... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sutradara Pendukung Israel Ditolak Hadiri Festival Film Internasional Kairo

Foto: Sutradara Perancis Claude Lelouche (80)

KIBLAT.NET, Kairo – Keputusan Mesir untuk menghadirkan sutradara Perancis Claude Lelouche (80) dalam Festival Film Internasional Kairo menuai protes keras. Pasalnya, Lelouche dikenal sebagai pendukung Israel.

Beberapa aktor dan sutradara Mesir bereaksi atas keputusan itu, beberapa bahkan mengancam untuk memboikot acara tersebut. Mereka mengatakan bahwa sutradara pemenang Oscar yang telah membuat lebih dari 50 film itu terlalu bersimpati kepada Israel.

“Ia dikenal karena pendiriannya terhadap entitas Zionis Israel, hal itu telah ditunjukkan ratusan kali,” kata Ahmed Kamal, aktor dan sutradara Mesir. Dia mengatakan dia akan memboikot festival dan memanggil presiden acara, Profesor Mohamed Hafsi, untuk membatalkan undangan itu.

Kamal mengakui bahwa Lelouche orang hebat karena prestasinya. Namun, berdiri untuk melawan Israel lebih penting. “Dia adalah bagian dari sejarah perfilman Prancis dan internasional, tetapi posisi kami pada entitas Zionis tidak hanya dalam membela negara Palestina tetapi juga dalam membela negara Mesir,” ujarnya, seperti dikutip Arab News, Kamis (18/10/2018).

Kamal mengatakan Lelouche telah berulang kali menyatakan bahwa dia menganggap Israel contoh untuk melawan rasa takut dan kebencian di wilayah tersebut.

Sementara Malik Khoury, kepala departemen film di American University di Kairo, mengatakan bahkan direktur Perancis Jean-Luc Goddard telah menyebut Lelouche sebagai “Zionis.”

“Apakah kita sekarang pada tahap ‘cinta Israel’, sementara ratusan seniman dari seluruh dunia bersatu dengan Palestina dan menolak untuk pergi atau berurusan dengan entitas Zionis?”

Mesir adalah satu-satunya negara Arab dengan hubungan diplomatik penuh dengan Israel setelah kedua negara menandatangani perjanjian damai pada tahun 1979.

Namun dalam beberapa tahun terakhir warga Palestina telah mengadopsi gerakan boikot damai untuk mencoba dan menekan Israel atas pendudukannya selama puluhan tahun terhadap tanah Palestina. Boikot itu termasuk dilakukan tokoh-tokoh dan para seniman.

Kritikus film Mesir Yacoub El-Deeb menggambarkan keputusan untuk menghormati Lelouche sangat berbahaya. “Ini mungkin awal yang mengarah ke Israel sendiri yang berpartisipasi di kemudian hari dalam festival,” katanya.

Sebagai pembelaan, penyelenggara festival mengatakan pihaknya telah mengadakan komunikasi dengan Lelouche. Ia menyatakan sebuah kewajaran jika seorang seniman mengunjungi negara manapun.

Kehadiran Lelouche juga didukung oleh produser terkenal Mesir, Mohamed Al-Adl dengan argumen serupa. “Siapa yang tahu pandangannya tentang Zionisme? Pria itu adalah sutradara terkenal, dan seperti banyak orang lain itu normal baginya untuk pergi ke Israel,” katanya.

Lelouche lahir di Paris pada tahun 1937 ke ayah Yahudi Aljazair dan seorang ibu yang pindah ke Yudaisme. Filmnya “A Man and a Woman” memenangkan Palme d’Or di Festival Film Cannes 1966, dan dua Oscar. Festival Film Internasional Kairo dimulai dari 20 November hingga 29 November.

Sumber: Arab News
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pesawat 6 Negara Asing Angkut Bantuan ke Sulteng

Pesawat dukungan dari Amerika Serikat, Australia, Kanada, Korea, Jepang, dan Singapura mengangkut 103 ton ke Sulawesi Tengah

Jum'at, 19/10/2018 13:48 0

Opini

Esensi Pentingnya Membaca

Membaca itu sangatlah penting. Kalimat “membaca” bagi kita sudah bukan barang asing lagi bagi telinga para pembaca.

Jum'at, 19/10/2018 13:36 0

Manhaj

Dakwah, Iqamatul Hujjah dan Jihad, Tiga Tahapan Penegakan Islam

Artinya untuk melalui tahapan pertama dan kedua itu butuh waktu yang tidak sebentar. Jadi, salah besar bila semangat menegakkan Islam diawali dengan jihad senjata sementara jihad dengan pemikiran dan menegakkan hujjah belum ditempuh dengan maksimal.

Jum'at, 19/10/2018 11:00 0

Indonesia

Hanan Attaki: Persatuan Umat Dimulai dari Bersatunya Hati

Hanan Attaki Persatuan Umat Dimulai dari Bersatunya Hati

Jum'at, 19/10/2018 09:53 0

Indonesia

INDEF: Indonesia Lucu, Harga Minyak Dunia Naik Atau Turun Selalu Ribut

"Di Indonesia ini lucu, ketika harga minyak dunia turun pemerintah dan rakyat pada ribut. Apalagi saat ini harga minyak dunia naik semua juga pada ribut"

Kamis, 18/10/2018 21:09 0

Manhaj

Dahsyatnya Dosa Pelaku LGBT

Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyah di dalam kitab Ad-Da’ wad Dawa’ menjelaskan bahwa dosa LGBT lebih dahsyat daripada dosa pembunuhan. Dosa liwath setingkat di bawah dosa syirik. Ibnul Qayyim Al-Jauziyah memaparkan beberapa alasan kenapa dosa liwath lebih dahsyat dibanding dosa-dosa besar yang lainnya.

Kamis, 18/10/2018 20:15 5

Indonesia

Muslim United Momentum Anak Muda Terbuka Sikapi Perbedaan

Muslim United Jadikan Anak Muda Terbuka Sikapi Perbedaan

Kamis, 18/10/2018 20:00 0

Indonesia

Soal Aksi Pengadangan di Bandara, Maneger: Negara Harus Cegah

Hak dasar warga negara Indonesia adalah diperbolehkan untuk pergi dan menetap di daerah mana saja, selama dalam wilayah teritori. Ketika terjadi pengadangan, maka hak dasarnya sudah dilanggar.

Kamis, 18/10/2018 17:37 0

Indonesia

Lokasi Likuefaksi Sulteng Dibom Material Disinfektan

Lokasi Likuefaksi Sulteng Dibom Material Disinfektan

Kamis, 18/10/2018 17:09 0

Indonesia

Pesan UBN di Muslim United: Jangan Lelah Untuk Bersatu

Pesan UBN di Muslim United: Jangan Lelah Untuk Bersatu

Kamis, 18/10/2018 16:30 0

Close