... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Cicipi Air Minum Provinsi Basra, Dubes UE untuk Iraq Keracunan

KIBLAT.NET, Basra – Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk Irak, Ramón Belkwa, Kamis (04/10), keracunan saat meminum air yang tercemar di provinsi Basra, Iraq. Belkwa ke Basra dalam rangka melihat proyek-proyek dalam sektro layanan publik di provinsi itu.

Menurut sumber pemerintah Iraq, seperti dilansir Anadolu Agency, Belkwa tiba di Basra pada Rabu (03/10) kemarin. Ia melihat proyek pembangunan layanan listrik dan air minum.

Sumber yang meminta namanya tidak disebutkan itu menjelaskan, Belkwa keracunan setelah mencoba meminum air yang tercemar di provinsi Basra. Ia kemudian dilarikan ke hotel tempatnya menginap di pusat kota untuk mendapat pertolongan, di bawah pengawasan staf medis.

“Duta Besar hari ini (Kamis) dijadwalkan menggelar kunjungan lapangan untuk memeriksa sejumlah proyek layanan di provinsi Basra, yang perlu direhabilitasi dan dipelihara dengan dukungan Uni Eropa,” jelas sumber tersebut.

Sumber itu tidak menunjukkan situasi kesehatan duta besar saat ini, juga tidak ada pernyataan resmi tentang insiden tersebut dari pemerintah Iraq atau Uni Eropa.

Komisi Tinggi Independen untuk Hak Asasi Manusia (sebuah lembaga resmi yang terkait dengan parlemen), akhir bulan lalu, mencatat 70 ribu kasus keracunan karena mengonsumsi air yang terkontaminasi dalam beberapa pekan terakhir.

Basra sangat bergantung pada air sungai Shatt al-Arab. Air sungai tersebut diolah menjadi layak konsumsi oleh perusahaan-perusahaan yang ada. Akan tetapi, persentase kandungan garam di sungai itu sangat tinggi melebihi batas yang diizinkan, sebagaimana standar Orgasniasi Kesehatan Dunia.

BACA JUGA  Massa Bakar Gedung Konsulat Iran di Najaf, Irak

Basra menyaksikan aksi protes rakyat sejak 9 Juli lalu. Protes itu menyusul buruknya layanan publik padahal menjadi salah satu provinsi penghasil minyak. Mayoritas warga Basra menganut ajaran Syiah.

Sumber: Anadolu Agency
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Gunung Agung Bali Berstatus Siaga Jelang Pertemuan IMF-Bank Dunia

Gunung Agung Bali Berstatus Siaga Jelang Pertemuan IMF-Bank Dunia

Jum'at, 05/10/2018 11:47 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Cara Orang Mukmin Menghadapi Musibah Gempa

Dan hari ini, kita bisa menyaksikan betapa dahsyatnya musibah yang Allah turunkan terhadap saudara-saudara kita di belahan negeri. Di saat rehabilitas pasca gempa Lombok belum selesai, Allah Ta’ala kembali menurunkan gempa yang disusul tsunami di Palu, Donggala, Sulawesi Tengah. Entah berapa jumlah korban yang meninggal dalam bencana itu. Mungkin mencapai ribuan nyawa lenyap ditelan bumi.

Kamis, 04/10/2018 19:13 1

Tazkiyah

Perbanyaklah Amalan Ini Ketika Gempa Terjadi

Belum usai duka negeri karena gempa yang terjadi di pulau Lombok, gempa kembali mengguncang kota Donggala dan Palu. Rumah dan gedung runtuh, tanah dan jalan merekah, korban-korban berjatuhan. Bapak kehilangan anak, istri-istri menjadi janda, anak-anak menjadi yatim. Belum lagi bahan makanan yang semakin langka, air bersih semakin sulit, sehingga mengundang berbagai penyakit.

Kamis, 04/10/2018 19:00 0

Indonesia

Polisi Sebut Ratna Sarumpaet Tak Akan Ditetapkan Tersangka

Menurutnya, Ratna tidak akan ditetapkan sebagai tersangka atas perbuatannya.

Kamis, 04/10/2018 18:56 0

Indonesia

BBM Masih Langka, Warga Palu Tak Dapat Bensin Meski Antre dari Pagi Sampai Sore

BBM Masih Langka, Warga Palu Tak Dapat Bensin Meski Antre dari Pagi Sampai Sore

Kamis, 04/10/2018 17:58 0

Video News

5 Gempa Terbesar Di Sulawesi

KIBLAT.NET- Masyarakat Indonesia kembali berduka untuk Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Tepatnya pada Jumat 28...

Kamis, 04/10/2018 17:40 0

Indonesia

Pemerintah Belum Maksimal Tangani Korban Gempa di Donggala

Pemerintah Belum Maksimal Tangani Korban Gempa di Donggala

Kamis, 04/10/2018 17:36 0

Info Event

Youth Islamic Festival Segera Digelar di Masjid Istiqlal

Youth Islamic Festival Segera Digelar di Masjid Istiqlal

Kamis, 04/10/2018 14:29 0

Indonesia

Anak Istri Selamat, Tapi Adiknya yang Hafal 30 Juz Lenyap

Gempa Palu beruntun yang mengguncang beberapa waktu lalu menorehkan kesedihan bagi korban. Termasuk yang dialami Idham, yang belum lama kembali dari Lombok menjadi relawan.

Kamis, 04/10/2018 13:51 0

Artikel

Kisah Bung Karno Tertipu Raja Idrus dan Ratu Markonah

Ratu Markonah dan Raja Idroes berdandan sangat mewah dan berpenampilan sangat meyakinkan. Ratu Markonah mengenakan kaca mata hitam yang tak pernah dilepasnya. Konon kaca mata ini untuk menutupi luka pada salah satu bola matanya.

Kamis, 04/10/2018 12:34 0

Close