... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Antisipasi Krisis Pangan, Onecare Dirikan Sejumlah Dapur Umum

Foto: Salah satu tenda dapur umum Onecare

KIBLAT.NET, Palu — Korban gempa Palu yang minim bantuan menjadi salah satu perhatian lembaga kemanusiaan Onecare. Banyak dari mereka yang mengungsi di daerah lebih tinggi setelah rumah mereka di Desa Petobo rata dengan tanah. Seperti Irmawani Ilyas Panderitu dan sejumlah kerabatnya yang masih tersisa.

Ia kini tinggal di sebuah rumah orang tua di desa Loru, Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi. Di sekitar rumah yang ditempati, bertebaran tenda-tenda pengungsi lainnya. Dengan menahan isak tangis, ibu Irmawani menuturkan kalau 23 kerabatnya hilang digulung gelombang lumpur.

Irnawani bersama relawan Onecare

“Saya gak sanggup lagi cerita. Kalau teringat kejadian itu…” ucapnya yang berlanjut deraian air mata. Tangannya sesekali mengusap kedua matanya yang sembab memerah.

Ketika ditanya relawan Onecare soal bantuan yang masuk, Irmawani menjawab belum banyak yang diterima pengungsi sekitar. Melihat itu, relawan menawarkan untuk dibuatkan Dapur Umum di lokasi tersebut.

Dapur umum dibentuk untuk mencukupi kebutuhan makan dan minum minimal 50 pengungsi, dengan satu pengelola di dalamnya. Pengelola bertanggung jawab memasak makanan untuk kebutuhan para pengungsi.

Salah satu lokasi yang akan didirikan dapur umum Onecare

“Kita bentuk Dapur Umum untuk mencukupi kebutuhan makan pengungsi. Kalau beras 10 kilo kita bagi-bagikan langsung, tidak akan mencukupi. Kalau dimasak lalu dibagikan, insya Allah cukup,” kata Budi, salah seorang relawan Onecare.

BACA JUGA  Datangi Kejagung, LBH PASTI Minta Proyek Kartu Prakerja Diusut

Hingga saat ini, terdapat lima Dapur Umum yang dibangun Onecare hingga sepekan pasca gempa disusul tsunami di Palu, Jumat 28 September 2018. Yaitu dua tempat di Sigi Biromaru tempat pengungsi Petobo, dua tempat di kecamatan Mantikolore dan di Ngata Baru Kabupaten Sigi.

Budi menambahkan, dapur umum akan terus ditambah untuk mencukupi kebutuhan pengungsi.

Reporter: Bashirudin
Editor: Hamdan


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Efektivitas Operasi Al Khandaq Taliban Lemahkan Rezim Kabul dan Pasukan Asing

Efektivitas Operasi Al Khandaq Taliban Lemahkan Rezim Kabul dan Pasukan Asing

Sabtu, 06/10/2018 11:10 0

Palestina

Dua Warga Palestina Gugur di Aksi “Great Return March” ke 28

KIBLAT.NET, Gaza – Aksi “Great Return March” (Masirah Al-Audah Al-Kubra) yang dilakukan oleh rakyat Palestina...

Sabtu, 06/10/2018 10:26 0

Irak

Cicipi Air Minum Provinsi Basra, Dubes UE untuk Iraq Keracunan

Ia melihat proyek pembangunan layanan listrik dan air minum.

Jum'at, 05/10/2018 13:34 0

Suriah

Pasukan Suriah dan Rusia Jamin Keamanan Israel di Perbatasan

"Situasi di wilayah perbatasan Suriah dekat Israel tenang," kata Varshenin kepada kantor berita Rusia Sputnik pada Kamis (04/10).

Jum'at, 05/10/2018 08:56 0

Turki

Erdogan: Kami Tak Akan Tinggalkan Suriah Sampai Pemilu Digelar

"Ketika rakyat Suriah menggelar pemilu, kami akan menyerahkan Suriah kepada pemiliknya setelah mereka mengadakan pemilihan," kata Erdogan di sebuah forum di Istanbul, seperti dilansir dari Reuters.

Jum'at, 05/10/2018 07:39 0

Suriah

Israel Mobilisasi Pasukan di Perbatasan Jalur Gaza

"Tentara Israel siap untuk berbagai skenario dan menuduh Hamas bertanggung jawab atas semua yang terjadi di dalam dan di luar Jalur Gaza," katanya.

Jum'at, 05/10/2018 07:13 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Cara Orang Mukmin Menghadapi Musibah Gempa

Dan hari ini, kita bisa menyaksikan betapa dahsyatnya musibah yang Allah turunkan terhadap saudara-saudara kita di belahan negeri. Di saat rehabilitas pasca gempa Lombok belum selesai, Allah Ta’ala kembali menurunkan gempa yang disusul tsunami di Palu, Donggala, Sulawesi Tengah. Entah berapa jumlah korban yang meninggal dalam bencana itu. Mungkin mencapai ribuan nyawa lenyap ditelan bumi.

Kamis, 04/10/2018 19:13 2

Tazkiyah

Perbanyaklah Amalan Ini Ketika Gempa Terjadi

Belum usai duka negeri karena gempa yang terjadi di pulau Lombok, gempa kembali mengguncang kota Donggala dan Palu. Rumah dan gedung runtuh, tanah dan jalan merekah, korban-korban berjatuhan. Bapak kehilangan anak, istri-istri menjadi janda, anak-anak menjadi yatim. Belum lagi bahan makanan yang semakin langka, air bersih semakin sulit, sehingga mengundang berbagai penyakit.

Kamis, 04/10/2018 19:00 0

Video News

5 Gempa Terbesar Di Sulawesi

KIBLAT.NET- Masyarakat Indonesia kembali berduka untuk Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Tepatnya pada Jumat 28...

Kamis, 04/10/2018 17:40 0

Info Event

Youth Islamic Festival Segera Digelar di Masjid Istiqlal

Youth Islamic Festival Segera Digelar di Masjid Istiqlal

Kamis, 04/10/2018 14:29 0

Close