... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Tiga Pelajaran Dari Bencana Alam

Foto: Kerusakan yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah pascagauncangan gempa yang berpusat di Donggala (foto: Antara)

Penulis: Abu Athif, Lc.

Dalam satu bulan terakhir ini negeri kita dirundung duka dan lara karena bencana alam yang menimpa saudara-saudara kita di Lombok, Palu dan sebagian tempat lainnya. Tentunya bagi hamba beriman senantiasa memahami bahwa hakikat dari seluruh peristiwa yang terjadi pada diri kita dan di permukaan bumi ini telah ditetapkan oleh Allah ta’ala, sebagaimana firman-Nya:

(مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ ( الحديد: 22-

Artinya: “Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfudz) sebelum Kami mewujudkannya. Sesungguhnya yang demikian itu mudah bagi Allah”. [QS. Al Hadid: 22]

Sudah menjadi kewajiban bagi hamba beriman untuk selalu mengambil hikmah dan ibroh dari semua kejadian tersebut dengan tetap dilandasi keimanan dan berhusnu dzonn kepada-Nya. Dalam banyak ayat, Allah senantiasa mengajak kita untuk merenungi dan berpikir dari kisah-kisah umat-umat terdahulu agar tidak mengulangi dosa dan kesalahan yang dilakukan demi menggapai kebaikan di masa mendatang. Salah satunya disebutkan dalam firman-Nya:

(35-إِنَّا مُنْزِلُونَ عَلَى أَهْلِ هَذِهِ الْقَرْيَةِ رِجْزًا مِنَ السَّمَاءِ بِمَا كَانُوا يَفْسُقُونَ (34) وَلَقَدْ تَرَكْنَا مِنْهَا آيَةً بَيِّنَةً لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ (35)  (العنكبوت:34

Artinya: “Sesungguhnya Kami akan menurunkan azab dari langit atas penduduk kota ini (kota Sodom) karena mereka berbuat fasik. Dan sungguh telah Kami tinggalkan dari padanya suatu tanda yang nyata bagi orang-orang yang berakal”. [QS. Al Ankabut: 35]

BACA JUGA  Entah Apa yang Merasuki Sukmawati

Dari musibah bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini, kita harus bisa mengambil pelajaran darinya. Setidaknya ada tiga ibroh yang bisa dipetik dalam rangka memperbaiki masyarakat dan negeri ini agar terhindar dari kemurkaan Allah ﷻ.

Pertama, kita harus meyakini dan memahami bahwa keteraturan alam semesta dan kehancurannya menjadi tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah ﷻ. Termasuk dalam hal ini adalah kejadian gempa bumi, tsunami, angin taufan dan fenomena alam lainnya menjadi ayat yang menunjukkan kedaulatan Allah ﷻ di alam jagat raya ini. Tidak ada yang bisa menghadirkan bencana tersebut atau pun menolak dan mencegah kedatangannya kecuali Dia. Dia-lah Dzat yang memiliki hak penuh dalam mengatur, mencipta, menata dan menentukan hukum di alam semesta ini.

Dalam banyak ayat, Al Quran menyampaikan tentang kuasa Allah ﷻ dalam pengaturan jagat raya ini, di antaranya adalah firman-Nya yang mulia:

(5سَنُرِيهِمْ آيَاتِنَا فِي الْآفَاقِ وَفِي أَنْفُسِهِمْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقُّ أَوَلَمْ يَكْفِ بِرَبِّكَ أَنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ (3

Artinya: “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Dan apakah Robbmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia Maha Menyaksikan segala sesuatu?”. [QS. Fushilat: 53]

Jangan sampai seorang mukmin justru disibukkan dengan teori-teori alam dari pergeseran lempeng tektonik hingga vulkanik, namun justru lupa dan lalai dari Allah Sang Penguasa jagat raya yang mengendalikan bumi seisinya. Perkara inilah yang menjadi problem mendasar yang harus diluruskan dan dibenahi. Sunnah kauniyah (hukum alam) tidaklah terjadi begitu saja namun semuanya ada pengaturnya yaitu Allah ﷻ. Poin penting dalam hal ini adalah kerangka berfikir seorang mukmin dalam melihat dan menyikapi suatu fenomena alam tentunya berbeda dengan orang ateis.

