... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Turki Tangkap Aktor Penting Bom Reyhanli 2013 yang Didalangi Rezim Assad

Foto: Gedung yang hancur akibat bom kembar di perbatasan Reyhanli tahun 2013.

KIBLAT.NET, Ankara – Pihak berwenang Turki menangkap seorang tersangka utama serangan bom mobil lima tahun lalu yang menewaskan puluhan orang. Bom kembar itu diduga kuat dilakukan di bawah kendali intelijen Suriah.

Yusuf Nazik (34) mengakui perannya dalam serangan bom mobil tahun 2013 di kota perbatasan Reyhanli yang menewaskan 53 orang.

“Dia ditangkap di kota Suriah Latakia -jantung pendukung Presiden Bashar Assad- dalam sebuah operasi oleh Organisasi Intelijen Nasional Turki,” kata laporang dari kantor berita Anadolu.

Dalam sebuah video yang dirilis peerintah Turki pada Rabu (12/09/2018), Nazik muncul dengan atasan olahraga biru dan celana jeans di samping bendera Turki. Dia meminta tersangka lain untuk menyerah dan mengimbau Turki untuk meminta rezim Assad bertanggung jawab atas serangan itu.

“Saya tidak dapat melarikan diri dari negara Turki,” katanya dalam video itu.

“Saya memanggil teman-teman saya di Suriah, kembali lah sementara masih ada waktu. Negara Turki akan melindungi kita. Saya menyeru kepada negara Suriah, negara Turki akan membuat Anda membayar pada akhirnya.”

Operasi Intelijen?

Sebuah mobil diledakkan di luar kantor dewan pada 11 Mei 2013. Serangan bom itu meninggalkan kawah besar di tanah dan menghancurkan gedung-gedung di dekatnya.

Sementara bom mobil kedua meledak beberapa menit kemudian, kurang dari satu kilometer jauhnya di luar kantor pos. Sebagian besar korban adalah orang Turki, tetapi tak sedikit dari pengungsi Suriah juga tewas.

BACA JUGA  Erdogan: Kami Tak Akan Patuhi Sanksi AS terhadap Iran

Nazik, seorang warga Turki dari Antakya, menjadi salah satu dari beberapa tersangka yang dicari sehubungan dengan serangan itu. Badan intelijen Turki, yang dikenal sebagai MIT, dilaporkan melakukan operasi untuk menangkapnya.

Nazik mengakui sebagai penentu target dan pengintai. Dia mengangkut bahan peledak dari Suriah ke Turki, serta menyiapkan muatan kendaraan yang penuh dengan bom. Dia kerap melakukan kontak dengan seorang perwira intelijen Suriah bernama Mohammed yang memiliki nama lain, Hadji.

“Kami mengambil informasi yang diberikan oleh Yusuf Nazik tentang keterlibatan operasi intelijen Suriah dalam serangan Reyhanli 2013 dengan sangat serius,” kata seorang pejabat senior Turki.

“Kesaksiannya menguatkan desas-desus lama tentang peran aktif rezim Assad dalam pemboman, yang menewaskan 53 orang tidak bersalah. Penangkapan dan pemulangan Nazik harus menjadi pengingat bagi semua penjahat lainnya bahwa kita tidak akan pernah berhenti memburu mereka. Kami akan berusaha untuk menemukan Anda, menangkap Anda, dan membawa Anda ke pengadilan.”

Menteri Kehakiman Abdulhamit Gul memuji operasi itu. “Negara kami akan datang setelah setiap jenis kelompok teroris dan peradilan independen kami akan memberikan hukuman yang adil, di mana pelakunya mungkin berada,” katanya kepada wartawan.

Pada bulan Februari, pengadilan di Ankara menjatuhkan hukuman seumur hidup terhadap sembilan orang yang terlibat dalam serangan Reyhanli. Tiga belas lainnya menerima hukuman penjara hingga 15 tahun.

BACA JUGA  Turki Peringati 80 Tahun Kematian Ataturk, Erdogan Kirim Karangan Bunga

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Komunitas Gerak Bareng Ajarkan Ruqyah Mandiri kepada Warga NTB

Beragam cara dilakukan untuk menghilangkan trauma bagi korban gempa Lombok. Komunitas Gerak Bareng memilih untuk mengajarkan ruqyah syar'iyyah kepada warga NTB, sebagai upaya trauma healing.

Kamis, 13/09/2018 11:01 0

Feature

Dulu Bengis, Kini Mudah Menangis: Kisah Hijrah Mantan Preman

"Kami hijrah itu sendiri, dari nggak tau agama sekali. Banyak ini yang dulunya suka maksiat baik minum-minuman, pengedar narkoba, makai narkoba, merampok bahkan preman yang sangat bengis dan lain-lain. Tapi, masyaAllah sekarang semuanya jadi gampang menangis," ucap Suyudi Nugroho, ketua Exspreso (Exs Preman Solo).

Kamis, 13/09/2018 10:18 0

Indonesia

HILMI FPI Targetkan Bangun 100 Hunian Korban Gempa Lombok

HILMI memprioritaskan pembangunan hunian warga dengan kriteria tertentu. "Kriterianya janda yang ada yatimnya, warga jompo, dan keluarga yang punya bayi," imbuhnya.

Kamis, 13/09/2018 08:55 0

Indonesia

Pererat Persaudaraan, Komunitas Hijrah Se-Solo Raya Gelar “Ukhuwah Camp”

"Kami sangat berharap kepada asatidz dan ulama, untuk mensupport terus. Karena kami merasa sangat banyak sekali kekurangan dalam bidang agama," katanya.

Kamis, 13/09/2018 08:05 0

Indonesia

Felix Siauw: Selama Rukun Iman dan Islam Sama, Masih Bersaudara

Dai muda, Ustadz Felix Siauw berpesan untuk tetap mengedepankan Ukhuwah Islamiyah dalam menghadapi tahun politik.

Rabu, 12/09/2018 17:08 2

Indonesia

UBN Ajak Pemerintah dan Masyarakat Hentikan Kampanye Islamofobia

Pimpinan Arrahman Quranic Learning Center, Ustadz Bachtiar Nasir mengungkapkan alasannya memilih tema "Peace is Power" dalam Milad ke-10 AQL di Balai Kartini, Jakarta Selatan.

Rabu, 12/09/2018 14:58 0

Indonesia

Dugaan Pemurtadan di Lombok, Begini Respon Aa Gym

"Jangan memanfaatkan penderitaan orang untuk lebih menderita di akhirat dengan dimurtadkan," ungkapnya saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selasa (11/09/2018).

Rabu, 12/09/2018 11:04 0

Indonesia

Milad ke-10 AQL Ambil Tema “Peace Is Power”, Ini Maksudnya Menurut UBN

Arrohman Quranic Learning Center pada 11 September 2018 menggelar Milad ke-10 dengan tema "Peace Is Power", bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1440 H.

Rabu, 12/09/2018 10:46 0

Indonesia

Pengamat Intelijen Curiga Papua Dijadikan Pasar Gelap Senjata Ilegal

Seorang pria Polandia bernama Jakub Fabian Skrzypski (29) diancam hukuman penjara seumur hidup setelah ditetapkan sebagai tersangka penyelundupan senjata untuk kelompok bersenjata Papua.

Selasa, 11/09/2018 16:49 1

Suara Pembaca

Catatan Relawan Solidaritas Muslim di Lokasi Gempa Lombok

KIBLAT.NET, Lombok – Adakalanya Allah memberikan kelonggaran kepada kita, namun adakalanya juga Allah menguji kita...

Selasa, 11/09/2018 16:18 0

Close