Ustadz Abdul Somad: Jangan Berkelahi Hanya Karena Hal Sepele

KIBLAT.NET, Palu – Subuh hari Rabu (26/09/2018), ribuan umat Islam Sulawesi Tengah khususnya daerah Palu dan sekitarnya memadati Masjid Raya Baiturrahman Lolu Palu Sulawesi Tengah. Mereka hendak mendengarkan tausiyah Ustadz Abdul Somad dengan tema “Di Masjid Hati Kita Terpaut”.

Dalam kesempatan di kajian subuh itu, Ustadz Abdul Shomad menyampaikan tentang peran Islam terhadap negara Indonesia.

“Sejarah kemerdekaan Indonesia adalah direbut oleh umat Islam. Belanda diusir dengan pekikan takbir Bung Tomo. Dan ini tertuang dalam pembukaan UUD tertulis berkat rahmat Allah,” katanya.

Dia kemudian mengimbau kepada jamaah agar jangan sampai masyarakat Indonesia membenturkan Pancasila dengan agama Islam.

“Perbedaan kita jangan menjadikan kita berpecah. Kita ada yang dari Pemuda Pancasila, ada dari Satpol PP ada yang dari Polri semua kita bersaudara karena dalam hati kita ada Laa ilaaha illallah,” ujar UAS.

“Kamu boleh bajunya Pemuda Pancasila tapi hatimu ada Islam,” tambahnya.

Ustadz Abdul Shomad juga berpesan agar ummat Islam menjaga persatuan dan tidak berpecah hanya karena perbedaan mazhab.

“Jaga persatuan umat, jangan berkelahi hanya dengan hal sepele. Selama masih sesuai pemahaman 4 imam mahzab maka dia Ahlus Sunnah Wal jamaah,” ungkapnya.

“Persatuan jauh lebih urgen, kemudian umat Islam ini harus punya powe. Dan power itu adalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan itu dimulai dari masjid,” tegas dai asal Riau itu.

BACA JUGA  Hidayat Nur Wahid Kritik Pembukaan Layanan Visa Bagi Israel

Tabligh Akbar dengan pengisi Ustadz Abdul Somad di Sulawesi Tengah diselengarakan oleh Al-Azhar Mandiri Kota Palu. Selain di Masjid Raya Baiturrahman Lolu Palu, UAS juga mengisi di Kayubura Parigi Moutong dan Masjid Agung Darusalam Palu.

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat