... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

CBA: Dana Pemulihan Belum Cair, Korban Gempa Lombok Kena PHP Pemerintah

Foto: Taufik korban gempa di Dusun Jorong, Desa Sembalun Bumbung, Sembalun, Lombok Timur

KIBLAT.NET, Jakarta – Koordiantor Investigasi Center for Budget Analysis (CBA), Jajang Nurjaman menyayangkan sikap pemerintah yang lamban dalam merealisasikan anggaran untuk korban gempa Lombok. Menurutnya, saat ini anggaran masih dalam tahap perencanaan.

“Faktanya, korban bencana gempa di NTB memang kena PHP, karena Pemerintah Pusat lamban dalam merealisasikan anggaran untuk stimulan pemulihan bagi korban gempa, sebabnya anggaran masih dalam proses perencanaan penganggaran di kementerian sosial,” katanya dalam rilis yang diterima Kiblat.net pada Ahad (07/10/2018)

Ia menilai, alokasi anggaran untuk korban bencana alam atau gempa di kementerian sosial pada tahun 2018 sangat terbatas dan kemungkinan sudah habis. “Karena sejak Januari hingga Agustus 2018 banyak terjadi bencana alam,” ucapnya.

Jajang menyebutkan bahwa Pemerintah Pusat dalam hal ini kementerian Sosial nampaknya sudah tidak bisa menutup-nutupi lagi, bahwa anggaran untuk korban gempa begitu minim. Sebab, hal itu tertuang dalam surat Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosal, Harry Hikmat kepada Gubernur Nusa Tenggara Barat yang telah beredar di medsos.

“Dalam salah satu point Surat tersebut, Pemerintah Pusat sampai meminta Gubernur NTB agar menginstruksikan anak buahnya (Bupati/Walikota) untuk tidak menjanjikan kepastian bantuan kepada korban gempa,” paparnya.

Sepertinya, kata dia, belum ada pilihan lain bagi warga NTB yang terkena musibah, selain berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar musibah ini segera berakhir. Karena penguasa negeri ini sepertinya sedang terlalu sibuk dengan pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank Group.

BACA JUGA  Majelis Keluarga Ponpes Sidogiri Minta Gus Muwafiq Taubat

“Untuk acara ini tidak perlu lah didoakan, toh kemungkinan besar akan berjalan sukses karena dananya sudah cair sebesar Rp 505,4 miliar berbeda dengan pencairan dana bagi korban gempa yang seret. Kalaupun mau, doakan saja semoga Pemerintah kita selalu dalam kewarasan,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Meski Dikutuk PBB, Rezim Suriah Tetap Gunakan Ribuan Bom Barel pada 2018

KIBLAT.NET – Jaringan Suriah untuk Hak Asasi Manusia (The Syrian Network for Human Rights; SNHR)...

Ahad, 07/10/2018 11:39 0

Suriah

Oposisi Mulai Menarik Senjata Berat dari Front Idlib

KIBLAT.NET – Kelompok oposisi di Suriah barat laut Idlib mengumumkan pada hari Sabtu (6/10) bahwa...

Ahad, 07/10/2018 10:55 0

Turki

Jurnalis Asal Saudi Dibunuh Secara Misterius di Turki

KIBLAT.NET – Jamal Khashoggi, seorang jurnalis Arab dibunuh secara misterius di Turki. Ankara telah menyimpulkan...

Ahad, 07/10/2018 09:40 0

Manhaj

Gempa Bumi, Ketika Manusia Mempertentangkan Sains dan Kuasa Allah

Ketika mendengar gempa bumi, sebagian orang menganalisa bahwa itu karena proses alamiah dari pergeserangan lempengan bumi, seolah mereka meniadakan kuasa Allah yang menggeser lempengan bumi tersebut.

Ahad, 07/10/2018 05:00 0

Artikel

Bangga Menjadi Pemuda Muslim

Namun ada satu hal yang menarik, pada masa keemasan Islam dua faktor di atas sudah menggerogoti jiwa pemuda muslim.

Sabtu, 06/10/2018 22:05 0

Artikel

Semangat Pemuda Islam untuk Taklukan Dunia

Pada zaman Rasulullah saw., para pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam mendakwahkan Islam. Terdapat banyak sahabat yang memeluk Islam di Makkah berasal dari kalangan pemuda

Sabtu, 06/10/2018 21:30 0

Artikel

Pemuda Kunci Kemajuan Peradaban Islam

Sekarang ini, jarang sekali kita melihat masjid-masjid di lingkungan kita terisi penuh oleh anak-anak maupun pemuda yang akan membaca Al- Qur’an.

Sabtu, 06/10/2018 21:00 0

Tarbiyah Jihadiyah

Gempa Bumi, Peringatan dari Allah Agar Tak Cinta Materi

Gempa Lombok dan Palu mengingatkan kita bahwa kehidupan materi bisa sirna dengan begitu cepatnya. Bangunan runtuh, kendaraan remuk, dunia yang kita banggakan hilang dengan sekali hentakan.

Sabtu, 06/10/2018 20:32 0

Artikel

Umat Islam Pernah Berjaya: Sebuah Strategi Memimpin Peradaban

Upaya-upaya umat muslim untuk menaklukan Konstantinopel pada periode sebelumnya, memudahkan jalan Al-Fatih untuk mengambil alih tahta Konstantinopel. Al-Fatih memang telah disiapkan sejak kecil oleh ayahnya untuk menjadi penakluk Konstantinopel.

Sabtu, 06/10/2018 20:00 0

Artikel

Membangun Jiwa Kepemimpinan

Sepertinya, pemuda muslim harus kembali melihat para teladan mereka bagaimana ketika mereka berjalan di atas jalan pengembalian kemuliaan agama ini.

Sabtu, 06/10/2018 18:23 0

Close