... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rupiah Melemah, Sejumlah Kebijakan Pemerintah Dinilai Blunder

Foto: Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Dr. Enny Sri Hartati

KIBLAT.NET, Jakarta – Saat rupiah makin terpuruk, pemerintah perlu melakukan langkah-langkah konkret untuk mengendalikan pengeluaran devisa. Di saat yang sama, harus ada upaya serius untuk mendapatkan devisa.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati. “Mengejar dollar. Jadi di satu sisi ada penghematan dollar, disisi lain juga ada upaya serius untuk memburu dollar,” kata Enny kepada kiblat.net dalam sambungan telepon pada Kamis siang (04/10/2018).

Enny pun menyoroti kebijakan pemerintah yang telah lalu. Dia menilai beberapa kebijakan pemerintah yang harusnya produktif dan bersifat memperbaiki kondisi justru menjadi kontraproduktif. Salah satu contohnya adalah kebijakan pengendalian impor.

Seperti yang diketahui, pemerintah melalui kementerian keuangan mengeluarkan PMK untuk pengendalian impor 1.147 item. Enny menyebut hal itu justru tidak produktif.

“Nah ternyata, malah banyak yang kontraproduktif karena kita langsung direspon dengan retaliasi (pembalasan) perdagangan dari mitra-mitra dagang kita. Sehingga upaya kita untuk memburu dolar malah mendapat semakin banyak rintangan,” paparnya.

Sementara, pengendalian impor yang ditetapkan juga belum tentu efektif. Menurut Enny, hal ini dikarenakan item impor Indonesia lebih banyak berupa bahan baku, energi, pangan.

“Kebijakan pengendalian impor dengan menaikkan PPH 22 dan sebagainya, tentu akan berdampak pada kenaikan harga-harga yang berbasis impor,” ujar Enny.

“Jadi, ini kan justru kebijakan yang bikin blunder. Jadi bukannya memperkuat justru malah menimbulkan kegaduhan,” pungkasnya.

BACA JUGA  Polemik RUU HIP, Pengamat: Yang Teriak "Saya Pancasila" Kemana?

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Dua Warga Palestina Gugur di Aksi “Great Return March” ke 28

KIBLAT.NET, Gaza – Aksi “Great Return March” (Masirah Al-Audah Al-Kubra) yang dilakukan oleh rakyat Palestina...

Sabtu, 06/10/2018 10:26 0

Irak

Cicipi Air Minum Provinsi Basra, Dubes UE untuk Iraq Keracunan

Ia melihat proyek pembangunan layanan listrik dan air minum.

Jum'at, 05/10/2018 13:34 0

Suriah

Pasukan Suriah dan Rusia Jamin Keamanan Israel di Perbatasan

"Situasi di wilayah perbatasan Suriah dekat Israel tenang," kata Varshenin kepada kantor berita Rusia Sputnik pada Kamis (04/10).

Jum'at, 05/10/2018 08:56 0

Turki

Erdogan: Kami Tak Akan Tinggalkan Suriah Sampai Pemilu Digelar

"Ketika rakyat Suriah menggelar pemilu, kami akan menyerahkan Suriah kepada pemiliknya setelah mereka mengadakan pemilihan," kata Erdogan di sebuah forum di Istanbul, seperti dilansir dari Reuters.

Jum'at, 05/10/2018 07:39 0

Suriah

Israel Mobilisasi Pasukan di Perbatasan Jalur Gaza

"Tentara Israel siap untuk berbagai skenario dan menuduh Hamas bertanggung jawab atas semua yang terjadi di dalam dan di luar Jalur Gaza," katanya.

Jum'at, 05/10/2018 07:13 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Cara Orang Mukmin Menghadapi Musibah Gempa

Dan hari ini, kita bisa menyaksikan betapa dahsyatnya musibah yang Allah turunkan terhadap saudara-saudara kita di belahan negeri. Di saat rehabilitas pasca gempa Lombok belum selesai, Allah Ta’ala kembali menurunkan gempa yang disusul tsunami di Palu, Donggala, Sulawesi Tengah. Entah berapa jumlah korban yang meninggal dalam bencana itu. Mungkin mencapai ribuan nyawa lenyap ditelan bumi.

Kamis, 04/10/2018 19:13 2

Tazkiyah

Perbanyaklah Amalan Ini Ketika Gempa Terjadi

Belum usai duka negeri karena gempa yang terjadi di pulau Lombok, gempa kembali mengguncang kota Donggala dan Palu. Rumah dan gedung runtuh, tanah dan jalan merekah, korban-korban berjatuhan. Bapak kehilangan anak, istri-istri menjadi janda, anak-anak menjadi yatim. Belum lagi bahan makanan yang semakin langka, air bersih semakin sulit, sehingga mengundang berbagai penyakit.

Kamis, 04/10/2018 19:00 0

Video News

5 Gempa Terbesar Di Sulawesi

KIBLAT.NET- Masyarakat Indonesia kembali berduka untuk Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Tepatnya pada Jumat 28...

Kamis, 04/10/2018 17:40 0

Info Event

Youth Islamic Festival Segera Digelar di Masjid Istiqlal

Youth Islamic Festival Segera Digelar di Masjid Istiqlal

Kamis, 04/10/2018 14:29 0

Artikel

Kisah Bung Karno Tertipu Raja Idrus dan Ratu Markonah

Ratu Markonah dan Raja Idroes berdandan sangat mewah dan berpenampilan sangat meyakinkan. Ratu Markonah mengenakan kaca mata hitam yang tak pernah dilepasnya. Konon kaca mata ini untuk menutupi luka pada salah satu bola matanya.

Kamis, 04/10/2018 12:34 0

Close