... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Beredar Video Pintu Istiqlal Ditutup, Begini Penjelasan Pengurus Masjid

Foto: Kepala bagian protokoler dan humas masjid Istiqlal, Abu Harairah

KIBLAT.NET, Jakarta – Beredar video di media sosial yang menggambarkan pintu masjid Istiqlal, Jakarta ditutup. Dalam tayangan tersebut, seseorang yang memvideo mengatakan bahwa saat ini pengurus Istiqlal telah melakukan perbuatan zalim.

“Sekarang pengurusnya cukup zalim ya, mau ke masjid aja diblkokir. Kayak gini pengurus Istiqlal, mau ke masjid saja harus lewat pintu utama. Sementara ini masjid, masjid umat islam. Rezim-rezim nggak jelas,” kata pria tersebut.

Menanggapi hal itu, Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengungkapkan bahwa kejadian tersebut di pintu arah ke Juanda. Menurutnya, berdasarkan pertaturan yang berlaku, pintu arah Juanda ketika hari Sabtu-Ahad ditutup.

“Memang SOP nya pada hari Sabtu-Ahad ditutup. Karena itu sebenarnya pintu khusus buat anak madrasah Istiqlal. Karena madrasah Istiqlal sabtu-ahad libur, ditutup. Kecuali kalau mereka hari Sabtu-Ahad ada acara, itu dibuka,” jelasnya saat dihubungi Kiblat.net pada Selasa (25/09/2018).

Selain itu, penutupan pintu juga untuk mengantisipasi penjual masuk ke lingkungan masjid. Karena kalau dibuka banyak pedagang yang masuk ke lingkungan masjid. “Dan nanti kotor, sampah di mana-mana, padahal kita ingin jamaah nyaman,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa video tersebut diambil saat hari Ahad, dan ada beberapa acara di sekitar Istiqlal. Yaitu pengajian Ustadz Yusuf Mansur sampai zuhur, kemudian di Monas ada deklarasi pemilu damai.

“Memang jamaahnya membludak, kami antisipasi membuka tiga pintu lebar-lebar. Yang diviralkan itu bertolak belakang dengan apa yang diucapkan. Yang divideo itu orang keluar masjid, bukan masuk masjid mau sholat. Kita bukan menghalangi orang sholat,” paparnya.

BACA JUGA  KAMMI Desak Jokowi Segera Selesaikan Polemik KPK

Ketika itu, lanjutnya, pintu dalam keadaan tertutup. Kemudian karena memang rantainya kurang rapat dan ada celah, dipaksakan orang keluar.

“Kemudian digoyang-goyang, akhirnya rusak. Sebenarnya kalau mau sabar sedikit, menunggu aara pengajian Ustadz Yusuf, dibuka. Kalau mau mutar, mutar ke pintu lain,” pungkasnya.

Terakhir, ia menghimbau kepada umat Islam yang hendak sholat di masjid Istiqlal untuk mentaati peraturan. Sebab, peraturan tersebut demi kenyamanan jamaah.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Hoax Buster

Hoax Video Suporter Bobotoh Teriak Kalimat Tauhid Saat Keroyok Haringga

"Tidak ada, jangan membawa isu apapun dalam kejadian ini," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Trunoyudho Wisnu Andiko.

Selasa, 25/09/2018 13:22 0

Tazkiyah

Masih Mau Menyombongkan Diri Setelah Baca Kisah Ini?

Pemuda itu menjawab,"Dahulu aku menyombongkan diri di tempat yang seharusnya orang merendahkan diri, dan kini aku dihinakan Allah di tempat dimana banyak orang yang menyombongkan diri."

Selasa, 25/09/2018 13:00 0

Palestina

Tentara Israel Tembaki Demonstran Gaza, Satu Gugur

Seorang juru bicara militer mengatakan tentara menghadapi kondisi itu sebagaimana menanggapi serangan.

Selasa, 25/09/2018 08:40 0

Info Event

Diuji Penyakit Bersamaan, Pasangan Pengajar Al-Quran di Lombok Butuh Uluran Tangan

Ilham (42) satu diantara 390.529 jiwa juga mengalaminya, bersama sang istri Nur Hayati (45) tidak bisa beranjak dari rumah ketika gempa berkekuatan 7.0 SR melanda Lombok (5/9) lalu, pukul 19:46 WITA

Selasa, 25/09/2018 07:50 0

Suriah

Suriah dan Cina Teken Kerjasama Pulihkan Situs Arkeologi

KIBLAT.NET, Damaskus – Rezim Suriah menandatangani nota kesepahaman dengan Cina untuk memulihkan situs arkeologi di...

Selasa, 25/09/2018 07:17 0

Suriah

HTS Masih Kaji Kesepakatan Turki-Rusia

Mujahid menegaskan bahwa senjata merupakan garis merah. Artinya, HTS akan menolak menyerahkan senjata dalam kesepakatan tersebut.

Selasa, 25/09/2018 05:43 0

Video Kajian

Hamba dengan Derajat Tinggi di Surga – Ust. Abu Rusydan

KIBLAT.NET – Ada seorang hamba yang akan diangkat derajatnya 100 kali lebih tinggi dari yang...

Selasa, 25/09/2018 03:12 0

Tarbiyah Jihadiyah

Beramal Sholeh untuk Tujuan Duniawi

Dewasa ini kita sering mendapati anjuran untuk mengerjakan sebuah amalan sholeh, entah itu sholat dhuha, sedekah, sholat tahajjud dan amalan sholeh lainnya, namun seringkali diming-imingi oleh manfaat dunia. “Sholat dhuhalah, niscaya bisnis anda meningkat.” “Sedekahlah, niscaya omset usaha anda bertambah.”

Senin, 24/09/2018 21:00 0

Afrika

Hari Warisan Nasional, Ulama Afrika Selatan Kenang Perjuangan Syaikh Yusuf Al Makassari

Berbagai ormas Islam di Afrika Selatan mendeklarasikan berdirinya Syaikh Yusuf Al Makassari Islamic Council (SYAMIC) atau Dewan Islam Syaikh Yusuf Al Makassari.

Senin, 24/09/2018 20:13 0

Analisis

Menanti Takdir Idlib Setelah Kesepakatan Erdogan-Putin

Menanti Takdir Idlib Setelah Kesepakatan Erdogan-Putin. Nasib oposisi mungkin seperti di Aleppo dan Dar'a bila bergantung pada negosiasia Turki dan Rusia.

Senin, 24/09/2018 17:27 0

Close