... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Cina Ganti Nama Sungai Karena Diambil dari Islam

Foto: Muslim di Cina

KIBLAT.NET, Beijing – Pihak berwenang Cina mengubah nama sebuah sungai mengandung kata Arab di wilayah Ningxia yang dihuni minoritas muslim etnis Hui. Hal itu bertujuan menghapus budaya keislaman di daerah itu.

Menurut majalah Newsweek, yang dilansir Al-Jazeera pada Ahad (30/10), sungai yang selama ini dikenal dengan nama Sungai Ai, merujuk pada nama Aisyah salah satu istri Nabi Muhammad, kini diganti nama menjadi Sungai Danong.

Danong adalah nama kuno dari ibukota Ningxia, sekarang disebut Yinchuan.

Para pejabat Cina mengatakan perubahan nama itu datang sesuai dengan undang-undang 2013 yang akan mengubah nama-nama tempat yang diambil dari bahasa asing ke dalam bahasa lokal.

Majalah itu mengutip seorang peneliti Cina yang kerap meneliti etnis Hui mengatakan bahwa mengubah nama sungai tersebut merupakan ketidaktahuan dan kebodohan. Karena nama Aisyah itu sebenarnya bukan dinisbatkan kepada nama nabi umat muslim tapi nama seorang wanita cantik dari etnis Hui. Ia menambahkan, pemerintah juga mulai menghapus 860 buku dari rak-rak perpustakaan setempat yang berbicara tentang sekte Hui.

Newsweek menyoroti bahwa keputusan-keputusan ini datang dalam kebijakan presiden Cina untuk mempelajari agama-agama dengan konsep budaya Beijing.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

One comment on “Cina Ganti Nama Sungai Karena Diambil dari Islam”

  1. Abah

    Cina/China adalah nama resmi suatu negara yang sudah diakui dunia internasional termasuk suatu kebanggaan bagi warga negaranya jika menyebut nama negaranya ; CINA/CHINA.
    Tapi kenapa media kita di Indonesia seperti koran, majalah, televisi, menyebutnya dengan ; TIONGKOK.
    Bahkan orang China yang ngga tau apa itu Tiongkok.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Laporan dari Palu: Bantuan Belum Tersalurkan Secara Merata

Bantuan untuk korban Gempa dan Tsunami yang ada di Wilayah Sulawesi Tengah di antaranya Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi belum tersalurkan secara merata kepada pengungsi. Utamanya, kepada warga yang berada di tenda-tenda pengungsian.

Senin, 01/10/2018 00:01 0

Indonesia

Bantuan Korban Tsunami Palu Terus Berdatangan di Posko Lantamal Makassar

Ratusan personel dari tim gabungan TNI dan relawan masyarakat bergotong royong menaikkan barang-barang bantuan untuk korban bencana alam di kota Palu, Sulawesi Tengah.

Ahad, 30/09/2018 23:45 0

Indonesia

Komunikasi Putus, Empat Mesin Genset Diantar ke Palu dan Donggala

Salah satu cabang pertamina di kota Makassar Sulawesi Selatan memberikan bantuan mesin genset pada korban gempa dan tsunami di Donggala dan kota Palu Sulawesi Selatan, Ahad, (30/9/18).

Ahad, 30/09/2018 23:27 0

Indonesia

Lanud Sultan Hasanudin Makasar Masih Ditutup, Penerbangan ke Palu Dibuka Besok Pagi

Akses bantuan dan relawan melalui Lanud Sultan Hassanudin Makassar malam ini Ahad (30/09/2018) ditutup. Kondisi ini diberlakukan mengingat dilakukan pembersihan area bandara.

Ahad, 30/09/2018 23:19 0

Indonesia

Sedang Mendaras Hafalan Quran, Seorang Hafizah Wafat Tertimpa Reruntuhan Bangunan

KIBLAT.NET, Makasar – Fauziyatul Khaeriyah, lulusan terbaik Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Dakwah wal Irsyad...

Ahad, 30/09/2018 22:56 2

Indonesia

Ingatkan Kekejaman PKI, Warga Solo Nobar Film G30S/PKI

Memperingati gerakan 30 September/Partau Komunis Indonesia (PKI), ratusan warga Solo raya mengadakan acara nonton bareng film G30S/PKI

Ahad, 30/09/2018 22:12 0

Indonesia

Dampak Gempa Sulteng: 823 Warga Meninggal, Belasan Ribu Mengungsi

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan bahwa jumlah korban meninggal akibat gempa bumi di Sulawesi Tengah sudah mencapai 832 orang.

Ahad, 30/09/2018 19:59 0

Manhaj

Kesepakatan Idlib dan Pelucutan Senjata Mujahidin

Beberapa hari yang lalu, demiliterisasi kota Idlib, Suriah, yang disepakati oleh Turki dan Rusia menjadi perbincangan hangat di sejumlah media internasional. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan koleganya, Vladimir Putin, menyepakati skenario untuk masalah Idlib. Kedua kepala Negara sepakat membentuk zona aman di Idlib yang di dalamnya tak ada kelompok-kelompok pejuang yang mereka kategorikan “ekstremis”.

Ahad, 30/09/2018 19:49 0

Video News

Kiblat Review: Benarkah Habib Rizieq Dicekal ?

KIBLAT.NET – Habib Rizieq Shihab adalah ulama kharismatik yang disegani kawan maupun lawan. Kekuatan nya...

Ahad, 30/09/2018 12:37 0

Indonesia

Muhammadiyah Siap Bantu Korban Gempa Sulteng

Ketua Umum Muhammadiyah, Haedar Nasir mengatakan bahwa jajarannya menyampaikan duka cita atas musibah yang terjadi di Palu dan Donggala.

Ahad, 30/09/2018 11:46 0

Close