... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ratusan Anak Yatim Piatu Diberi Santunan di Acara YIFest

Foto: Santunan anak yatim piatu di acara YIFest

KIBLAT.NET, Jakarta – Salah satu agenda dalam Gelaran Youth Islamic Festival (YIFest) adalah santunan anak yatim piatu. Dimodali lebih dari 30 donatur, YIFest menyantuni 100 anak yatim piatu Jakarta.

Tiana, Penanggung jawab santunan anak yatim YiFest mengungkapkan santunan anak yatim ini menghadirkan Kang Ade, ketua Gerakan Para Pendongeng untuk Kemanusiaan, yang mendongeng untuk anak-anak yatim piatu ini.

“Santunan ini sama pada umumnya, hanya berdurasi 45 menit, dengan 15 menit penyuluhan, 30 menit berdongeng. Setelah itu pembagian santunan berupa suvenir makanan dan uang tunai,” ungkap Tiana di Masjid Istiqlal, Sabtu (6/10/2018).

Tiana mengungkapkan, penggalangan santunan ini menggunakan sistem donasi dengan cara paket satu anak senilai Rp 100.000. Ia mengungkapkan ada lebih dari 30 donatur dan sponsor untuk acara santunan ini.

Ia mengungkapkan ada 100 anak yatim piatu yang disantuni. Jumlah tersebut dengan rincian, 60 anak dari yayasan yatim Majelis Rosulullah dan 40 dari Pay Yisc milik yayasan Al Azhar, Jakarta.

Kang Ade, pendongeng dalam acara ini menyampaikan dongeng tentang Perjalanan Anak Sholeh, yang secara implisit memotivasi anak-anak untuk jujur dimanapun mereka berada, dan juga bagaimana berbagi dalam setiap keadaan.

“Dongeng tadi untuk memotivasi bagaimana jujur dimanapun mereka berada, berbakti kepada orang tua dan belajar berbagi, agar mereka tidak bermental meminta-minta,” ungkapnya usai pembagian santunan.

BACA JUGA  Syaikh Ali Jaber Ditusuk, Komisi VIII: Indonesia Darurat Perlindungan Tokoh Agama

Kang Ade juga menjelaskan bahwa menasehati dengan cara berdongeng adalah salah satu cara yang efektif untuk menasehati, karena anak-anak tidak merasa dinasehati.

“Cara yang paling efektif, lewat dongeng. Kita nasehati mereka tanpa merasa dinasehati, lebih kena daripada kita menggurui,” tukasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

AQIM Tunisia Bertanggung Jawab Serang Patroli Tentara di Chaambi

AQIM Bertanggung Jawab Serang Patroli Tentara Tunisia di Chaambi

Sabtu, 06/10/2018 16:32 0

Artikel

Islam, Sistem Paripurna Sebagai Pembangkit Semangat dan Penggali Potensi Jiwa Muda

Maka dari itu mengembalikan pendidikan Islam sejak dini adalah solusi paling mujarab untuk kembali membangkitkan semangat pemuda sebagai pemimpin masa depan umat.

Sabtu, 06/10/2018 16:00 0

Artikel

Pemuda Sebagai Benih Pohon Peradaban Besar Islam

Oleh sebab itu, ketika kita cermati lebih jauh, orientasi dakwah Rasulullah SAW pada awal masa kedatangan Islam ialah untuk membangun sumber daya ummat terlebih dahulu. Oleh sebab itu juga mengapa perhatian al-Qur’an begitu tercurah kepada pembentukan manusianya.

Sabtu, 06/10/2018 15:00 0

Artikel

Pemuda Muslim Dalam Konstestasi Peradaban Dunia

Maka sekaranglah saatnya generasi muda Islam bangkit dari keterpurukan, karena generasi muda mempunyai tanggung jawab terbesar dalam membangun umat ini. Sudah terlalu lama umat ini terlena dengan prinsip materialisme yang berpatokan pada barang mewah, uang, dan segala jenis perhiasan dunia lainnya.

Sabtu, 06/10/2018 14:30 0

Info Event

Ayo Ikutan!!! Dauroh Kader Bersama Mahasiswa Pencinta Islam Jakarta

Mahasiswa Pencinta Islam (MPI) adalah organisasi dakwah dan pergerakan mahasiswa yang didirikan dalam rangka berpartisipasi dalam upaya penegakan Islam bersama elemen umat lainnya, sesuai kompetensi mahasiswa. 

Sabtu, 06/10/2018 14:17 0

Artikel

Tiga Pelajaran Dari Bencana Alam

Bencana alam adalah tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah, yang merupakan ujian bagi orang beriman atau adzab bagi orang-orang yang ingkar

Sabtu, 06/10/2018 12:48 0

Afghanistan

Efektivitas Operasi Al Khandaq Taliban Lemahkan Rezim Kabul dan Pasukan Asing

Efektivitas Operasi Al Khandaq Taliban Lemahkan Rezim Kabul dan Pasukan Asing

Sabtu, 06/10/2018 11:10 0

Palestina

Dua Warga Palestina Gugur di Aksi “Great Return March” ke 28

KIBLAT.NET, Gaza – Aksi “Great Return March” (Masirah Al-Audah Al-Kubra) yang dilakukan oleh rakyat Palestina...

Sabtu, 06/10/2018 10:26 0

Irak

Cicipi Air Minum Provinsi Basra, Dubes UE untuk Iraq Keracunan

Ia melihat proyek pembangunan layanan listrik dan air minum.

Jum'at, 05/10/2018 13:34 0

Suriah

Pasukan Suriah dan Rusia Jamin Keamanan Israel di Perbatasan

"Situasi di wilayah perbatasan Suriah dekat Israel tenang," kata Varshenin kepada kantor berita Rusia Sputnik pada Kamis (04/10).

Jum'at, 05/10/2018 08:56 0

Close