... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

RSIA Jombang Segera Adopsi Konsep Pelayanan Syariah 

Foto: Rombongan RSIA Muslimat Jombang berpose foto bersama dengan Direksi RSI Sultan Agung

KIBLAT.NET, Jombang – Ibu yang baru saja melahirkan atau dalam proses menyusui terkadang masih kesulitan untuk menutup aurat saat dalam ruang perawatan. Apalagi dalam sebuah ruang perawatan tersebut, acapkali tercampur dengan para penunggu bukan muhrimnya.

Persoalan serupa inilah yang dihadapi manajemen Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Muslimat Jombang. Mereka ingin menjaga aurat ibu menyusui saat berbaur dengan pengunjung bukan non muhrim.

Hal itu dialami karena memang belum ada pakaian khusus untuk dikenakan pada ibu menyusui sewaktu dijenguk oleh orang lain. Problematika ini dipecahkan RSI Sultan Agung dengan menghadirkan pakaian khusus untuk ibu menyusui atau Penutup Dada Bagi Ibu Menyusui (PEDASUI).

Dari sini RSIA Muslimat Jombang tertarik untuk melakukan study banding pelayanan syariah di RSI Sultan Agung belum lama ini.

Di tahun 2018, RSI Sultan Agung telah menerapkan layanan syariah semenjak ditetapkan menjadi RS pertama di Indonesia pada 23 September 2017 silam. PEDASUI menjadi salah satu implementasi pelaksanaan syariah di RSI Sultan Agung.

Dirut RSIA Muslimat dr. H. Suparmin, Sp.OG mengatakan kedatangan rombongan untuk mengadopsi sistem syariah yang sudah diterapkan di RSI Sultan Agung.

“Sebagai rumah sakit Islam, kita ingin menerapkan konsep syariah pada pelayanan kelahiran bayi dan ibu menyusui. Termasuk PEDASUI ini,” katanya.

Layanan lain yang ingin segera diterapkan di RSIA Muslimat adalah tayamum bagi pasien yang ingin mengerjakan shalat.

BACA JUGA  Joko Santoso, Takmir Masjid Penderita Stroke Butuh Bantuan Kita

Tayamum merupakan inovasi untuk memudahkan proses thaharah (bersuci) pasien yang ingin beribadah dalam kondisi sakit dengan menggunakan debu.

Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Rezim Assad Gelar Pemilu, Partisipasi Pemilih Rendah

Banyak  calon dari Partai Baath yang berkuasa dan yang lainnya adalah mereka yang memiliki hubungan dekat dengan rezim Assad.

Selasa, 18/09/2018 12:32 0

Lebanon

Otak Pembunuh Mantan PM Lebanon Jadi Nama Jalan Picu Kemarahan

Menteri Dalam Negeri Lebanon, Nihad Al-Mansyuq, mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah menandatangani keputusan apapun penamaan atau penggantian nama jalan dengan nama Mushtafa Badaruddin, yang tewas di Suriah pada 2016 lalu.

Selasa, 18/09/2018 09:42 0

Amerika

PBB Seru Rezim dan Oposisi Suriah Patuhi Kesepakatan Putin-Erdogan

"Turki dan Rusia telah sepakat tentang rencana yang dapat mencegah perang yang mengerikan dan gelombang pengungsi," tulisnya.

Selasa, 18/09/2018 08:18 0

Suriah

Erdogan dan Putin Sepakati Skenario Baru di Idlib, Begini Isinya

Skenario itu membentuk zona aman baru di mana di dalamnya tak boleh ada oposisi bersenjata

Selasa, 18/09/2018 07:25 0

Belanda

Masjid Bakal Ditutup Jika Imam Katakan Homoseksual adalah Kejahatan

Walikota Amsterdam, Femke Halsema mengatakan kepada stasiun televisi lokal AT5 bahwa pihaknya akan menutup masjid jika para imam menyebarkan "pesan kebencian".

Senin, 17/09/2018 15:38 0

Indonesia

Habib Rizieq: Politik Identitas Umat Islam Bukan Rasis dan Fasis

"Indonesia merdeka karena politik identitas. Perlawanan yang dilakukan Pangeran Diponegoro adalah politik identitas," tutur Habib Rizieq.

Senin, 17/09/2018 15:04 0

China

Meski Bersitegang, China dan AS Lanjutkan Kerja Sama Bidang Militer

Seorang jenderal papan atas China menghadiri pembukaan sebuah forum kesehatan angkatan bersenjata regional yang diselenggarakan oleh militer China dan AS pada Senin (17/09/2018).

Senin, 17/09/2018 14:16 0

Afrika

Polisi dan Tentara Somalia Baku Tembak di Ibukota Mogadishu

“Anggota tentara di tempatkan di daerah tersebut untuk memerangi komplotan penjahat. Namun justeru mereka mengambil upeti dari truk-truk, mobil dan pejalan kaki yang melintas,” kata sumber keamanan kepada Al-Ain.

Senin, 17/09/2018 09:42 0

Afghanistan

Taliban Tuntut Pembebasan Tawanan Sebagai Syarat Berunding dengan AS

“Jika mereka (AS) jujur untuk berunding, mereka akan menerima tuntutan kami untuk pertukaran tahanan,” ungkap komandan yang meminta namanya tak disebut itu.

Senin, 17/09/2018 08:49 0

Amerika

AS Usir Dubes Palestina dan Keluarganya

Ashrawi mencatat bahwa pihak berwenang AS memberitahu staf misi PLO di Washington prosedur penutupan kantor organisasi, termasuk meminta mereka untuk berhenti bekerja dan menutup rekening bank.

Senin, 17/09/2018 08:00 0

Close