... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AS Klaim Tewaskan 60 Al-Shabaab dalam Satu Serangan

Foto: Militer Somalia memeriksa bekas serangan udara/ilustrasi [sumber: AFP]

KIBLAT.NET, Mogadishu – Militer AS mengatakan, Selasa (17/10), bahwa serangan udaranya di Somalia beberapa hari lalu berhasil membunuh “60 anggota Gerakan Al-Shabaab”. Tidak ada konfirmasi dari pihak Al-Shabaab atau pihak lain terkait klaim ini.

Komando militer AS untuk Afrika (AFRICOM) mengatakan bahwa serangan itu diluncurkan di wilayah Harardar, ratusan kilometer di utara ibukota Mogadishu, pada 12 Oktober lalu. AFRICOM mengklaim tak ada korban sipil dalam serangan itu.

“Kami saat ini memperkirakan bahwa serangan udara ini menewaskan sekitar 60 teroris,” kata AFRICOM dalam sebuah pernyataan, seperti dinukil AFP.

Menurut militer AS, serangan ini dilakukan sangat teliti dengan dukungan pemerintah Somalia. Ini merupakan serangan paling sukses yang diluncurkan AS terhadap Al-Shabaab. Operasi udara sejak 21 November 2017 telah membunuh 100 “teroris”, menurut AFRICOM.

“Serangan udara mengurangi kemampuan Al-Shabaab untuk mempersiapkan serangan di masa depan dan menggoyahkan jaringan pengaruh mereka serta membatasi kebebasan mereka dari manuver di wilayah tersebut,” klaim AFRICOM.

AFRICOM mengungkapkan bahwa tujuan dari Amerika Serikat dan sekutunya adalah untuk mencegah Al-Shabaab mendapat tempat aman dan mendirikan basis perlindungan.

Pasukan tersebut menambahkan bahwa Al-Shabaab menggunakan bagian dari Somalia selatan dan tengah untuk mempersiapkan dan memimpin serangan teroris serta mencuri bantuan kemanusiaan.

Pentagon mengumumkan pada bulan September lalu bahwa pihaknya berhasil menewaskan 18 pejuang Al-Shabaab.

BACA JUGA  Dijajah 132 Tahun, Aljazair Desak Permintaan Maaf Penuh Prancis

Amerika Serikat mendukung kampanye melawanAl-Shabaab dilancarkan oleh Pemerintah Federal Somalia dan pasukan Uni Afrika di Somalia yang dimulai sejak 2007. Mereka melancarkan serangan udara yang menargetkan para pemimpin dan anggotanya Al-Shabab secara terus-menerus.

Al-Shabaab sedang berjuang untuk menggulingkan pemerintah Somalia dan ingin mendirikan pemerintah Islam. Gerakan tersebut sempat mengontrol dan mengendalikan ibukota namun campur tangan Uni Afrika dan AS memaksa mereka mundur ke kota-kota pinggiran. Meski tak mengontrol pusat pemerintah, Al-Shabaab mengendalikan mayoritas wilayah pedesaan.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Polisi Diminta Tindak Tegas Pengadang Habib Bahar bin Smith di Manado

Tindakan pengadangan di bandara, menurutnya dapat membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan, kecuali memperoleh izin dari otoritas bandara.

Selasa, 16/10/2018 16:17 0

Indonesia

Ada 6 Nama Pengganti Dahnil Anzar Sebagai Ketua PP Pemuda Muhammadiyah

Ketua Panitia Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah Tahun 2018, Virgo Sulianto Gohardi mengungkapkan bahwa ada enam nama yang akan menggantikan Dahnil Anzar Simanjuntak sebagai ketua PP Pemuda Muhammadiyah.

Selasa, 16/10/2018 14:03 0

Indonesia

Meski Didatangi Polisi, PW Pemuda Muhammadiyah Diharapkan Tetap Jaga Integritas

Ketua Panitia Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah Tahun 2018, Virgo Sulianto Gohardi menanggapi pimpinan wilayah dan daerah Pemuda Muhammadiyah yang didatangi kepolisian menjelang mukhtamar Pemuda Muhammadiyah

Selasa, 16/10/2018 13:40 0

Indonesia

Menlu Palestina: Kami Hidup di Bawah Penjajahan Israel

Menteri Luar Negeri Palestina, Dr. Riad Malki berharap Indonesia selalu memberikan dukungan kepada Palestina

Selasa, 16/10/2018 12:59 0

Indonesia

Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Didatangi Polisi Sebelum Mukhtamar, Ada Apa?

Menjelang digelarnya Mukhtamar Pemuda Muhammadiyah di Jogja, pimpinan wilayah dan daerah Pemuda Muhammadiyah di berbagai daerah didatangi kepolisian.

Selasa, 16/10/2018 11:42 0

Indonesia

Penuhi Panggilan Polisi, Dahnil: Saya Datang dengan Gembira

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak memenuhi panggilan kepolisian atas kasus hoax Ratna Sarumpaet.

Selasa, 16/10/2018 10:44 0

Indonesia

Soal Bantuan Bencana dari Bank Dunia, Wiranto: Nanti Saya Tanya Menkeu

World Bank (Bank Dunia) menawarkan pinjaman senilai US$5 juta untuk membantu upaya rehabilitasi kerusakan infrastruktur di Sulawesi Tengah pasca bencana gempa bumi yang diikuti tsunami.

Selasa, 16/10/2018 10:18 0

Artikel

Profil Singkat Empat Kelompok Jihadis yang Tolak Tinggalkan Zona Demiliterisasi

Anshar Al-Tauhid Faksi ini dibentuk pada Maret 2018. Mayoritas anggotanya berasal dari mantan faksi Jundul Aqsha di kota Sarmin, Idlib.

Selasa, 16/10/2018 08:05 0

Indonesia

Ternyata Ini Penyebab Dana Pembangunan Rumah Korban Gempa Tak Kunjung Cair

Banyak persyaratan membuat dana pembangunan rumah korban gempa seret

Senin, 15/10/2018 18:27 0

Indonesia

Fadli Zon: Pidato “Game of Thrones” Presiden Jokowi Tak Bersubstansi

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menyoroti pidato Presiden Jokowi yang menyinggung "Game of Thrones" dalam pertemuan IMF-WB

Senin, 15/10/2018 17:10 0

Close