BACA JUGA  Jokowi Kritisi Kebijakan Impor Pacul

Kemudian jikalau manusia menyadari kelemahannya dalam mengontrol alam ini maka mengapa mereka begitu berani menentang kedaulatan Allah di muka bumi ini ?! Sudah saatnya manusia harus sadar dan mengakui bahwa tidak ada kedaulatan yang harus dijaga di atas muka bumi ini melainkan hanya kedaulatan Allah ﷻ. Syariat Islam dihadirkan di tengah manusia sebagai upaya mengimplementasikan kedaulatan-Nya.

Baca halaman selanjutnya: Kedua, musibah bencana alam...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Antisipasi Krisis Pangan, Onecare Dirikan Sejumlah Dapur Umum

Dapur umum dibentuk untuk mencukupi kebutuhan makan dan minum minimal 50 pengungsi, dengan satu pengelola di dalamnya.

Sabtu, 06/10/2018 12:02 0

Indonesia

Fadli Zon: Dana Pertemuan IMF-WB Lebih Baik Disalurkan ke Korban Bencana Sulteng

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menegaskan bahwa pertemuan IMF-World Bank atau International Monetary Fund and the World Bank (IMF-WB) Annual Meetings (AM) tidak memberi dampak pada penguatan rupiah.

Sabtu, 06/10/2018 11:24 0

Afghanistan

Efektivitas Operasi Al Khandaq Taliban Lemahkan Rezim Kabul dan Pasukan Asing

Efektivitas Operasi Al Khandaq Taliban Lemahkan Rezim Kabul dan Pasukan Asing

Sabtu, 06/10/2018 11:10 0

Indonesia

Rupiah Melemah, Sejumlah Kebijakan Pemerintah Dinilai Blunder

Rupiah Melemah, Sejumlah Kebijakan Pemerintah Dinilai Blunder

Sabtu, 06/10/2018 10:44 0

Palestina

Dua Warga Palestina Gugur di Aksi “Great Return March” ke 28

KIBLAT.NET, Gaza – Aksi “Great Return March” (Masirah Al-Audah Al-Kubra) yang dilakukan oleh rakyat Palestina...

Sabtu, 06/10/2018 10:26 0

Indonesia

Masjid Darus Salam Palu, Reta-retak Tapi Tetap Salurkan Bantuan ke Warga

Meski ada beberapa bagian yang retak, masjid tetap berdiri kokoh. Bahkan hingga 7 hari pasca gempa, air di masjid masih bisa digunakan untuk aktivitas warga sekitar.

Sabtu, 06/10/2018 09:46 0

Indonesia

Shalat Jumat Pertama di Sigi Pascagempa, Khatib Ajak Taat dan Jauhi Maksiat

Shalat Jumat Pertama di Sigi, Khatib Ajak Taat dan Jauhi Maksiat

Jum'at, 05/10/2018 14:15 0

Indonesia

Pelemahan Rupiah Akan Berdampak Kepada Masyarakat

Pelemahan Rupiah Akan Berdampak Kepada Masyarakat

Jum'at, 05/10/2018 13:52 0

Irak

Cicipi Air Minum Provinsi Basra, Dubes UE untuk Iraq Keracunan

Ia melihat proyek pembangunan layanan listrik dan air minum.

Jum'at, 05/10/2018 13:34 0

Indonesia

Gunung Agung Bali Berstatus Siaga Jelang Pertemuan IMF-Bank Dunia

Gunung Agung Bali Berstatus Siaga Jelang Pertemuan IMF-Bank Dunia

Jum'at, 05/10/2018 11:47 0

Close