Beredar Video Pintu Istiqlal Ditutup, Begini Penjelasan Pengurus Masjid

KIBLAT.NET, Jakarta – Beredar video di media sosial yang menggambarkan pintu masjid Istiqlal, Jakarta ditutup. Dalam tayangan tersebut, seseorang yang memvideo mengatakan bahwa saat ini pengurus Istiqlal telah melakukan perbuatan zalim.

“Sekarang pengurusnya cukup zalim ya, mau ke masjid aja diblkokir. Kayak gini pengurus Istiqlal, mau ke masjid saja harus lewat pintu utama. Sementara ini masjid, masjid umat islam. Rezim-rezim nggak jelas,” kata pria tersebut.

Menanggapi hal itu, Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengungkapkan bahwa kejadian tersebut di pintu arah ke Juanda. Menurutnya, berdasarkan pertaturan yang berlaku, pintu arah Juanda ketika hari Sabtu-Ahad ditutup.

“Memang SOP nya pada hari Sabtu-Ahad ditutup. Karena itu sebenarnya pintu khusus buat anak madrasah Istiqlal. Karena madrasah Istiqlal sabtu-ahad libur, ditutup. Kecuali kalau mereka hari Sabtu-Ahad ada acara, itu dibuka,” jelasnya saat dihubungi Kiblat.net pada Selasa (25/09/2018).

Selain itu, penutupan pintu juga untuk mengantisipasi penjual masuk ke lingkungan masjid. Karena kalau dibuka banyak pedagang yang masuk ke lingkungan masjid. “Dan nanti kotor, sampah di mana-mana, padahal kita ingin jamaah nyaman,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa video tersebut diambil saat hari Ahad, dan ada beberapa acara di sekitar Istiqlal. Yaitu pengajian Ustadz Yusuf Mansur sampai zuhur, kemudian di Monas ada deklarasi pemilu damai.

“Memang jamaahnya membludak, kami antisipasi membuka tiga pintu lebar-lebar. Yang diviralkan itu bertolak belakang dengan apa yang diucapkan. Yang divideo itu orang keluar masjid, bukan masuk masjid mau sholat. Kita bukan menghalangi orang sholat,” paparnya.

BACA JUGA  Milad ke 108, Muhammadiyah Angkat Tema 'Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri'

Ketika itu, lanjutnya, pintu dalam keadaan tertutup. Kemudian karena memang rantainya kurang rapat dan ada celah, dipaksakan orang keluar.

“Kemudian digoyang-goyang, akhirnya rusak. Sebenarnya kalau mau sabar sedikit, menunggu aara pengajian Ustadz Yusuf, dibuka. Kalau mau mutar, mutar ke pintu lain,” pungkasnya.

Terakhir, ia menghimbau kepada umat Islam yang hendak sholat di masjid Istiqlal untuk mentaati peraturan. Sebab, peraturan tersebut demi kenyamanan jamaah.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat