Taliban Tegaskan Lawan AS dan ISIS di Afghanistan

KIBLAT.NET, Kabul- Imarah Islam Afghanistan (Taliban) mengumumkan bahwa telah melakukan serangan terhadap basis ISIS di Wazir Tangi, Khowgyani, provinsi Nangarhar. Taliban mengaku telah memukul mundur ISIS dari wilayah tersebut.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mengungkapkan bahwa serangan dilakukan selama beberapa hari. Namun saat operasi berlangsung, pesawat tanpa awak milik Amerika Serikat justru menyerang basis Taliban, mengakibatkan korban sebanyak 20 orang anggota Taliban.

“Di bawah bombardir Amerika, Taliban telah mempertahankan wilayah yang telah direbut lalu melanjutkan operasi melawan Daesh,” ungkap Zabihullah, Rabu (03/10/2018) mengutip laman Taliban, Alemarah.

Menurut penjelasan Zabihullah, kejadian seperti itu bukan yang pertama kali. Sebelumnya, ketika Taliban melakukan serangan ke basis ISIS di wilayah timur Afghanistan, Amerika Serikat muncul dan membombardir posisi Taliban. Zabihullah curiga bahwa Amerika Serikat bekerja sama dengan ISIS di Afghanistan.

“(Kami) menegaskan bahwa penjajah Amerika berdiri di belakang kejahatan Daesh,” jelasnya.

Curiga itu muncul setelah saat Taliban gagal merebut daerah Qush Tepa, provinsi Jowzjan dari ISIS. Tapi kata Zabihullah, operasi terpaksa berhenti karena pesawat tanpa awak milik AS muncul dan menyerang posisi Taliban.

“Melihat kekalahan Daesh, para penjajah Amerika, yang selalu mendukung Daesh berusaha mencegah Taliban mengambil tindakan efektif terhadap mereka,” paparnya.

Sumber: Alemarah
Redaktur: Syafei Irman

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat