... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Perbatasan Kenya Jadi Arena Serangan Al-Shabaab Somalia

Foto: Al-Shabab di Somalia

KIBLAT.NET, Mogadishu – Gerakan Al-Shabaab Al-Mujahidin Somalia, Rabu (03/10), menggempur pangkalan militer di kota Lamu, di timur laut Kenya yang berbatasan dengan Somalia, dengan sejumlah mortar. Kenya menjadi sasaran serangan sengit Al-Shabaab sejak Negara itu turut menerjunkan pasukan di barisan militer Uni Afrika di Somalia.

Portal Somalia, Al-Araby Al-Jadid, melaporkan bahwa mortar-mortar yang ditembakkan Al-Shabaab menghantam pangkalan militer Kenya di Lamu. Belum diketahui kerugian materil dan non materil akibat serangan itu.

Kota Lamu,yang merupakan ibukota Negara bagian Lamu, menjadi arena serangan Al-Shabaab yang menyebabkan tewasnya sejumlah tentara dan keamanan Kenya. Pada 8 Agustus lalu, sedikitnya enam tentara Kenya tewas dan lima lainnya luka-luka ketika mobil yang mereka tumpangi menginjak ranjau Al-Shabaab. Tiga pekan kemudian, tepatnya 29 Agustus, lima tentara Kenya tewas dan 10 luka-luka akibat serangan serupa.

Pada 6 September, pihak berwenang Kenya juga mengumumkan penangkapan dua anggota Al-Shabaab di kota Garcia di timur laut.

Media Kenya mengutip sumber keamanan di Garcia mengatakan bahwa mereka menemukan dua pria memegang $34.000 dan kamera yang bisa merekam di kegelapan.

Pada 11 Juli, militan al-Shabaab menargetkan pos keamanan di dalam perbatasan Kenya.

Kepala Kepolisian Kenya, Joshua Chibcheng, mengatakan kepada media setempat bahwa serangan itu menargetkan pos polisi di desa Amei di kota perbatasan Liboi.

Chibcheng mengatakan bahwa sekitar 20 gerilyawan Al-Shabaab mengambil bagian dalam serangan itu, yang berhasil dihalau polisi Kenya.

BACA JUGA  Junta Militer dan Oposisi Sipil Sudan Bentuk Dewan Kedaulatan

Pada tanggal 17 Juni, delapan petugas polisi Kenya tewas akibat ledakan bom saat melewati jalan di daerah dan membayar timur laut Kenya, dekat perbatasan dengan Somalia. Kantor berita AFP mengatakan bahwa Al-Shabaab bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Pada tanggal 6 Juni, sumber Kenya juga mengumumkan bahwa lima polisi tewas dalam serangan bom saat berpatroli di timur negara itu, yang berbatasan dengan Somalia.

Pada tanggal 8 Mei, sembilan tentara Kenya dari pasukan penjaga perdamaian Afrika di Somalia juga tewas dalam serangan Al-Shabaab di perbatasan. Serangkaian insiden tersebut menjadi pukulan menyakitkan bagi Kenya yang ikut campur di Somalia.

Wakil parlemen Kenya, Omar Mullen, 10 Juli 2018, menyerukan menarik pasukannya dari Somalia, setelah kegagalan Misi Uni Afrika di Mogadishu untuk mengalahkan Al-Shabaab.

Saat itu, Mullen mengatakan dalam sebuah pidato di depan parlemen Kenya, operasi yang diikuti pasukan Kenya bersama Uni Afrika di Somalia, yang telah mamasuki tahun ke-7, gagal.

“Serangan oleh militant Al-Shabaab di wilayah Kenya meningkat, menekankan perlunya memulangkan pasukan Kenya ke peran mereka dalam melindungi keamanan perbatasan Kenya,” kata Mullen.

Malen sendiri wakil dari kota Mandira di perbatasan dengan Somalia, yang sering terkena serangan oleh Al-Shabaab.

Sumber: albawabhnews.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Analisis

Ratna Sarumpaet, Operasi Plastik atau Operasi Intelijen?

Hingga pada babak ini, Ratna Sarumpaet tampak melakukan lakonnya dengan apik. Kubu Prabowo memanfaatkan isu penganiayaan ini untuk dieksploitasi di media sosial. Ramai-ramai publik diajak untuk menyerang pemerintah.

Kamis, 04/10/2018 03:06 15

Artikel

Kebohongan dalam Pusaran Politik

Tak perlu canggih, kebohongan kadang dalam bentuknya yang dangkal. Presiden Soekarno misalnya, pernah terperdaya oleh dua orang rakyat jelata.

Kamis, 04/10/2018 00:24 0

Video News

Kiblat Review: Asyura & Syiah di Indonesia

KIBLAT.NET- Hari Asyura adalah hari kesepuluh Muharram dalam penanggalan Hijriah. Kaum Muslimin disunahkan puasa sebagai...

Rabu, 03/10/2018 17:24 0

Indonesia

Badan Geologi Kementrian ESDM Dalami Peristiwa Likuifaksi di Palu

Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral, telah mengirim tim pemetaan khusus ke wilayah bencana di Sulawesi tengah.

Rabu, 03/10/2018 15:38 0

Indonesia

Kemensos Klaim Habiskan 70 Milyar untuk Logistik Korban Bencana Sulteng

ementerian Sosial (Kemensos) berupaya memenuhi kebutuhan dan pelayanan dasar bagi para pengungsi yang terdampak gempa di wilayah Sulawesi Tengah

Rabu, 03/10/2018 14:00 0

Indonesia

Sistem Telekomunikasi di Sulawesi Tengah Pulih 49%

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama para operator sudah memulihkan 49% sistem telekomunikasi di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng).

Rabu, 03/10/2018 13:22 0

Indonesia

Polri Kirim Ribuan Personel ke Lokasi Bencana Sulteng

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan bahwa ada 2.430 personel polri yang siap diterjunkan ke lokasi bencana bencana Sulawesi Tengah (Sulsel).

Rabu, 03/10/2018 13:03 0

Indonesia

Keluarga Korban Jiwa Gempa Sulteng Akan Dapat Santunan Rp15 Juta

KIBLAT.NET, Jakarta – Proses identifikasi korban jiwa menjadi proses penting dalam penanggulangan bencana gempa di...

Rabu, 03/10/2018 12:59 0

Indonesia

Sebut Relawan FPI ke Sulteng Hoaks, Kemkominfo Dianggap Lakukan Distorsi Informasi

KH. Ahmad Sobri Lubis menegaskan bahwa pembelokan informasi yang dilakukan oleh Kemkominfo.

Rabu, 03/10/2018 12:34 0

Indonesia

Tangan Kosong, Cerita Relawan Onecare Evakuasi Jenazah

Terdapat 142 mayat korban gempa Palu yang berhasil dievakuasi yang dilakukan di pegudangan Mamburo ke Talise.

Rabu, 03/10/2018 11:40 0

Close