... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Lagi, Konvoi Puluhan Kendaraan Militer Turki Masuki Idlib

Foto: Konvoi Militer Turki menuju perbatasan Suriah beberapa bulan lalu/ilustrasi

KIBLAT.NET, Idlib – Konvoi militer Turki kembali terlihat memasuki wilayah kendali faksi-faksi oposisi di Suriah utara pada Selasa malam (02/10). Kantor berita AFP, Rabu (03/10), mengatakan bahwa penambahan kekuatan militer Turki ini bertepatan dengan hitungan mundur pembentukan zona demiliterisasi di Idlib, sebagaimana yang disepakati Turki-Rusia.

Konvoi itu berjumlah 40 kendaraan lebih. Kebanyakan kendaraan lapis baja pengangkut personel, truk, dan minibus. Iring-iringan kendaraan militer itu masuk ke Suriah melintasi jalan Damaskus-Aleppo. Kendaraan-kendaraan ini menuju ke pos-pos pengawas Turki di Idlib.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) menambahkan bahwa tambahan pasukan Turki itu menuju pos-pos mereka di Jisr Al-Shoghour di pedesaan Idlib.

Turki mendirikan sediktinya 12 pos pengawas di Idlib dan sekitarnya. Pos-pos itu didirikan berdasar kesepakatan Konferensi Astana, yang mempertemukan Turki di kubu pendukung oposisi dan Rusia serta Iran di kubu pendukung rezim Assad.

Belum ada komentar terbaru dari Turki mengenai pengiriman bala bantuan ke Suriah ini. Perlu diketahui, ini merupakan penambahan kekuatan kedua oleh Turki sejak Ankara dan Moskow menandatangani kesepakatan baru terkait Idlib.

Poin penting dalam perjanjian terbaru itu, membentuk zona demiliterisasi di garis kontak wilayah oposisi dan rezim. Zona itu harus berhasil dari keberadaan pejuang jihadis dan senjata berat.

Faksi-faksi dukungan Turki, yang merupakan kutub kedua gerakan yang mengontrol Idlib, menyatakan setuju dengan kesepakatan Turki-Rusia itu. Akan tetapi, mereka menolak poin penarikan senjata berat dari titik kontak dengan rezim dan kehadiran militer Rusia di zona demiliterisasi.

BACA JUGA  Rudal Jet Suriah Hantam Pasar di Wilayah Oposisi, Belasan Sipil Tewas

Sementara itu, Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) yang merupakan faksi jihadis paling banyak mengontrol Idlib belum mengeluarkan sikapnya terkait kesepakatan Idlib.

Sebelumnya, rezim Suriah mengatakan bahwa kesepakatan Idlib merupakan langkah awal merebut provinsi tersebut. Pernyataan ini membuat oposisi lebih waspada terkait kesepakatan di wilayah mereka.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Analisis

Ratna Sarumpaet, Operasi Plastik atau Operasi Intelijen?

Hingga pada babak ini, Ratna Sarumpaet tampak melakukan lakonnya dengan apik. Kubu Prabowo memanfaatkan isu penganiayaan ini untuk dieksploitasi di media sosial. Ramai-ramai publik diajak untuk menyerang pemerintah.

Kamis, 04/10/2018 03:06 15

Artikel

Kebohongan dalam Pusaran Politik

Tak perlu canggih, kebohongan kadang dalam bentuknya yang dangkal. Presiden Soekarno misalnya, pernah terperdaya oleh dua orang rakyat jelata.

Kamis, 04/10/2018 00:24 0

Video News

Kiblat Review: Asyura & Syiah di Indonesia

KIBLAT.NET- Hari Asyura adalah hari kesepuluh Muharram dalam penanggalan Hijriah. Kaum Muslimin disunahkan puasa sebagai...

Rabu, 03/10/2018 17:24 0

Indonesia

Badan Geologi Kementrian ESDM Dalami Peristiwa Likuifaksi di Palu

Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral, telah mengirim tim pemetaan khusus ke wilayah bencana di Sulawesi tengah.

Rabu, 03/10/2018 15:38 0

Indonesia

Kemensos Klaim Habiskan 70 Milyar untuk Logistik Korban Bencana Sulteng

ementerian Sosial (Kemensos) berupaya memenuhi kebutuhan dan pelayanan dasar bagi para pengungsi yang terdampak gempa di wilayah Sulawesi Tengah

Rabu, 03/10/2018 14:00 0

Indonesia

Sistem Telekomunikasi di Sulawesi Tengah Pulih 49%

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama para operator sudah memulihkan 49% sistem telekomunikasi di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng).

Rabu, 03/10/2018 13:22 0

Indonesia

Polri Kirim Ribuan Personel ke Lokasi Bencana Sulteng

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan bahwa ada 2.430 personel polri yang siap diterjunkan ke lokasi bencana bencana Sulawesi Tengah (Sulsel).

Rabu, 03/10/2018 13:03 0

Indonesia

Keluarga Korban Jiwa Gempa Sulteng Akan Dapat Santunan Rp15 Juta

KIBLAT.NET, Jakarta – Proses identifikasi korban jiwa menjadi proses penting dalam penanggulangan bencana gempa di...

Rabu, 03/10/2018 12:59 0

Indonesia

Sebut Relawan FPI ke Sulteng Hoaks, Kemkominfo Dianggap Lakukan Distorsi Informasi

KH. Ahmad Sobri Lubis menegaskan bahwa pembelokan informasi yang dilakukan oleh Kemkominfo.

Rabu, 03/10/2018 12:34 0

Indonesia

Tangan Kosong, Cerita Relawan Onecare Evakuasi Jenazah

Terdapat 142 mayat korban gempa Palu yang berhasil dievakuasi yang dilakukan di pegudangan Mamburo ke Talise.

Rabu, 03/10/2018 11:40 0

Close