... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

TechCrunch: Apple Watch Khashoggi Mustahil Dijadikan Alat Pembuktian

Foto: Apple Watch milik Jamal Khashoggi.

KIBLAT.NET, Ankara – Polisi sedang mencari Apple Watch milik Jamal Khashoggi untuk mendapatkan data kesehatan dan lokasi sebelum ia menghilang untuk membantu penyelidikan. Menurut pengamatan TechCrunch, jam itu mustahil dijadikan alat pembuktian.

Diketahui, warga Saudi kelahiran AS itu hilang pekan lalu setelah memasuki konsulat Saudi di Istanbul. Kolumnis The Washington Post itu dilaporkan akan mengambil surat nikah, sementara calon istrinya hendak menunggu di luar konsulat dengan iPhone milik Khashoggi.

Sejak itu, Khashoggi tidak pernah muncul dari konsulat. Muncul laporan ia telah dibunuh di dalam konsulat. The Washington Post melaporkan bahwa penyadapan AS menunjukkan upaya putra mahkota Saudi, Mohammad bin Salman, untuk memancing wartawan kembali ke kerajaan lalu menahannya.

Khashoggi adalah seorang pengkritik vokal dari pemerintah Saudi. Kerajaan Saudi membantah terlibat dalam statusnya yang hilang.

Pada hari Rabu, mengutip para pejabat Turki, Reuters melaporkan bahwa para penyelidik sedang mencari Apple Watch hitam milik Khashoggi yang dikenakan saat memasuki konsulat. Kesimpulannya adalah bahwa setiap data yang dikumpulkan oleh Apple Watch dapat mengumpulkan data kesehatan miliknya, seperti detak jantung, lokasi atau petunjuk lainnya.

“Turki tidak memiliki jam itu,” kata Reuters, yang mengisyaratkan bahwa jam itu mungkin telah hilang, dihancurkan atau berada di tangan pemerintah Saudi.

Staf TechCrunch telah menjelajahi beberapa perpustakaan foto dan media sosial dan menemukan satu gambar Khashoggi mengenakan Apple Watch generasi ketiga keluaran 2017 dengan koneksi LTE. Hal ini diketahui berdasarkan titik merah pada mahkota jam tangan.

BACA JUGA  Turki Kembali Gelar Opsi Militer di Suriah Jika AS Ingkar Janji

“Jika Khashoggi memasuki konsulat Saudi mengenakan jam model itu, Apple Watch generasi ketiga tidak mendukung koneksi seluler di Turki. Hal ini secara efektif mengesampingkan kemungkinan bahwa data kesehatannya disinkronkan; baik dengan iPhone di luar atau server Apple,” kata TechCrunch melaporkan.

“Jam juga tidak mungkin terhubung ke jaringan Wi-Fi yang dikenal di dalam konsulat, atau bahwa jam berada dalam jarak yang cukup dekat untuk disinkronkan dengan iPhone di luar menggunakan Bluetooth,” tambahnya.

TechCrunch melaporkan jika data kesehatan dari jam Khashoggi dikirimkan melalui udara ke iCloud yang bisa disinkronkan dengan iPhone-nya, datanya tentu dienkripsi menggunakan kode sandinya. Sekalipun pihak Apple -dengan alasan penegakan hukum- dapat mengakses data ini, maka bukti keberadaannya akan ada di iPhone-nya.

Ada beberapa kasus jam tangan dan pelacak kebugaran dapat membantu pihak berwenang menemukan orang yang hilang. Seperti pakaian yang dapat dipakai membantu untuk melacak aktivitas seseorang, dengan mengirimkan data yang sering disimpan di cloud. Data itu sering diperoleh oleh penegak hukum, namun menurut para kritikus adalah melanggar hak privasi.

Sumber: Tech Crunch
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pesan Berharga Ketua MUI Sulteng Pasca Bencana Melanda: Ber-istighfar lah!

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Tengah, Habib Ali bin Abdurrahman Aljufri mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk meminta ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Ahad, 14/10/2018 13:25 1

Analisis

Menelisik Hilangnya Jamal Khashoggi dari Tunangannya

KIBLAT.NET – Kabar hilangnya jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di Turki telah menjadi bahan pertempuran hebat...

Sabtu, 13/10/2018 23:55 0

Manhaj

Musibah Datang, Ketika Hukum Allah Tak Ditegakkan

Hukuman itu ada dua, hukuman syar'i dan hukuman qodari. hukuman syar'i adalah setiap aturan-aturan syariat terhadap mereka yang melanggar batasan Allah. Namun jika hukuman syar'i tidak ditegakkan, maka ALlah akan menurunkan hukuman qodari yang berupa musibah yang bersifat merata.

Sabtu, 13/10/2018 18:42 0

Info Event

Unik, Cara Anak Muda Galang Donasi untuk Korban Gempa Sulteng

Unik, Cara Anak Muda Galang Donasi untuk Korban Gempa Sulteng

Sabtu, 13/10/2018 17:22 0

Artikel

Indonesia Rawan Bencana, Bagaimana Seorang Mukmin Bersikap?

Selain memiliki wilayah paparan benua yang luas (Paparan Sunda dan Paparan Sahul), Indonesia juga memiliki pegunungan lipatan tertinggi di daerah tropika dan bersalju abadi (Pegunungan Tengah Papua).

Jum'at, 12/10/2018 19:10 0

Editorial

Editorial: Bicaralah, Jenderal!

Menurut penelusuran Indonesialeaks, aliran suap Basuki Hariman dikabarkan juga mengalir ke sejumlah pejabat di lingkungan kepolisian. Termasuk ke Tito Karnavian yang saat itu masih menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Jum'at, 12/10/2018 19:10 1

Indonesia

Kasus Sukmawati Mendadak Dihentikan, Gabungan Advokat Ajukan Praperadilan

Berbagai advokat yang tergabung dalam Heterogen Robohkan Rasis mengajukan praperadilan kasus Sukmawati.

Jum'at, 12/10/2018 14:54 0

Indonesia

Ini Alasan Pembangunan Rumah Pascagempa Diutamakan Dibanding Fasilitas Publik

Ini Alasan Pembangunan Rumah Pascagempa Diutamakan Dibanding Fasilitas Umum

Jum'at, 12/10/2018 11:47 0

Indonesia

Sore Ini Evakuasi di Palu Resmi Dihentikan, Warga Diminta Tak Lagi Lakukan Pencarian

Sore Ini Evakuasi di Palu Resmi Dihentikan, Warga Diminta Tak Lagi Lakukan Pencarian

Jum'at, 12/10/2018 11:01 0

Indonesia

Masa Tanggap Darurat Gempa-Tsunami Palu Diperpanjang 14 Hari

Karena ada beberapa permintaan dari warga untuk perpanjangan waktu pencarian korban, maka diputuskan untuk diperpanjang 1 hari.

Kamis, 11/10/2018 18:24 0

Close