... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pintu Perlintasan Suriah-Israel Kembali Dibuka

KIBLAT.NET, Quneitra – Satu-satunya perlintasan yang menghubungkan wilayah Suriah dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel kembali dibuka pada Senin (15/10). Empat tahun lebih pintu perlintasan ini ditutup setelah oposisi Suriah mengontrol wilayah dekat dengan perbatasan Golan.

Pembukaan penyeberangan Quneitra ini hasil kesepakatan yang dicapai pada Jumat lalu antara PBB, Israel dan Suriah. Digelar upacara kecil untuk meresmikan pembukaan.

Dua kendaraan PBB telah melewati garis perbatasan dari sisi Israel menuju batas Quneitra. Dari sisi wilayah Suriah, puluhan tentara dan anggota polisi militer Rusia, serta sejumlah pejabat penting Quneitra berdiri menyambut kendaraan itu. Seorang pejabat pemerintah mengibarkan bendera Suriah berukuran besar di atas tiang. Bendera itu dapat dilihat hingga jarak 500 meter dari wilayah Israel.

Sejumlah mobil dan perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa serta Komite Internasional Palang Merah juga hadir dalam peresmian itu. Sejumlah pasukan internasional dikerahkan di kedua sisi jalan.

Penyeberangan Quneitra paling utama digunakan oleh pasukan PBB untuk mengawasi gencatan senjata Israel-Suriah yang berlangsung bertahun-tahun. Pasukan itu sendiri terdiri dari 1.000 tentara.

Pasukan PBB menarik diri dari Golan pada 2014 menyusul keberhasilan faksi-faksi jihadis merebut wilayah rezim di dekat wilayah tersebut. Pasukan dunia itu kembali ke pos mereka setelah rezim Assad dan Rusia merebut wilayahnya kembali awal tahun ini.

Seorang pejabat militer Israel mengatakan bahwa penyeberangan akan dibuka dua kali sehari di fase pertama, dan akan digunakan hanya pada pasukan PBB.

BACA JUGA  Eks Tahanan Ungkap Kejamnya Penyiksaan dalam Penjara Rezim Assad

Warga Suriah dari suku Druze yang tinggal di sisi Israel pada masa lalu juga menggunakan perlintasan itu menuju Suriah untuk belajar dan menikah. Mereka senang perlintasan kembali dibuka.

Israel menduduki Dataran Tinggi Golan pada tahun 1967, dan mencaploknya pada tahun 1981, sebuah langkah yang tidak diakui oleh komunitas internasional.

Sumber: APF
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ada 6 Nama Pengganti Dahnil Anzar Sebagai Ketua PP Pemuda Muhammadiyah

Ketua Panitia Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah Tahun 2018, Virgo Sulianto Gohardi mengungkapkan bahwa ada enam nama yang akan menggantikan Dahnil Anzar Simanjuntak sebagai ketua PP Pemuda Muhammadiyah.

Selasa, 16/10/2018 14:03 0

Indonesia

Meski Didatangi Polisi, PW Pemuda Muhammadiyah Diharapkan Tetap Jaga Integritas

Ketua Panitia Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah Tahun 2018, Virgo Sulianto Gohardi menanggapi pimpinan wilayah dan daerah Pemuda Muhammadiyah yang didatangi kepolisian menjelang mukhtamar Pemuda Muhammadiyah

Selasa, 16/10/2018 13:40 0

Indonesia

Menlu Palestina: Kami Hidup di Bawah Penjajahan Israel

Menteri Luar Negeri Palestina, Dr. Riad Malki berharap Indonesia selalu memberikan dukungan kepada Palestina

Selasa, 16/10/2018 12:59 0

Indonesia

Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Didatangi Polisi Sebelum Mukhtamar, Ada Apa?

Menjelang digelarnya Mukhtamar Pemuda Muhammadiyah di Jogja, pimpinan wilayah dan daerah Pemuda Muhammadiyah di berbagai daerah didatangi kepolisian.

Selasa, 16/10/2018 11:42 0

Indonesia

Penuhi Panggilan Polisi, Dahnil: Saya Datang dengan Gembira

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak memenuhi panggilan kepolisian atas kasus hoax Ratna Sarumpaet.

Selasa, 16/10/2018 10:44 0

Indonesia

Soal Bantuan Bencana dari Bank Dunia, Wiranto: Nanti Saya Tanya Menkeu

World Bank (Bank Dunia) menawarkan pinjaman senilai US$5 juta untuk membantu upaya rehabilitasi kerusakan infrastruktur di Sulawesi Tengah pasca bencana gempa bumi yang diikuti tsunami.

Selasa, 16/10/2018 10:18 0

Artikel

Profil Singkat Empat Kelompok Jihadis yang Tolak Tinggalkan Zona Demiliterisasi

Anshar Al-Tauhid Faksi ini dibentuk pada Maret 2018. Mayoritas anggotanya berasal dari mantan faksi Jundul Aqsha di kota Sarmin, Idlib.

Selasa, 16/10/2018 08:05 0

Indonesia

Ternyata Ini Penyebab Dana Pembangunan Rumah Korban Gempa Tak Kunjung Cair

Banyak persyaratan membuat dana pembangunan rumah korban gempa seret

Senin, 15/10/2018 18:27 0

Indonesia

Fadli Zon: Pidato “Game of Thrones” Presiden Jokowi Tak Bersubstansi

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menyoroti pidato Presiden Jokowi yang menyinggung "Game of Thrones" dalam pertemuan IMF-WB

Senin, 15/10/2018 17:10 0

Video News

Korban Gempa Palu, Mencari Rumah yang Hilang

KIBLAT.NET- Natanel selamat karena saat kejadian berada di rumah saudaranya. Namun sampe hari ketujuh, dia...

Senin, 15/10/2018 12:33 0

Close