... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

INDEF: Defisit Kembar Jadi Faktor Fundamental Pelemahan Rupiah

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintah selalu menyebut faktor eksternal sebagai pemicu melemahnya rupiah. Sebaliknya, Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menyebut defisit kembar, berupa defisit neraca perdagangan dan pembiayaan.

Direktur Institute for Development of Economics and Finance(INDEF), Enny Sri Hartati membenarkan adanya faktor eksternal yang menjadi pemicu makin lemahnya rupiah. Menurutnya, pemicunya bukan hanya kebijakan bank sentral Amerika Serikat, tetapi juga dipicu oleh perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

“Jadi benar ada pemicu dari faktor eksternal,” kata Enny saat dihubungi Kiblat.net, Kamis (04/10/2018).

Tetapi, pemicu dari luar itu seharusnya tidak terlalu berdampak jika kondisi keuangan Indonesia sehat. Enny menyebut secara fundamental Indonesia sedang mengalami defisit kembar. “Persoalan utamanya tetap di fundamental kondisi stamina badan kita. Karena memang secara fundamental kita sedang menghadapi twin (kembar) defisit,” ungkapnya.

“Neraca perdangangan kita defisit, juga neraca pembiayaan pemerintah juga mengalami defisit. Sebenarnya itu yang menjadi faktor fundamental,” terang Enny.

Dia lantas menganalogikan kondisi keuangan Indonesia dengan tubuh dan cuaca dingin. “Kalo kita batuk atau pilek kan bisa jadi karena angin atau suhu di luar dingin sekali. Tapi kalau kita keluarnya pake jaket lalu kita menjaga stamina dan performa kita ya cuma akan terasa dingin, tidak sampai flu,” ujar Enny.

“Intinya, kalo kita keluar rumah sekarang, udara diluar itu sedang dingin sekali. Kalo kita nekat tanpa menyiapkan baju hangat dan tanpa memperkuat stamina ita ya pasti kita akan terjun bebas. Kita akan menghadapi persoalan yang cukup pelik,” pungkasnya.

BACA JUGA  Ekonomi Syariat Tak Hanya Bermanfaat untuk Umat Islam

Reporter: Qoid


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Pemuda Muslim Dalam Konstestasi Peradaban Dunia

Maka sekaranglah saatnya generasi muda Islam bangkit dari keterpurukan, karena generasi muda mempunyai tanggung jawab terbesar dalam membangun umat ini. Sudah terlalu lama umat ini terlena dengan prinsip materialisme yang berpatokan pada barang mewah, uang, dan segala jenis perhiasan dunia lainnya.

Sabtu, 06/10/2018 14:30 0

Info Event

Ayo Ikutan!!! Dauroh Kader Bersama Mahasiswa Pencinta Islam Jakarta

Mahasiswa Pencinta Islam (MPI) adalah organisasi dakwah dan pergerakan mahasiswa yang didirikan dalam rangka berpartisipasi dalam upaya penegakan Islam bersama elemen umat lainnya, sesuai kompetensi mahasiswa. 

Sabtu, 06/10/2018 14:17 0

Artikel

Tiga Pelajaran Dari Bencana Alam

Bencana alam adalah tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah, yang merupakan ujian bagi orang beriman atau adzab bagi orang-orang yang ingkar

Sabtu, 06/10/2018 12:48 0

Afghanistan

Efektivitas Operasi Al Khandaq Taliban Lemahkan Rezim Kabul dan Pasukan Asing

Efektivitas Operasi Al Khandaq Taliban Lemahkan Rezim Kabul dan Pasukan Asing

Sabtu, 06/10/2018 11:10 0

Palestina

Dua Warga Palestina Gugur di Aksi “Great Return March” ke 28

KIBLAT.NET, Gaza – Aksi “Great Return March” (Masirah Al-Audah Al-Kubra) yang dilakukan oleh rakyat Palestina...

Sabtu, 06/10/2018 10:26 0

Irak

Cicipi Air Minum Provinsi Basra, Dubes UE untuk Iraq Keracunan

Ia melihat proyek pembangunan layanan listrik dan air minum.

Jum'at, 05/10/2018 13:34 0

Suriah

Pasukan Suriah dan Rusia Jamin Keamanan Israel di Perbatasan

"Situasi di wilayah perbatasan Suriah dekat Israel tenang," kata Varshenin kepada kantor berita Rusia Sputnik pada Kamis (04/10).

Jum'at, 05/10/2018 08:56 0

Turki

Erdogan: Kami Tak Akan Tinggalkan Suriah Sampai Pemilu Digelar

"Ketika rakyat Suriah menggelar pemilu, kami akan menyerahkan Suriah kepada pemiliknya setelah mereka mengadakan pemilihan," kata Erdogan di sebuah forum di Istanbul, seperti dilansir dari Reuters.

Jum'at, 05/10/2018 07:39 0

Suriah

Israel Mobilisasi Pasukan di Perbatasan Jalur Gaza

"Tentara Israel siap untuk berbagai skenario dan menuduh Hamas bertanggung jawab atas semua yang terjadi di dalam dan di luar Jalur Gaza," katanya.

Jum'at, 05/10/2018 07:13 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Cara Orang Mukmin Menghadapi Musibah Gempa

Dan hari ini, kita bisa menyaksikan betapa dahsyatnya musibah yang Allah turunkan terhadap saudara-saudara kita di belahan negeri. Di saat rehabilitas pasca gempa Lombok belum selesai, Allah Ta’ala kembali menurunkan gempa yang disusul tsunami di Palu, Donggala, Sulawesi Tengah. Entah berapa jumlah korban yang meninggal dalam bencana itu. Mungkin mencapai ribuan nyawa lenyap ditelan bumi.

Kamis, 04/10/2018 19:13 2

Close
CLOSE
CLOSE