... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kemensos Klaim Habiskan 70 Milyar untuk Logistik Korban Bencana Sulteng

KIBLAT.NET, Jakarta – Kementerian Sosial (Kemensos) berupaya memenuhi kebutuhan dan pelayanan dasar bagi para pengungsi yang terdampak gempa di wilayah Sulawesi Tengah. Hal ini diungkapkan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kesejahteraan Sosial Kemensos, Syahabuddin.

Syahabuddin menjelaskan, adapun kebutuhan dan pelayanan dasar yang terus disiapkan adalah dapur umum, logistik, dan dukungan psikososial.

“Dapur umum minimal ada 9 yang terletak di mana-mana. Satu dapur umum dalam 1 jam bisa memasak 500 bungkus nasi. Anak-anak Tagana (Taruna Siaga Bencana) juga sudah dalam kondisi siap,” ujarnya.

Syahabuddin melanjutkan, dapur umum tersebut dilengkapi beras dan makanan siap saji, sehingga bisa langsung disebar kepada para pengungsi. Menurutnya, yang menjadi permasalahan saat ini dalam pendistribusian logistik adalah transportasi dan komunikasi, dan hal tersebut masih terus diupayakan oleh Pemerintah.

“Sampai sekarang bantuan dari kami dari segi permakanan sudah (menghabiskan) 70 miliar sekian. Tadi mau terbang makanan 1 ton dari Makassar. Di samping itu juga ada 20-25 ton dari Halim (Jakarta) yang akan dikirim sesegera mungkin,” ungkapnya.

Sementara terkait dukungan psikososial, Syahabuddin mengaku pihaknya telah mengerahkan ratusan personel Tagana dan juga dari beberapa stakeholder yang disebar ke beberapa titik pengungsian untuk memberikan penyuluhan dan dukungan psikososial, khususnya bagi anak-anak dan orang tua yang mengalami stres dan depresi.

Syahabuddin mengaku, yang saat ini dikhawatirkan pihaknya adalah terjadinya bencana sosial karena tidak meratanya penyebaran bantuan.

BACA JUGA  Fahri Hamzah Optimis Ekonomi Domestik Penyelamat di Tengah Ancaman Resesi

“Oleh karena itu, Kemensos memaksimalkan untuk permakananan dan layanan psikososial, tim tagana, tim rehabilitasi sosialnya. Saat ini sampai 11 oktober sudah dinyatakan tanggap darurat, sehingga Kemensos wajib bantu,” tandasnya.

Reporter: Qoid
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

JWT Tolak Kehadiran Militer Rusia di Zona Demiliterisasi Idlib

“Sikap terakhir, (Turki) tidak akan mengizinkan militer Rusia masuk,” ungkapnya.

Rabu, 03/10/2018 09:36 0

Suriah

Menlu Suriah: Perjanjian Rusia-Turki Langkah Awal Merebut Idlib

Ia menambahkan, tahap pertama dimulai dengan penyerahan senjata berat dan menengah oleh faksi oposisi sebelum akhir tahun ini.

Rabu, 03/10/2018 08:22 0

Info Event

Dihadiri Bupati KLU, Rela Baik Serahkan 55 Hunian Untuk Warga Lombok

KIBLAT.NET – Relawan RELA BAIK menyerahkan 55 rumah sebagai Hunian Sementara (Huntara) untuk korban gempa...

Rabu, 03/10/2018 07:38 1

Palestina

Drone Militer Israel Jatuh di Jalur Gaza

Sejak Januari 2017, Skylarks setidaknya delapan kali jatuh, termasuk insiden terakhir. Sebagian jatuh tanpa diketahui sebabnya sebagian ditembak.

Rabu, 03/10/2018 07:12 0

Amerika

AS Gelontorkan $38 Miliar untuk Perkuat Keamanan Penjajah Israel

"Menurut kesepakatan yang dicapai pada tahun 2016, Washington akan terus menyediakan jumlah tersebut kepada Israel, untuk memperkuat keamanan dan kemampuan militer modern, dan memperkuat hubungan bilateral antara Washington dan Tel Aviv," katanya.

Rabu, 03/10/2018 06:27 0

Artikel

Berkaca dari Chili, Mengukur Usaha Indonesia Menekan Jumlah Korban Gempa

Berkaca dari Chili, Mengukur Usaha Indonesia Menekan Jumlah Korban Gempa

Selasa, 02/10/2018 21:15 0

Prancis

Turki dan AS Gelar Latihan Gabungan untuk Patroli di Manbij, Suriah

"Latihan bersama sedang berlangsung dan kami harus menunggu apa yang akan terjadi selanjutnya," kata Menteri Pertahanan AS, Jim Matisse, kepada sekelompok kecil wartawan yang menemaninya selama kunjungannya ke Paris pada Senin (01/10).

Selasa, 02/10/2018 08:20 0

Suriah

Faylaq Al-Syam Bantah Tarik Senjata Berat dari Zona Demiliterisasi

“Apa yang disebutkan lembaga pengawas HAM Suriah (SOHR) bohong, fitnah dan tidak benar sama sekali,” kata salah satu komandan Faylaq, Umar Hudzaifah, kepada Reuters.

Selasa, 02/10/2018 07:06 0

Afrika

Al-Shabaab Serang Konvoi Militer Italia di Pusat Ibukota Mogadishu

Gerakan Al-Shabaab menyatakan bertanggung jawab atas serangan itu.

Selasa, 02/10/2018 06:30 0

Arab Saudi

Pengarang ‘Hisnul Muslim’, Syaikh Sa’id Al-Qahthani Meninggal Dunia

Pemakaman akan dilaksanakan di kuburan umum Naseem.

Senin, 01/10/2018 19:56 0

Close