Rusia Umumkan 112 Tentaranya Tewas dalam Intervensi Tiga Tahun di Suriah

KIBLAT.NET, Moskow – Kepala Komite Pertahanan dan Keamanan di Dewan Federasi Rusia, Viktor Bhundarev, mengumumkan bahwa jumlah militer Rusia yang tewas di Suriah mencapai 112 militer sejak peluncuran operasi di Negara tersebut.

Hal ini disampaikan dalam keterangan pers yang digelar pada Ahad untuk memperingati tiga tahun intervensi militer ke Suriah.

Bhundarev mengatakan kerugian personil di barisan pasukan negaranya di Suriah sebesar 112 tentara. Sekitar setengah dari mereka yang tewas akibat kecelakaan dan penargetan pesawat.

Dia menunjukkan Rusia juga kehilangan delapan pesawat, tujuh helikopter dan sejumlah kendaraan lapis baja.

Pada Maret lalu, helikopter pengangkut Rusia jatuh di pangkalan Humeimim di Lattakia karena alasan teknis. Dalam insiden itu sebanyak 39 tentara tewas.

Bulan lalu, sebuah pesawat berisi belasan tentara jatuh akibat kesalahan sistem pertahanan udara Suriah. Pesawat itu terkena rudal teman sendiri dan semua penumpangnya tewas.

Rusia meluncurkan serangan pertama ke Suriah pada 30 September 2015. Ini merupakan intervensi terbesar di Timur Tengah selama beberapa dekade.

Moskow mendukung rezim Assad dan milisi-milisi pendukung pemerintah Suriah. Kehadiran Moskow menyumbang banyak kemenangan militer Suriah.

Sumber: Anadolu Agency
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat