... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Semua Jalur Ditempuh untuk Sampaikan Bantuan Ke Palu

Foto: Kerusakan yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah akibat gempa dan tsunami, Jumat (28/09/2018)

KIBLAT.NET, Makassar – Jalur darat menjadi alternatif lembaga kemanusiaan untuk menyalurkan bantuan dan relawan ke wilayah terdampak gempa-tsunami. Mayoritas akses dilakukan dari Makassar ataupun transit via udara ke Mamuju menuju Donggala-Palu, Sulawesi Tengah.

“Semua jalur dilewati, darat, udara. Dari Mamuju, Poso. Kami sudah dua gelombang,” kata Sulfiadi Barmali, Komandan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) untuk wilayah Sulawesi, Ambon, Irian Jaya.

Dia mengatakan telah memberangkatkan 4 orang tim dokter, 2 orang teknisi listrik, 2 orang bagian administrasi. Sementara tim rescue berangkat menggunakan kendaraan bermotor dari Luwu utara.

“Logistik (ke Palu) lewat darat, karena lewat udara sulit,” tandasnya.

Sulfiadi lalu mengungkapkan bahwa koordinasi anggota untuk membantu korban gempa berada di bawah arahannya. Mengingat banyak simpang-siur berita yang beredar. “Saya bilang ke teman-teman, tolong dengar instruksi dari kita,” katanya.

Sulfiadi menegaskan akan menyalurkan seluruh bantuan sebisa mungkin. Di Palu, para relawan BSMI pertama kali menyiapkan posko terlebih dahulu sebagai pusat koordinasi. Setelah itu membantu sesuai bidangnya masing-masing.

“Dokter menangani pasien di rumah sakit. Kita sampai safety dulu sebagai bagian SOP. Siapkan dulu posko yang standar, aman, tempat istirahat bagus, safety. Baru kita bantu orang,” ujarnya di depan gerbang Lanud Hasanuddin Makassar, Senin (01/10/2018).

“Sekarang fokus pembenahan posko, karena jadi jantung pergerakan,” tegas Sulfiadi.

Reporter: Bashirudin
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Fikih

Fikih Islam Memandang Pengeroyokan Suporter yang Berujung Kematian

Sepekan yang lalu publik Indonesia diramaikan dengan meninggalnya Harlingga Sirla. Dia meninggal karena di keroyok oleh sekelompok orang. Dalam fikih Islam, perkara seperti ini bukanlah perkara yang baru. Kasus serupa (Pembunuhan sekelompok orang terhadap satu orang) pernah terjadi pada masa khulafaur rasyidin. Lantas seperti apa pembahasan fikihnya?

Senin, 01/10/2018 09:42 0

Rusia

Rusia Umumkan 112 Tentaranya Tewas dalam Intervensi Tiga Tahun di Suriah

Hal ini disampaikan dalam keterangan pers yang digelar pada Ahad untuk memperingati tiga tahun intervensi militer ke Suriah.

Senin, 01/10/2018 09:11 1

Suriah

JWT Gelar Pertemuan dengan HTS

Ia menekankan tak ada pembicaraan secara khusus mengenai kesepakatan Idlib sama sekali. Pertemuan itu membahas penyelesaian perbedaan antara kedua pihak yang baru-baru ini terjadi.

Senin, 01/10/2018 08:23 0

China

Cina Ganti Nama Sungai Karena Diambil dari Islam

sungai yang selama ini dikenal dengan nama Sungai Ai, merujuk pada nama Aisyah salah satu istri Nabi Muhammad, kini diganti nama menjadi Sungai Danong.

Senin, 01/10/2018 07:42 1

Manhaj

Kesepakatan Idlib dan Pelucutan Senjata Mujahidin

Beberapa hari yang lalu, demiliterisasi kota Idlib, Suriah, yang disepakati oleh Turki dan Rusia menjadi perbincangan hangat di sejumlah media internasional. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan koleganya, Vladimir Putin, menyepakati skenario untuk masalah Idlib. Kedua kepala Negara sepakat membentuk zona aman di Idlib yang di dalamnya tak ada kelompok-kelompok pejuang yang mereka kategorikan “ekstremis”.

Ahad, 30/09/2018 19:49 0

Video News

Kiblat Review: Benarkah Habib Rizieq Dicekal ?

KIBLAT.NET – Habib Rizieq Shihab adalah ulama kharismatik yang disegani kawan maupun lawan. Kekuatan nya...

Ahad, 30/09/2018 12:37 0

Suriah

Tanggapan Syaikh Al-Muhaisini Pasca Kesepakatan Rusia dan Turki Terkait Idlib

Pasca perjanjian terakhir antara Rusia dan Turki terkait Idlib, syaikh Abdullah Al-Muhaisini, ulama Saudi yang berjihad di Suriah memberikan tanggapan dan nasehat kepada faksi-faksi jihad Suriah dalam menyikapi kesepakatan tersebut. Berikut terjemahan dari tanggapan Al-Muhaisini yang diungah di channel telegramnya.

Sabtu, 29/09/2018 19:30 0

News

Kerusakan Parah di Kota Palu Akibat Gempa Tsunami

Kerusakan Parah di Kota Palu Akibat Gempa Tsunami

Sabtu, 29/09/2018 17:32 0

Amerika

Bunga Utang Amerika Serikat Akan Kalahkan Anggaran Militer

Pengeluaran Amerika Untuk Bayar Bunga Utang akan Kalahkan Anggaran Militer

Sabtu, 29/09/2018 17:01 0

Tazkiyah

Ketika Raja Mesir Al-Muqauqis Bertemu Sahabat Berkulit Hitam Legam

Muqauqis berkata,"Bagaimanakah kalian bisa menerima orang hitam itu sebagai orang yang termulia? Bukankah seharusnya dia orang yang paling rendah?"

Sabtu, 29/09/2018 11:34 0

Close