... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

INDEF: Indonesia Lucu, Harga Minyak Dunia Naik Atau Turun Selalu Ribut

Foto: Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Srihartati (tengah)

KIBLAT.NET, Jakarta – Kenaikan BBM jenis Pertamax dan penganuliran kenaikan harga Premium, menunjukkan buruknya proses pengambilan kebijakan di pemerintahan saat ini. Hal itu disampaikan oleh Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Srihartati.

Enny menjelaskan perlu adanya evaluasi proses pengambilan kebijakan pemerintah saat ini. Kebijakan yang diumumkan dan dalam setengah jam langsung dianulir, menunjukkan tidak ada perencanaan yang matang dalam menentukan kebijakan.

“Padahal kepastian regulasi menjadi pertimbangan para pelaku bisnis, jika tidak ada kepastian maka pelaku bisnis memandang Indonesia tidak memiliki kepastian hukum. Akhirnya saat diumumkan kenaikan BBM meskipun dianulir, pelaku bisnis pun mengambil kesempatan menaikkan harga barang. Alasannya nanti juga akan naik,” kata Enny dalam diskusi ‘Dilema Kenaikkan Harga BBM : Antara Harga Pasar dan Daya Beli Rakyat di D Hotel, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (18/10/2018).

Enny menggambarkan kondisi harga minyak di Indonesia sangatlah lucu. Alasannya, ketika harga minyak dunia turun di tahun 2015 berada di bawah $30 USD per barrel di Indonesia menjadi polemik, karena penerimaan menurun. Begitu juga ketika harga minyak dunia naik mencapai $70 USD per barrel, maka tambah jadi polemik.

“Di Indonesia ini lucu, ketika harga minyak dunia turun pemerintah dan rakyat pada ribut. Apalagi saat ini harga minyak dunia naik semua juga pada ribut,” tuturnya.

BACA JUGA  Jaksa Tuntut Habib Bahar 6 Tahun Penjara

Ekonom senior itu mengatakan urat nadi negara adalah melalui sumber pembiayaan dan energi. Kedua itu yang akan melahirkan daya saing. Setidaknya sampai September inflasi negara mencapai 2,6 persen, hingga akhir 2018 inflasi diperkirakan tidak akan sampai 3,5 persen. Meskipun nilai tukar rupiah mengalami depresiasi yang menyentuh angka Rp15 ribu per Dollar AS.

“Inflasi memang masih bisa dijaga, tapi ingat ini tahun politik. Solusinya, selain pemerintah harus merencanakan segala kebijakan dengan baik dan juga harus memperhitungkan dampak efek terhadap inflasi dan daya beli yang berimbas pada pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya.

Diketahui, Presiden Jokowi mendadak membatalkan kenaikan harga BBM bersubsidi jenis premium kurang dari satu jam setelah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengumumkan rencana kenaikan pada Rabu (10/10/2018).

Jokowi menjelaskan pembatalan kenaikan harga tersebut setelah pihaknya mendengarkan aspirasi publik dan melakukan kalkulasi mengenai inflasi, daya beli masyarakat, serta pertumbuhan ekonomi. Pemerintah menyatakan harga premium yang sedianya akan dinaikkan menjadi Rp 7.000 per liter berpotensi mengganggu pertumbuhan ekonomi masyarakat yang saat ini ditopang oleh konsumsi.

Menteri Jonan sendiri menjelaskan, kenaikan harga premium dikarenakan harga salah satu acuan minyak dunia yaitu Brent, sudah lebih di atas 80 dollar AS per barrel. Selain itu, harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) juga mengalami kenaikan yang membuat pemerintah memutuskan perlunya penyesuaian harga.

BACA JUGA  Refly Harun: Money Politic Sulit untuk Buktikan Kecurangan Pilpres

Reporter : Hafidz Syarif
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Manhaj

Dahsyatnya Dosa Pelaku LGBT

Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyah di dalam kitab Ad-Da’ wad Dawa’ menjelaskan bahwa dosa LGBT lebih dahsyat daripada dosa pembunuhan. Dosa liwath setingkat di bawah dosa syirik. Ibnul Qayyim Al-Jauziyah memaparkan beberapa alasan kenapa dosa liwath lebih dahsyat dibanding dosa-dosa besar yang lainnya.

Kamis, 18/10/2018 20:15 2

Pakistan

Pakistan Akhirnya Hukum Gantung Pemerkosa Gadis 6 Tahun

Pembunuhan gadis muda itu memicu kemarahan di seluruh Pakistan. Kerusuhan meletus ketika pengunjuk rasa membakar rumah-rumah para politisi, sementara seruan menuntut keadilan terus mengemuka di media sosial.

Kamis, 18/10/2018 16:16 0

Malaysia

Malaysia Sita 6.000 Adonan Roti Canai Berlogo Halal Ilegal

Penggerebekan dilakukan setelah pihak berwenang menerima keluhan dari masyarakat terhadap perusahaan tak dikenal, yang telah beroperasi selama sembilan bulan.

Kamis, 18/10/2018 13:52 0

Irak

Komisi Fatwa Kurdistan Bahas Fatwa Bermain Game PUBG

Beberapa kasus gangguan sosial antar pemain dilaporkan kerap terjadi seiring populernya PUBG di Wilayah Kurdistan. Komite berharap masalah tersebut dapat diatasi sebelum tidak terkendali.

Kamis, 18/10/2018 10:10 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Kewajiban Menolong Sesama Muslim

Membantu orang yang lagi terkena musibah adalah bagian penting dari agama Islam, oleh karena banyaknya musibah yang menimpa akhir-akhir ini, redaksi Kiblat.net menghadirkan khutbah jumat bertemakan, kewajiban menolong sesama muslim

Kamis, 18/10/2018 09:53 0

Amerika

Pria Pembakar Masjid di Texas Dijatuhi Hukuman 24 Tahun Penjara

Pada bulan Juli, seorang hakim mendakwa Perez (26) dalam kasus pembakaran, kepemilikan bahan peledak dan kejahatan kebencian.

Kamis, 18/10/2018 09:45 0

Suriah

Rezim Suriah Hancurkan Rumah Warga yang Ditinggal Mengungsi

Terlihat pembongkaran missal terhadap rumah-rumah warga yang mengungsi, yang dimulai pada akhir Mei 2017, setelah pertempuran berakhir di san.

Kamis, 18/10/2018 09:20 0

Opini

Pidato Jokowi di IMF-WB, Hiburan di Tengah Penderitaan

"Akhir-akhir ini, hubungan antar negara-negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti 'Game of Thrones'," ujar Jokowi dalam pidatonya.

Rabu, 17/10/2018 14:43 0

Suriah

Pejabat Rusia Bertemu Putra Mahkota Saudi Bahas Suriah

Delegasi Rusia dari pejabat kementerian luar negeri dan pertahanan melakukan perjalanan ke Arab Saudi dan bertemu Putra Mahkota Muhammad bin Salman untuk membahas krisis di Suriah.

Rabu, 17/10/2018 13:12 0

Video News

Warga Palu Ini Nyawanya Selamat Karena Terlambat Pulang

KIBLAT.NET- Pak Deprio, salah satu penduduk di perumahan Petobo ini, selamat karena saat kejadian berada...

Rabu, 17/10/2018 10:17 0

Close