... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gunung Soputan di Sulawesi Utara Meletus, BNPB Umumkan Status Siaga

Foto: Gunung Soputan meletus, Rabu, (03-10-2018) pagi

KIBLAT.NET, Minahasa – Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara meletus pada Rabu, (03/10/2018) pukul 08.47 WITA. Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Menurut rilisnya, Pos Pengamatan Gunung Soputan PVMBG melaporkan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 m di atas permukaan laut.

“Kolom abu dengan tekanan kuat teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 39 mm dan durasi sekitar 6 menit,” ungkap Sutopo, Rabu (3/10/2018) pagi.

Ia menyebut bahwa hujan abu vulkanik diperkirakann jatuh di daerah di barat-barat laut Gunung Soputan dengan status VONA (Volcano Observatory Notice of Aviation) Orange, yang berarti tidak mengganggu penerbangan. Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado tetap beroperasi normal. Posisi bandara berada di Tenggara dari Gunung Soputan.

Saat ini, BPBD masih melakukan pemantauan dan belum ada laporan dampak letusan Gunung Soputan, pun begitu, BPBD sudah membagikan masker kepada masyarakat.

“Saat ini Gunung Soputan berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat agar tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak Gunung Soputan dan di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya sejauh 6,5 km dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas,” ungkapnya.

BACA JUGA  Nasir Djamil: Status Darurat Sipil Tunjukkan Pemerintah Gagap Tangani Corona

Sutopo juga menganjurkan masyarakat di sekitar Gunung Soputan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.

Masyarakat juga diminta waspada terhadap potensi ancaman aliran lahar yang dapat terjadi setelah terjadinya erupsi yaitu dimana material erupsi terbawa oleh air, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti di antaranya Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Ikuti semua rekomendasi PVMBG. Pos pengamatan Gunung Soputan terus memantau aktivitas vulkanik. Masyarakat belum perlu mengungsi karena masih aman. Di dalam radius 4 km tidak ada permukiman. Jadi masih aman,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

JWT Tolak Kehadiran Militer Rusia di Zona Demiliterisasi Idlib

“Sikap terakhir, (Turki) tidak akan mengizinkan militer Rusia masuk,” ungkapnya.

Rabu, 03/10/2018 09:36 0

Suriah

Menlu Suriah: Perjanjian Rusia-Turki Langkah Awal Merebut Idlib

Ia menambahkan, tahap pertama dimulai dengan penyerahan senjata berat dan menengah oleh faksi oposisi sebelum akhir tahun ini.

Rabu, 03/10/2018 08:22 0

Info Event

Dihadiri Bupati KLU, Rela Baik Serahkan 55 Hunian Untuk Warga Lombok

KIBLAT.NET – Relawan RELA BAIK menyerahkan 55 rumah sebagai Hunian Sementara (Huntara) untuk korban gempa...

Rabu, 03/10/2018 07:38 1

Palestina

Drone Militer Israel Jatuh di Jalur Gaza

Sejak Januari 2017, Skylarks setidaknya delapan kali jatuh, termasuk insiden terakhir. Sebagian jatuh tanpa diketahui sebabnya sebagian ditembak.

Rabu, 03/10/2018 07:12 0

Amerika

AS Gelontorkan $38 Miliar untuk Perkuat Keamanan Penjajah Israel

"Menurut kesepakatan yang dicapai pada tahun 2016, Washington akan terus menyediakan jumlah tersebut kepada Israel, untuk memperkuat keamanan dan kemampuan militer modern, dan memperkuat hubungan bilateral antara Washington dan Tel Aviv," katanya.

Rabu, 03/10/2018 06:27 0

Artikel

Berkaca dari Chili, Mengukur Usaha Indonesia Menekan Jumlah Korban Gempa

Berkaca dari Chili, Mengukur Usaha Indonesia Menekan Jumlah Korban Gempa

Selasa, 02/10/2018 21:15 0

Prancis

Turki dan AS Gelar Latihan Gabungan untuk Patroli di Manbij, Suriah

"Latihan bersama sedang berlangsung dan kami harus menunggu apa yang akan terjadi selanjutnya," kata Menteri Pertahanan AS, Jim Matisse, kepada sekelompok kecil wartawan yang menemaninya selama kunjungannya ke Paris pada Senin (01/10).

Selasa, 02/10/2018 08:20 0

Suriah

Faylaq Al-Syam Bantah Tarik Senjata Berat dari Zona Demiliterisasi

“Apa yang disebutkan lembaga pengawas HAM Suriah (SOHR) bohong, fitnah dan tidak benar sama sekali,” kata salah satu komandan Faylaq, Umar Hudzaifah, kepada Reuters.

Selasa, 02/10/2018 07:06 0

Afrika

Al-Shabaab Serang Konvoi Militer Italia di Pusat Ibukota Mogadishu

Gerakan Al-Shabaab menyatakan bertanggung jawab atas serangan itu.

Selasa, 02/10/2018 06:30 0

Arab Saudi

Pengarang ‘Hisnul Muslim’, Syaikh Sa’id Al-Qahthani Meninggal Dunia

Pemakaman akan dilaksanakan di kuburan umum Naseem.

Senin, 01/10/2018 19:56 0

Close