... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Keran Bantuan Asing Dibuka, Sumbangan Rp220 Miliar Akan Mengalir Ke Sulteng

Foto: Gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah menimbulkan kerusakan di Palu, Donggala, dan Sigi

KIBLAT.NET, Jakarta – Setelah Presiden Joko Widodo menyatakan untuk menerima bantuan bencana dari negara sahabat, Kementerian Luar Negeri menindaklanjutinya dengan melakukan pertemuan dengan semua duta besar dan organisasi internasional di Indonesia. Setidaknya, sebanyak 25 negara dan 4 organisasi internasional siap memberikan bantuannya ke wilayah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman Mohammad Fachir mengatakan sudah ada banyak tawaran bantuan dari berbagai negara dan organisasi internasional, sejak keran bantuan dari luar negeri dibuka Presiden Jokowi. Akan tetapi dia menyebut pemerintah membatasi jenis bantuan dapat disalurkan pihak asing.

“Beberapa tawaran yang masuk antara lain bantuan finansial, peralatan transportasi darat, 18 flight clearance, tenda, obat-obatan dan tenaga medis. Hal itu berdasarkan penerimaan bantuan yang dibutuhkan dalam penanggulangan korban bencana,” kata Fachir dalam konfrensi pers Update Bencana Sulteng “Penanganan Fasilitas Dasar, Pengungsi, Dan Bantuan Asing” di Graha BNPB, Sabtu (6/10/2018).

Dia memaparkan sejumlah negara-negara yang sudah merealisasikan bantuannya. Negara-negara yang telah mengirimkan bantuan antara lain Korea, Jepang, Swiss, Singapura, Tiongkok, Qatar, Turki, India, Spanyol, Vietnam, Malaysia, Inggris, Selandia Baru, Australia, Rusia, Pakistan dan Denmark.

“Setidaknya secara komitmen dari negara-negara tersebut total bantuan sebesar Rp220 miliar,” ujar Fachir.

Dari jumlah itu sebagian di antaranya sudah disalurkan, yaitu 200 ribu dollar AS dari Tiongkok, 1 juta dollar AS, 1,5 juta Euro dari Uni Eropa, 10 jt dollar AS dari Venezuela, 200 dollar AS dari Kamboja, 100 ribu dollar AS dari Laos, dan 100 ribu dollar AS dari Vietnam . “Angka dan bantuan ini bentuknya dinamis yang akan terus berdatangan,” tuturnya.

BACA JUGA  Kaji Buku ‘Muslimah Anti Viral’, FMDKI Ajak Perkuat Syiar Islam di Era Digital

Fachir menjelaskan untuk saat ini sumbangan akan diarahkan kepada penanggulangan tanggap darurat yang dikoordinasikan oleh BNPB. Pemerintah juga akan terus memberikan informasi perkembangan penanggulangan bencana. Setelah tanggap darurat bencana sumbangan juga akan diarahkan untuk rehabilitasi dan rekrontruksi.

Bantuan dalam bentuk lain juga terus berdatangan dan diangkut dengan pesawat-pesawat negara sahabat. Pesawat bantuan itu dipusatkan dapat mendarat dahulu di posko Balikpapan.

“Menlu telah menyediakan tiga posko di Balikpapan, Makassar dan Palu. Semua itu agar mempermudah proses koordinasi penyaluran bantuan bencana,” pungkas Fachir.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Karakter Pemuda Islam Sebagai Modal Kepemimpinan

Pemuda memiliki andil besar dalam sejarah kebangkitan bangsa. Maju mundurnya bangsa tergantung pada kondisi para pemudanya.

Sabtu, 06/10/2018 17:06 0

Afrika

AQIM Tunisia Bertanggung Jawab Serang Patroli Tentara di Chaambi

AQIM Bertanggung Jawab Serang Patroli Tentara Tunisia di Chaambi

Sabtu, 06/10/2018 16:32 0

Artikel

Islam, Sistem Paripurna Sebagai Pembangkit Semangat dan Penggali Potensi Jiwa Muda

Maka dari itu mengembalikan pendidikan Islam sejak dini adalah solusi paling mujarab untuk kembali membangkitkan semangat pemuda sebagai pemimpin masa depan umat.

Sabtu, 06/10/2018 16:00 0

Artikel

Pemuda Sebagai Benih Pohon Peradaban Besar Islam

Oleh sebab itu, ketika kita cermati lebih jauh, orientasi dakwah Rasulullah SAW pada awal masa kedatangan Islam ialah untuk membangun sumber daya ummat terlebih dahulu. Oleh sebab itu juga mengapa perhatian al-Qur’an begitu tercurah kepada pembentukan manusianya.

Sabtu, 06/10/2018 15:00 0

Artikel

Pemuda Muslim Dalam Konstestasi Peradaban Dunia

Maka sekaranglah saatnya generasi muda Islam bangkit dari keterpurukan, karena generasi muda mempunyai tanggung jawab terbesar dalam membangun umat ini. Sudah terlalu lama umat ini terlena dengan prinsip materialisme yang berpatokan pada barang mewah, uang, dan segala jenis perhiasan dunia lainnya.

Sabtu, 06/10/2018 14:30 0

Info Event

Ayo Ikutan!!! Dauroh Kader Bersama Mahasiswa Pencinta Islam Jakarta

Mahasiswa Pencinta Islam (MPI) adalah organisasi dakwah dan pergerakan mahasiswa yang didirikan dalam rangka berpartisipasi dalam upaya penegakan Islam bersama elemen umat lainnya, sesuai kompetensi mahasiswa. 

Sabtu, 06/10/2018 14:17 0

Artikel

Tiga Pelajaran Dari Bencana Alam

Bencana alam adalah tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah, yang merupakan ujian bagi orang beriman atau adzab bagi orang-orang yang ingkar

Sabtu, 06/10/2018 12:48 0

Afghanistan

Efektivitas Operasi Al Khandaq Taliban Lemahkan Rezim Kabul dan Pasukan Asing

Efektivitas Operasi Al Khandaq Taliban Lemahkan Rezim Kabul dan Pasukan Asing

Sabtu, 06/10/2018 11:10 0

Palestina

Dua Warga Palestina Gugur di Aksi “Great Return March” ke 28

KIBLAT.NET, Gaza – Aksi “Great Return March” (Masirah Al-Audah Al-Kubra) yang dilakukan oleh rakyat Palestina...

Sabtu, 06/10/2018 10:26 0

Irak

Cicipi Air Minum Provinsi Basra, Dubes UE untuk Iraq Keracunan

Ia melihat proyek pembangunan layanan listrik dan air minum.

Jum'at, 05/10/2018 13:34 0

Close
CLOSE
CLOSE