... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tengku Zulkarnain: Polri Bukan Alat untuk Gebuk Mahasiswa

Foto: Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Tengku Zulkarnain ditemui Kiblat.net di Gedung MUI Pusat, Jakarta pada Selasa (31/10).

KIBLAT.NET, Jakarta- Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Tengku Zulkarnain menyayangkan tindakan kekerasan aparat kepolisian terhadap mahasiswa di Medan. Ia menegaskan, Polri bukanlah alat penguasa untuk menggebuk rakyat.

“Polri bukan alat penguasa untuk menggebuk rakyat, apalagi adik-adik mahasiswa generasi muda harapan bangsa. Polri adalah institusi penegak hukum yang profesional, yang digaji pakai uang rakyat,” katanya dalam rilis yang diterima Kiblat.net pada Senin (24/09/2018).

Pada Kamis, 20 September lalu terjadi aksi unjuk rasa pro-kontra pemerintahan Presiden Joko Widodo di depan gedung DPRD Sumatera Utara. Aksi ini berakhir ricuh antara mahasiswa dan anggota kepolisian, menyebabkan sedikitnya 10 korban luka-luka dari pihak mahasiswa.

Tengku Zulkarnain menegaskan bahwa Kapolri Tito Karnavian selaku pucuk pimpinan Polri menjadi yang paling bertanggung jawab akan hal ini. Menurutnya, Kapolri harus segera menyatakan sikap.

“Janganlah Anda diam! Karena diamnya Anda dan jajaran, akan menambah luka di hati rakyat dan mahasiswa, dan pada gilirannya akan semakin menggerus kepercayaan masyarakat pada profesionalitas institusi yang Anda pimpin,” tuturnya.

Tengku Zulkarnain yakin, sebagai institusi paling profesional di dalam penegakan hukum, Polri punya prosedur baku dalam menangani semua masalah. Sehingga, katanya, rasanya tidak perlu ada tindakan kekerasan di luar profesionalitas.

“Karena itulah diperlukan segera ucapan dan tindakan Kapolri tentang peristiwa di atas dengan segera. Jika tidak muncul tanggapan, klarifikasi, sehingga tercermin pada perubahan sikap dari para anggota Polri dalam bertindak, maka jangan salahkan rakyat jika tidak percaya kepada Anda dan jajaran Anda,” tegasnya.

BACA JUGA  Setara Institute Rilis Indeks Kota Toleran, Wasekjen MUI: Ini Ngawur

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Syafei Irman

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Mesir

Lagi, Rezim Mesir Vonis Mursyid Tinggi IM Hukuman Seumur Hidup

Ini merupakan vonis seumur hidup ketiga yang dialaminya

Senin, 24/09/2018 09:37 0

Afrika

Diduga Sebar Paham Syiah, Diplomat Iran Akhirnya Tinggalkan Aljazair

selamat tinggal Kekasihku Aljazair .. Setelah empat tahun, kami mengucapkan selamat tinggal ke Aljazair tercinta dan hati kita dipenuhi dengan cinta dan kasih sayang dan menghormati orang yang mulia ini".

Senin, 24/09/2018 08:32 0

Suriah

Aliansi FSA Terima Kesepakatan Turki-Rusia Namun Tolak Serahkan Senjata

"Kami menghargai upaya besar ini dan kemenangan jelas diplomasi Turki, yang telah membela urusan kami dan membuat keamanan nasional, di saat masyarakat internasional mengabaikan untuk mendukung rakyat Suriah," kata pernyataan JWT seperti dilansir Al-Jazeera.

Senin, 24/09/2018 07:28 0

Iran

Parade Militer Nasional Diserang, Iran Salahkan Negara Teluk

Kelompok Resistansi Nasional Ahvaz dan ISIS mengklaim serangan. Namun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kedua kelompok terlibat.

Ahad, 23/09/2018 16:06 0

Eropa

Polisi Buru Perampok Bank Menyamar Jadi Wanita Berjilbab

Polisi telah menangkap seorang pria berusia 35 tahun bulan lalu karena dicurigai merampok bank Turki di Wina. Dia juga menyamar sebagai wanita berjilbab dan membawa pistol berwarna emas.

Ahad, 23/09/2018 14:36 0

Manhaj

Wilayatul Faqih, Agenda Politik Kaum Syiah

Khomeini menarasikan konsep ini dan mengajak para pengikutnya untuk meyakini pentingnya mendirikan Negara yang dipimpin oleh wakil dari Imam Ghaib.

Ahad, 23/09/2018 13:33 0

China

Pakistan Desak China Kurangi Tekanan terhadap Minoritas Muslim

Kelompok-kelompok hak asasi manusia sebelumnya juga menyoroti kondisi etnis Muslim Uighur di China yang menghadapi pembatasan aktivitas keagamaan dan penahanan massal di "kamp pendidikan ulang".

Ahad, 23/09/2018 11:53 0

Suriah

Dephan Rusia: Garis Zona Demiliterisasi di Idlib Sudah Dibuat

"Batas-batas wilayah yang akan dibersihkan dari senjata di Idlib selama pertemuan (dengan delegasi Rusia) telah ditentukan, dengan mempertimbangkan karakteristik struktur geografis dan daerah pemukiman," kata pernyataan Dephan Turki, seperti dilansir Anadolu Agency (AA)

Sabtu, 22/09/2018 14:25 0

Afrika

Din Syamsuddin dan MJC Afrika Selatan Bahas Isu Palestina hingga Rohingya

Din Syamsuddin dan MJC Afrika Selatan Bahas Isu Palestina hingga Rohingya

Jum'at, 21/09/2018 22:42 0

Afrika

Indonesia Jalin Kerja Sama Keagamaan dengan Afrika Selatan

Wakil Presiden MJC, Syaikh Abdul Khaleeq Allie menuturkan bahwa Indonesia dan Afrika Selatan memiliki ikatan sejarah keagamaan yang erat.

Jum'at, 21/09/2018 22:13 0

Close