPK pada Jumat sore(19/10/2018).

Meski begitu, Febri menyebut pihaknya tak bisa memasukkan Ali Fahmi ke dalam daftar pencarian orang (DPO). “Tentu tak bisa ditetapkan sebagai DPO karena statusnya masih sebagai saksi,” imbuhnya.

Dari fakta persidangan terungkap Ali Fahmi menawarkan diri untuk membantuk meloloskan anggaran kepada Direktur Utama PT Melati Technofo Indonesia Fahmi Darmawansyah. Dia pun menjamin perusahaan itu mendapat proyek di Bakamla. Atas perannya itu Ali Fahmi diduga menerim uang sejumlah Rp24 miliar dari Fahmi.

Ali Fahmi pun terkait dengan mantan anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar Fayakhun Andriadi, yang menjadi terdakwa kasus suap Bakamla. Keduanya dikenalkan oleh mantan Wakil Ketua Komisi I DPR dari Fraksi PDIP TB Hasanuddin.

Baru-baru ini di persidangan Fayakun mengungkap peran Ali Fahmi yang mengenalkan dirinya dengaan tiga orang yang diklaim sebagai keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi. “Yang satu agak tua, itu dikenalkan sebagai Om-nya Pak Jokowi, kemudian yang kedua adiknya Pak Jokowi, yang satu lagi iparnya Pak Jokowi,” ujar Fayakhun saat diperiksa sebagai terdakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta.

BACA JUGA  Fatma MUI: Boleh Distribusi Tunda Daging Kurban, Termasuk Dikalengkan

Terkait status Ali Fahmi, KPK masih akan melihat perkembangan di persidangan. “Jadi nanti kita lihat perkembangan proses persidangan ini, nanti akan kami pelajari lebih lanjut apakah perlu atau memungkinkan secara hukum untuk dilakukan pengembangan atau tidak,” ujar Febri.

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

China

Warga Taiwan Gelar Demonstrasi Tuntut Referendum Kemerdekaan dari Cina

Warga Taiwan Gelar Demonstrasi Tuntut Referendum Kemerdekaan dari Cina

Sabtu, 20/10/2018 16:15 0

Info Event

Aa Gym Resmikan Rumah Tangguh Lombok

Aa Gym Resmikan Rumah Tangguh Lombok

Sabtu, 20/10/2018 10:48 1

Arab Saudi

Penyelidikan Saudi: Jamal Khashoggi Tewas Dikeroyok di Konsulat

Masih menurut Jaksa Agung, penyelidikan terhadap orang yang terlibat pengeroyokan Khashoggi berlanjut. Jumlah mereka sebanyak 18 orang, semuanya warga Negara Saudi.

Sabtu, 20/10/2018 07:13 0

Artikel

Tekor BPJS Kesehatan, Defisit Terencana atau Manajemen Buruk?

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menjadi sorotan setelah presiden Joko Widodo mengeluhkan utang lembaga itu yang mencapai triliunan rupiah

Jum'at, 19/10/2018 18:40 0

Rusia

Silang Pendapat AS dan Rusia Soal 700 Tawanan ISIS di Suriah

Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim bahwa militan ISIS baru-baru ini menangkap sekitar 700 sandera di sebuah wilayah di Suriah yang dikuasai oleh pasukan Kurdi yang didukung AS.

Jum'at, 19/10/2018 18:00 0

China

China Berencana Buat Bulan Imitasi, Diluncurkan Tahun 2020

Chengdu, sebuah kota di provinsi Sichuan barat daya, sedang mengembangkan "satelit penerangan" yang diklaim akan bersinar bersamaan dengan bulan asli dan delapan kali lebih terang.

Jum'at, 19/10/2018 17:12 0

Iran

Khamenei Dorong Para Sarjana Iran “Bidik” Negara-negara Asia

Berpidato di hadapan para akademisi negara itu, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mendorong para ilmuwan muda Iran untuk "melihat ke Timur."

Jum'at, 19/10/2018 16:12 0

Mesir

Sutradara Pendukung Israel Ditolak Hadiri Festival Film Internasional Kairo

"Apakah kita sekarang pada tahap 'cinta Israel', sementara ratusan seniman dari seluruh dunia bersatu dengan Palestina dan menolak untuk pergi atau berurusan dengan entitas Zionis?" kata Malik Khoury.

Jum'at, 19/10/2018 14:22 0

Opini

Esensi Pentingnya Membaca

Membaca itu sangatlah penting. Kalimat “membaca” bagi kita sudah bukan barang asing lagi bagi telinga para pembaca.

Jum'at, 19/10/2018 13:36 0

Suriah

Pejabat PBB: Pendirian Zona Demiliterisasi di Idlib Akan Diperpanjang

Oposisi sendiri melihat antara Turki dan Rusia masih berbeda penafsiran dalam memahami poin-poin kesepakatan

Jum'at, 19/10/2018 12:00 0

Close