... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jurnalis Asal Saudi Dibunuh Secara Misterius di Turki

Foto: Jamal Khashoggi

KIBLAT.NET – Jamal Khashoggi, seorang jurnalis Arab dibunuh secara misterius di Turki. Ankara telah menyimpulkan bahwa wartawan asal Saudi ini menghilang pada hari Selasa pekan lalu.

Menurut laporan Kantor Berita Anadolu Turki, jurnalis kelahiran Madinah, Arab Saudi itu hilang sejak masuk ke konsulat negara Arab Saudi di Istanbul, dan tidak pernah meninggalkan gedung sejak itu.

Otoritas Turki dikabarkan sedang mempersiapkan bukti untuk dirilis secara terbuka pada hari Minggu ini atau Senin besok mengenai penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap hilangnya Khashoggi, kolumnis reguler untuk The Washington Post.

Khashoggi selama setahun terakhir ini meninggalkan Saudi dan tinggal di Washington Amerika Serikat dan dikenal dengan pandangan kritisnya terhadap kebijakan Saudi.

Kantor Berita Turki Anadolu mengatakan kantor kejaksaan umum Istanbul telah membuka penyelidikan atas hilangnya Khashoggi. Otoritas Turki mengatakan bahwa Khashoggi tidak pernah meninggalkan konsulat.

Sementara itu, Arab Saudi dengan tegas membantah bahwa Khashoggi, dibunuh di konsulatnya di Turki.

Dalam wawancara dengan Bloomberg, Putra Mahkota Muhammad bin Salman mengatakan Khashoggi telah meninggalkan konsulat tak lama setelah ia tiba, Selasa. Seperti juga Turki, pejabat Saudi belum memberikan bukti untuk pernyataan masing-masing.

Konsul jenderal Saudi di Istanbul mengizinkan wartawan dari kantor berita Reuters untuk melakukan tur di gedung konsulat Sabtu, untuk menunjukkan bahwa Khashoggi tidak ada di dalam.

BACA JUGA  Turki Kembali Perintahkan 228 Penangkapan Terkait Kudeta 2016

“Saya ingin memastikan hal itu. . . Jamal tidak di konsulat atau di Kerajaan Arab Saudi, dan konsulat dan kedutaan sedang bekerja untuk mencarinya, ”kata konsul jenderal, Muhammad Al-Utaibi.

Kemudian Sabtu, Saudi Press Agency merilis pernyataan yang mengatakan bahwa seorang pejabat di konsulat Saudi di Istanbul menepis laporan bahwa Khashoggi telah tewas di konsulat.

“Pejabat itu dengan keras mengecam tuduhan tak berdasar ini, dan menyatakan keraguan bahwa mereka datang dari pejabat Turki yang diberitahu tentang penyelidikan atau berwenang untuk mengomentari masalah ini,” kata pernyataan itu.

Lebih lanjut dikatakan bahwa para penyelidik Saudi telah tiba di Istanbul pada hari Sabtu, dan mereka ada di sana untuk membantu menyelidiki pembunuhan Khashoggi.

Amerika Serikat sadar akan laporan The Post tetapi tidak bisa memastikannya, dan tidak tahu di mana Khashoggi berada, kata pejabat senior AS Sabtu. Pejabat itu berbicara tentang kondisi anonimitas karena pejabat itu tidak berwenang untuk membahas kasus itu dalam catatan.

Seperti diketahui, Khashoggi belakangan dikenal dengan kritiknya terhadap keluarga kerajaan Arab Saudi. Setelah beberapa dekade dekat dengan lingkaran petinggi Kerajaan. Ia juga pernah bekerja sebagai editor media Saudi dan telah menjadi penasihat mantan kepala intelijen Kerajaan.

Hilangnya secara misterius mengundang banyak tanya. Ada kamera keamanan di sekitar konsulat, di pintu masuknya dan di dinding vila di dekatnya. Tetapi belum ada rilis video apa pun.

BACA JUGA  Erdogan Ancam Rezim Assad untuk Mundur dari Idlib

Sumber: Reuters, Anadolu, Aljazeera, WP
Redaktur: Salem

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Manhaj

Gempa Bumi, Ketika Manusia Mempertentangkan Sains dan Kuasa Allah

Ketika mendengar gempa bumi, sebagian orang menganalisa bahwa itu karena proses alamiah dari pergeserangan lempengan bumi, seolah mereka meniadakan kuasa Allah yang menggeser lempengan bumi tersebut.

Ahad, 07/10/2018 05:00 0

Artikel

Bangga Menjadi Pemuda Muslim

Namun ada satu hal yang menarik, pada masa keemasan Islam dua faktor di atas sudah menggerogoti jiwa pemuda muslim.

Sabtu, 06/10/2018 22:05 0

Artikel

Semangat Pemuda Islam untuk Taklukan Dunia

Pada zaman Rasulullah saw., para pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam mendakwahkan Islam. Terdapat banyak sahabat yang memeluk Islam di Makkah berasal dari kalangan pemuda

Sabtu, 06/10/2018 21:30 0

Artikel

Pemuda Kunci Kemajuan Peradaban Islam

Sekarang ini, jarang sekali kita melihat masjid-masjid di lingkungan kita terisi penuh oleh anak-anak maupun pemuda yang akan membaca Al- Qur’an.

Sabtu, 06/10/2018 21:00 0

Tarbiyah Jihadiyah

Gempa Bumi, Peringatan dari Allah Agar Tak Cinta Materi

Gempa Lombok dan Palu mengingatkan kita bahwa kehidupan materi bisa sirna dengan begitu cepatnya. Bangunan runtuh, kendaraan remuk, dunia yang kita banggakan hilang dengan sekali hentakan.

Sabtu, 06/10/2018 20:32 0

Artikel

Umat Islam Pernah Berjaya: Sebuah Strategi Memimpin Peradaban

Upaya-upaya umat muslim untuk menaklukan Konstantinopel pada periode sebelumnya, memudahkan jalan Al-Fatih untuk mengambil alih tahta Konstantinopel. Al-Fatih memang telah disiapkan sejak kecil oleh ayahnya untuk menjadi penakluk Konstantinopel.

Sabtu, 06/10/2018 20:00 0

Artikel

Membangun Jiwa Kepemimpinan

Sepertinya, pemuda muslim harus kembali melihat para teladan mereka bagaimana ketika mereka berjalan di atas jalan pengembalian kemuliaan agama ini.

Sabtu, 06/10/2018 18:23 0

Indonesia

BNPB: Listrik di Sulawesi Tengah Pulih 75%

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan H+8 gempa dan tsunami Sulteng terus mengalami perkembangan.

Sabtu, 06/10/2018 18:10 0

Artikel

Pencetak Generasi Tunas Pemimpin Pejuang Masa Depan

Dalam menghadapi sistem kufur yang sedang eksis, tidak bisa tidak pemuda Islam harus tergabung ke dalam jamaah perjuangan Islam guna menciptakan semangat juang yang luar biasa.

Sabtu, 06/10/2018 18:00 0

Indonesia

Kabar Mayat Belum Dikubur Pasca Bencana Sulteng, Ini Kata Wiranto

hari keenam dan ketujuh, progress penanganan telah sampai pada pemakaman korban meninggal.

Sabtu, 06/10/2018 17:46 0

Close