... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

Bayi Pengungsi Pertama Lahir di RS Lapangan BSMI

Foto: Bayi pertama di RS Lapangan BSMI Sigi, Sulteng

KIBLAT.NET, Sigi – Bayi perempuan lahir dengan selamat di RS Lapangan BSMI, Sigi, Sulawesi Tengah, pada Rabu (10/10) dini hari pukul 01.35 WITA. Ibu sang bayi, Dorti (40 tahun) adalah pengungsi di Desa Jono Oge, Biromaru. Ia melahirkan bayi pertama di fasilitas RS Lapangan BSMI secara normal.

Bidan Aida yang membantu proses persalinan mengatakan, pasien datang dirujuk dari Puskesmas Biromaru sekitar pukul 21.00 WIB. Ia dirujuk karena keterbatasan alat dan fasilitas di puskesmas usai dihantam gempa besar beberapa waktu lalu.

“Saat dibawa kondisi sudah pembukaan enam. Kita tunggu sampai tengah malam sudah pembukaan lengkap tapi bayi belum mau turun. Ternyata ada lilitan tali pusar di lehernya. Alhamdulillah saat pembukaan sepuluh, bayi lahir sehat dan selamat begitu juga dengan sang ibu,” papar Aida dari RS Lapangan BSMI di Sigi, Rabu (10/10/2018) pagi.

Aida menuturkan, sang ibu sempat meminta pulang ke rumah saat proses melahirkan. Alasannya ia tidak pernah dibantu melahirkan oleh tenaga medis. Sang pasien mengaku ingin melahirkan di rumah dengan bantuan dukun anak.

“Kita yakinkan jika fasilitas disini lengkap untuk melahirkan. Ini pengalaman pertama sang ibu melahirkan dibantu tenaga medis. Empat kelahiran sebelumnya selalu dengan dukun anak dan dua diantara calon bayi sebelumnya mengalami keguguran. Jadi kami tenangkan agar proses persalinan lancar,” ungkap Aida.

BACA JUGA  BSMI Siagakan Posko Kesehatan dan Relawan di Reuni 212

Aida menerangkan saat ini kondisi ibu dan anaknya stabil dan menjalani proses pemulihan di RS Lapangan. Sesaat usai melahirkan bidan juga melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) bagi Dorti dan anaknya. Dorti yang diantar suaminya mengucapkan terima kasih atas pertolongan proses kelahiran anaknya. “Saya juga minta maaf ke teman-teman bidan karena ini pengalaman pertama saya melahirkan dengan bidan,” papar Dorti.

Sekretaris Jenderal BSMI Muhammad Rudi menerangkan, fasilitas untuk melahirkan di RS BSMI terbilang lengkap. Mulai dari tenaga bidan, obat-obatan dan ruang perawatan. “Termasuk logistik bagi pasien sudah siap,” papar Rudi.

Rudi menerangkan RS Lapangan BSMI sudah didatangi para pengungsi yang berobat. Mayoritas pengungsi menderita ISPA, alergi, pusing-pusing, diare, demam, trauma fisik, luka-luka dan insomnia.

“Kita juga menemukan ada pasien patah tulang dari hasil mobile clinc tapi trauma kalau dibawa ke RS. Persis seperti di Lombok. Saat diterangkan RS bentuknya tenda baru mau diperiksa,” papar Rudi.

Kontributor: Info BSMI
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Merayakan 20 Tahun Malpraktek IMF di Indonesia

Hal ini sebenarnya dapat kita lihat (dan rasakan) ketika Indonesia menjadi pasien IMF pada tahun 1997 dan menjadi korban malpraktik mereka. Ditandatanganinya Letter of Intent(LOI) pada 31 Oktober 1997, menjadi tonggak Indonesia mulai menjadi pasien IMF.

Rabu, 10/10/2018 16:13 0

Indonesia

Polda Bali Benarkan Acara Mister dan Miss Gaya Dewata Berbau LGBT

Polda Bali Benarkan Acara Mister dan Miss Gaya Dewata Berbau LGBT

Rabu, 10/10/2018 15:58 0

Indonesia

Tak Kantongi Izin, Kontes LGBT di Bali Dibatalkan

Tak Kantongi Izin, Kontes LGBT di Bali Dibatalkan

Rabu, 10/10/2018 15:45 0

Indonesia

CBA: Dugaan Aliran Dana ke Kapolri Tito Karnavian Ujian Bagi KPK

menilai bahwa dengan mencuatnya data dari Indonesialeaks yang menyebutkan bahwa ada dugaan aliran dana yang diterima Kapolri Tito Karnavian dari pengusaha, ini menjadi tantantangan bagi KPK.

Rabu, 10/10/2018 14:04 0

Somalia

Tentara Somalia dan AS Bunuh Ulama Provinsi Lower Shebelle

Pasukan AS dan lokal memaksa masuk rumah syaikh dan menembaknya hingga meregang nyawa.

Rabu, 10/10/2018 13:37 0

Indonesia

Fraksi PKS Beri Hadiah Umroh ke Miftahul Jannah

Fraksi PKS DPR menghadiahkan umroh untuk atlet asal Aceh ini.

Rabu, 10/10/2018 12:00 0

Video News

Demo Pada Pemerintah, Warga Palu Makan Batu

KIBLAT.NET- Puluhan Warga Kayumalue Pajeko, Palu Utara, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu Siang melakukan aksi...

Rabu, 10/10/2018 11:53 0

Indonesia

Harga Pertamax Naik Jadi Rp 10.400 per Liter

Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) kembali merangkak naik.

Rabu, 10/10/2018 11:35 0

Opini

Kasus Ratna Sarumpaet Tak Dapat Diperluas, Pelaporan Prabowo dkk Dipertanyakan

Kasus Ratna Sarumpaet Tak Dapat Diperluas, Pelaporan Prabowo dkk Dipertanyakan

Rabu, 10/10/2018 10:50 0

Eropa

Jerman Adili Warganya Terduga Anggota Taliban

Menurut rencana, Thomas akan berbicara kepada pengadilan dengan sangat rinci tentang kehidupannya di Afghanistan. Akan tetapi, ia diyakini akan menutupi aktivitas militer dan pangkat militernya di jajaran "Taliban".

Rabu, 10/10/2018 09:59 0

Close