... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Di Hari Peringatan Serangan 9/11, Zawahiri Seru Serang AS

KIBLAT.NET, Kabul – Organisasi Al-Qaidah merilis rekaman video pemimpinnya, Syaikh Aiman Al-Zawahiri, tepat di hari peringatan serangan 11 September 2011 yang meruntuhkan gedung pencakar langit AS. Pengganti Usamah bin Ladin itu menyeru anggotanya melancarkan serangan terhadap Amerika Serikat.

Dalam video yang dirilis oleh sayap media Al-Qaidah, Muassasah Al-Sahab, pada Selasa (11/09/2018) itu, Zawahiri juga menyeru umat Islam turut melancarkan serangan terhadap AS. Serangan tersebut baik dalam bidang ekonomi dan militer sampai Negara itu keluar dari Negara-negara yang dijajahnya.

Komandan organisasi jihad asal Mesir itu menekankan bahwa AS adalah musuh nomor satu umat Islam. Keputusan Presiden Donald Trump memindahkan kedutaannya untuk Israel dari Tel Aviv ke Al-Quds merupakan bukti nyata AS pelayan Yahudi dan Kristen.

Dalam pidatonya sepanjang 23 menit, Zawahiri mengungkap 14 poin cara yang digunakan AS dalam berperang. Hal itu untuk menyemangati anggotnya melancarkan serangan-serangan lain ke Washington.

“Saudara-saudaraku sesama Muslim, pertempuran melawan Amerika sudah tak terelakkan, mereka menempatkan kita di dua pilihan: penuh kehormatan melakukan perlawanan atau terhina dan menerima rasa malu, dan kami tidak akan menerima kehidupan di bawah penghinaan dengan bantuan Tuhan,” pungkasnya.

Menurut analis keamanan nasional CNN, Peter Bergen, pesan Zawahiri ini tidak akan efektif karena sejumlah besar jihadis melihatnya bukan sebagai rujukan.

Bergen menggambarkan bahwa Zawahiri bukan pemimpin “berpengaruh” di Al-Qaidah, yang gagal menyatukan barisannya setelah Usama bin Laden terbunuh. Yang paling berpengaruh saat ini justeru putra Usamah bin Ladin, Hamzah bin Ladin. Ia menjadi pemimpin Al-Qaidah masa depan.

Sementara itu, analis terorisme di CNN, Paul Cruickshank, mengatakan bahwa Al-Zawahiri kehilangan diri menjadi sosok seperti bin Ladin di tubuh Al-Qaidah. Terlebih, pidato-pidatonya kurang menekan seperti ISIS, yang kerap mengeluarkan seruan mengancam dan mendapat sambutan dari pengikutnya.

Cruickshank pesimis Al-Qaidah melancarkan serangan ke Barat. Saat ini mereka tengah sibuk perperang di berbagai dunia Arab. Namun tidak menutup kemungkinan mereka menyerang Barat jika Hamzah bin Ladin memegang kekuasaan.

Pada bagiannya, peneliti gerakan ideologis asal Mesir Umar Abdul Mun’im mengatakan bahwa Zawahiri ingin menunjukkan organisasinya masih eksis meskipun sempat terkena badai namun bisa bangkit kembali. Ia mencoba berbicara bagaimana cara memerangi AS, yang merupakan musuh utama menurut Al-Qaidah.

Mun’im melih bahwa pesan ini nampaknya khusus ditujukan kepada anggota Al-Qaidah. Pesan tersebut mengandung hal-hal tersirat yang hanya bisa dipahami oleh orang yang bergabung dalam organisasi itu.

Sumber: CNN, Al-Sarq Al-Ausath
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Felix Siauw: Selama Rukun Iman dan Islam Sama, Masih Bersaudara

Dai muda, Ustadz Felix Siauw berpesan untuk tetap mengedepankan Ukhuwah Islamiyah dalam menghadapi tahun politik.

Rabu, 12/09/2018 17:08 2

Indonesia

UBN Ajak Pemerintah dan Masyarakat Hentikan Kampanye Islamofobia

Pimpinan Arrahman Quranic Learning Center, Ustadz Bachtiar Nasir mengungkapkan alasannya memilih tema "Peace is Power" dalam Milad ke-10 AQL di Balai Kartini, Jakarta Selatan.

Rabu, 12/09/2018 14:58 0

Indonesia

Dugaan Pemurtadan di Lombok, Begini Respon Aa Gym

"Jangan memanfaatkan penderitaan orang untuk lebih menderita di akhirat dengan dimurtadkan," ungkapnya saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selasa (11/09/2018).

Rabu, 12/09/2018 11:04 0

Indonesia

Milad ke-10 AQL Ambil Tema “Peace Is Power”, Ini Maksudnya Menurut UBN

Arrohman Quranic Learning Center pada 11 September 2018 menggelar Milad ke-10 dengan tema "Peace Is Power", bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1440 H.

Rabu, 12/09/2018 10:46 0

Indonesia

Pengamat Intelijen Curiga Papua Dijadikan Pasar Gelap Senjata Ilegal

Seorang pria Polandia bernama Jakub Fabian Skrzypski (29) diancam hukuman penjara seumur hidup setelah ditetapkan sebagai tersangka penyelundupan senjata untuk kelompok bersenjata Papua.

Selasa, 11/09/2018 16:49 1

Suara Pembaca

Catatan Relawan Solidaritas Muslim di Lokasi Gempa Lombok

KIBLAT.NET, Lombok – Adakalanya Allah memberikan kelonggaran kepada kita, namun adakalanya juga Allah menguji kita...

Selasa, 11/09/2018 16:18 0

Indonesia

Temuan Narkoba di Penjara, MUI: Petugas Lapas Harus Ditindak Tegas

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas menanggapi temuan narkoba di Lapas Salemba. Anwar mempertanyakan mengapa di penjara masih ada praktik jual-beli narkoba.

Selasa, 11/09/2018 15:10 0

Indonesia

Persenjatai Kelompok Bersenjata Papua, Seorang Warga Polandia Ditangkap 

Selain Skrzypski, ada beberapa warga Papua yang juga ditangkap secara terpisah. Mereka dikenai undang-undang tentang pengkhianatan yang bisa berujung pada hukuman penjara seumur hidup.

Selasa, 11/09/2018 14:22 0

Analisis

Musuh Amerika Hanyalah Sebuah Ide

Tanggal 11 September 2001 menjadi tanggal yang akan selalu melekat dalam ingatan publik AS, bahkan dunia internasional.

Selasa, 11/09/2018 11:00 0

Video News

Kiblat Review: Gempa Iman di Lombok

KIBLAT.NET – Datangnya musibah selalu menyisakan korban. Kebutuhan untuk melangsungkan hidup menjadi faktor yang penting....

Senin, 10/09/2018 19:41 0

Close