... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Operasi Militer Taliban Meningkat di Berbagai Provinsi

Foto: Pejuang Taliban/ilustrasi

KIBLAT.NET, Kabul – Gerakan Taliban Afghanistan mengintensifkan serangan dan berhasil merebut wilayah baru dalam beberapa hari terakhir. Sementara pemilu parlemen tinggal menghitung hari. Pemerintah dan sekutunya tertekan akibat langkah Taliban ini.

Menurut data yang dihimpun Al-Sarq Al-Ausath, Selasa (16/10), Taliban meningkatkan serangan di berbagai wilayah. Target serangan itu pasukan pemerintah dan gedung pemerintahan.

Taliban menyerang pangkalan militer pasukan pemerintah di provinsi Paktika. Sedikitnya enam kendaraan lapis baja dan sejumlah kendaraan angkut militer hancur akibat serangan itu. Sementara korban tewas di barisan tentara mencapai puluhan, menurut pernyataan Taliban.

Di provinsi Ghazni, Taliban berhasil merebut distrik Khushmand. Hal itu seperti disampaikan jubir Taliban, Zabihullah Mujahid, dalam pengumumannya kepada media.

Di wilayah Furah, serangan Taliban menyasar markas militer di disitrik Bishrud. Pertempuran sengit meletus selama lima jam. Taliban akhirnya menduduki markas tersebut. Sebanyak 25 tentara tewas dan 12 luka-luka, beberapa di antaranya kritis.

Di Helmand, tiga informan pasukan pemerintah tewas setelah terkena peluru sniper Taliban. Insiden itu terjadi di daerah Syamalani, yang secara administratif bagian dari kota Lashkar Gah, ibukota provinsi Helmand. Di distrik Greshk, Taliban menargetkan tiga truk minyak yang dalam perjalanan menuju pangkalan militer pemerintah di wilayah tersebut. Truk beserta tangki minyaknya hancur.

Di tenggara Afghanistan, gedung pusat pemerintahan distrik Siyori menjadi sasaran pejuang Taliban. Berbagai jenis senjata digunakan dalam serangan itu. Sebanyak 12 tentara penjaga gedung tewas dan satu kendaraan lapis baja pasukan pemerintah hancur, menurut pernyataan Taliban.

BACA JUGA  Investigasi PBB Konfirmasi 30 Sipil Tewas Dalam Kampanye Udara AS di Afghanistan Barat

Di Heart, Taliban mengumumkan mengontrol sedikitnya lima desa di dsitrik Rabat Sangi. Kemenangan ini diraih sehari setelah Taliban mengotrol distrik Salghar di provinsi Ghazni beserta pos pemeriksaan dan pos pengawas militer di distrik itu.

Pemilu parlemen akan digelar pada Sabtu, 20 Oktober 2018. Taliban telah menyeru warga Afghansitan untuk memboikot gelaran demokrasi itu. AS telah meminta Taliban untuk melakukan gencatan senjata demi kesukseskan pemilu namun tak dihiraukan.

Sumber: Al-Sarq Al-Ausath
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Polisi Diminta Tindak Tegas Pengadang Habib Bahar bin Smith di Manado

Tindakan pengadangan di bandara, menurutnya dapat membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan, kecuali memperoleh izin dari otoritas bandara.

Selasa, 16/10/2018 16:17 0

Indonesia

Ada 6 Nama Pengganti Dahnil Anzar Sebagai Ketua PP Pemuda Muhammadiyah

Ketua Panitia Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah Tahun 2018, Virgo Sulianto Gohardi mengungkapkan bahwa ada enam nama yang akan menggantikan Dahnil Anzar Simanjuntak sebagai ketua PP Pemuda Muhammadiyah.

Selasa, 16/10/2018 14:03 0

Indonesia

Meski Didatangi Polisi, PW Pemuda Muhammadiyah Diharapkan Tetap Jaga Integritas

Ketua Panitia Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah Tahun 2018, Virgo Sulianto Gohardi menanggapi pimpinan wilayah dan daerah Pemuda Muhammadiyah yang didatangi kepolisian menjelang mukhtamar Pemuda Muhammadiyah

Selasa, 16/10/2018 13:40 0

Indonesia

Menlu Palestina: Kami Hidup di Bawah Penjajahan Israel

Menteri Luar Negeri Palestina, Dr. Riad Malki berharap Indonesia selalu memberikan dukungan kepada Palestina

Selasa, 16/10/2018 12:59 0

Indonesia

Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Didatangi Polisi Sebelum Mukhtamar, Ada Apa?

Menjelang digelarnya Mukhtamar Pemuda Muhammadiyah di Jogja, pimpinan wilayah dan daerah Pemuda Muhammadiyah di berbagai daerah didatangi kepolisian.

Selasa, 16/10/2018 11:42 0

Indonesia

Penuhi Panggilan Polisi, Dahnil: Saya Datang dengan Gembira

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak memenuhi panggilan kepolisian atas kasus hoax Ratna Sarumpaet.

Selasa, 16/10/2018 10:44 0

Indonesia

Soal Bantuan Bencana dari Bank Dunia, Wiranto: Nanti Saya Tanya Menkeu

World Bank (Bank Dunia) menawarkan pinjaman senilai US$5 juta untuk membantu upaya rehabilitasi kerusakan infrastruktur di Sulawesi Tengah pasca bencana gempa bumi yang diikuti tsunami.

Selasa, 16/10/2018 10:18 0

Artikel

Profil Singkat Empat Kelompok Jihadis yang Tolak Tinggalkan Zona Demiliterisasi

Anshar Al-Tauhid Faksi ini dibentuk pada Maret 2018. Mayoritas anggotanya berasal dari mantan faksi Jundul Aqsha di kota Sarmin, Idlib.

Selasa, 16/10/2018 08:05 0

Indonesia

Ternyata Ini Penyebab Dana Pembangunan Rumah Korban Gempa Tak Kunjung Cair

Banyak persyaratan membuat dana pembangunan rumah korban gempa seret

Senin, 15/10/2018 18:27 0

Indonesia

Fadli Zon: Pidato “Game of Thrones” Presiden Jokowi Tak Bersubstansi

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menyoroti pidato Presiden Jokowi yang menyinggung "Game of Thrones" dalam pertemuan IMF-WB

Senin, 15/10/2018 17:10 0

Close