... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AQIM Tunisia Bertanggung Jawab Serang Patroli Tentara di Chaambi

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Tunis – Al-Qaidah di Maghrib Islamiy (AQIM) cabang Tunisia atau yang dikenal dengan nama Katibah Uqbah bin Nafi’ (KUBN) mengumumkan bertanggung jawab atas serangan menggunakan bom improvisasi (IEDs) terhadap tentara Tunisia. Saat itu, satu regu tentara Tunisia sedang menggelar patroli di Puncak Chaambi di area Kasserine sebelum bom meledak menewaskan sedikitnya seorang tentara dan melukai 5 lainnnya.

Dalam pernyataannya yang dirilis melalui laman Telegram Ifriqiyah Muslimah, AQIM mengatakan bahwa Katibah Uqbah bin Nafi’ meledakkan bom IED ke sebuah kendaraan armor Kirpi, menyebabkan sejumlah tentara murtad tewas dan luka-luka. Selain itu, kelompok jihadis cabang al-Qaidah ini juga mengumumkan meledakkan bom kedua ketika sekelompok tentara Tunisia berkerumun di sekitar mobil yang telah hancur di lokasi serangan pertama.

Meski demikian, media-media lokal melaporkan hanya terjadi satu ledakan dalam insiden serangan tersebut. Demikian juga jumlah korban diumumkan hanya 1 tentara tewas dan 5 lainnya menjadi korban luka-luka. Beberapa media lainnya menyebutkan salah satu dari 4 korban luka-luka akhirnya meninggal dunia di rumah sakit sehingga korban tewas bertambah menjadi dua.

Ini merupakan klaim pertama KUBN sejak Juli lalu ketika bom sejenis menghantam aparat keamanan Tunisia di area Ghardimaou dekat perbatasan Aljazair. Dalam serangan ambush bulan Juli tersebut, sedikitnya 6 perwira polisi Tunisia dilaporkan terbunuh. Sebelumnya, serangan sejenis terjadi pada bulan Desember 2017.

BACA JUGA  Perdana Menteri Sipil Pertama Sudan Umumkan Kabinet Masa Transisi

Serangan ambush paling mematikan oleh Katibah Uqbah bin Nafi’ terjadi di Puncak Chaambi pada bulan Juli 2014 yang memakan korban 15 tentara tewas dan 20 lainnya luka-luka. Para pengamat masih menganggap KUBN sebagai sebuah kelompok kecil yang terus menjadi ancaman bagi aparat keamanan Tunisia.

Di lain pihak, pemerintah Tunisia terus berupaya menekan jihadis dengan melancarkan operasi-operasi militer terhadap KUBN yang menyebabkan beberapa pemimpin senior jihadis gugur dalam beberapa tahun terakhir, termasuk utusan resmi AQIM yang dikirim untuk membantu mengelola organisasi di lapangan.

Sumber: Long War Journal
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Islam, Sistem Paripurna Sebagai Pembangkit Semangat dan Penggali Potensi Jiwa Muda

Maka dari itu mengembalikan pendidikan Islam sejak dini adalah solusi paling mujarab untuk kembali membangkitkan semangat pemuda sebagai pemimpin masa depan umat.

Sabtu, 06/10/2018 16:00 0

Artikel

Pemuda Sebagai Benih Pohon Peradaban Besar Islam

Oleh sebab itu, ketika kita cermati lebih jauh, orientasi dakwah Rasulullah SAW pada awal masa kedatangan Islam ialah untuk membangun sumber daya ummat terlebih dahulu. Oleh sebab itu juga mengapa perhatian al-Qur’an begitu tercurah kepada pembentukan manusianya.

Sabtu, 06/10/2018 15:00 0

Indonesia

INDEF: Defisit Kembar Jadi Faktor Fundamental Pelemahan Rupiah

"Neraca perdangangan kita defisit, juga neraca pembiayaan pemerintah juga mengalami defisit"

Sabtu, 06/10/2018 14:35 0

Artikel

Pemuda Muslim Dalam Konstestasi Peradaban Dunia

Maka sekaranglah saatnya generasi muda Islam bangkit dari keterpurukan, karena generasi muda mempunyai tanggung jawab terbesar dalam membangun umat ini. Sudah terlalu lama umat ini terlena dengan prinsip materialisme yang berpatokan pada barang mewah, uang, dan segala jenis perhiasan dunia lainnya.

Sabtu, 06/10/2018 14:30 0

Info Event

Ayo Ikutan!!! Dauroh Kader Bersama Mahasiswa Pencinta Islam Jakarta

Mahasiswa Pencinta Islam (MPI) adalah organisasi dakwah dan pergerakan mahasiswa yang didirikan dalam rangka berpartisipasi dalam upaya penegakan Islam bersama elemen umat lainnya, sesuai kompetensi mahasiswa. 

Sabtu, 06/10/2018 14:17 0

Indonesia

Youth Islamic Festival 2018 Resmi Dibuka

Youth Islamic Festival 2018 berlangsung di Masjid Istiqlal Jakarta pada 6-7 Oktober 2018

Sabtu, 06/10/2018 13:45 0

Artikel

Tiga Pelajaran Dari Bencana Alam

Bencana alam adalah tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah, yang merupakan ujian bagi orang beriman atau adzab bagi orang-orang yang ingkar

Sabtu, 06/10/2018 12:48 0

Indonesia

Antisipasi Krisis Pangan, Onecare Dirikan Sejumlah Dapur Umum

Dapur umum dibentuk untuk mencukupi kebutuhan makan dan minum minimal 50 pengungsi, dengan satu pengelola di dalamnya.

Sabtu, 06/10/2018 12:02 0

Indonesia

Fadli Zon: Dana Pertemuan IMF-WB Lebih Baik Disalurkan ke Korban Bencana Sulteng

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menegaskan bahwa pertemuan IMF-World Bank atau International Monetary Fund and the World Bank (IMF-WB) Annual Meetings (AM) tidak memberi dampak pada penguatan rupiah.

Sabtu, 06/10/2018 11:24 0

Indonesia

Rupiah Melemah, Sejumlah Kebijakan Pemerintah Dinilai Blunder

Rupiah Melemah, Sejumlah Kebijakan Pemerintah Dinilai Blunder

Sabtu, 06/10/2018 10:44 0

Close