Taliban Serbu Pos-pos Keamanan di Afghanistan Utara

KIBLAT.NET, Kunduz – Sebanyak 21 tentara dan pasukan keamanan Afghanistan tewas dan belasan lainnya luka-luka akibat dua serangan bersamaan pejuang Taliban di sejumlah lokasi berbeda di Afghanistan utara, pada Ahad (09/09). Serangan itu membuat pasukan pemerintah kabur dan membiarkan lokasi yang mereka jaga dikuasai pejuang.

Kepala dewan lokal di provinsi Kunduz mengatakan 13 pasukannya yang tewas dan 15 luka-luka akibat serangan Taliban di distrik Dashti Archie. Militan Taliban mulai menyerbu pada malam hari sehingga pertempuran sengit berlangsung hingga Senin pagi (10/09).

Pada bagiannya, Kepala Polisi provinsi Jauzan mengatakan bahwa pertempuran antara pasukan keamanan dan gerilyawan Taliban di distrik Khmeyab pada Ahad pagi. Akibatnya sedikitnya delapan polisi tewas dan tiga lainnya luka-luka.

Pejabat polisi itu mengatakan, pasukan keamanan mundur dari pusat distrik “untuk menghindari jatuhnya korban sipil” setelah bentrokan sengit. Sementara tujuh Taliban tewas dan delapan terluka akibat pertempuran itu, menurut polisi.

Di sisi lain, kantor berita Jerman mengutip seorang anggota dewan negara bagian Kunduz mnegatakan bahwa pasukan keamanan menderita korban besar setelah gerilyawan Taliban menyerang pos-pos pemeriksaan di daerah Dashti Archie. Setidaknya terdapat 16 personel keamanan tewas dan 20 lainnya.

Serangan serentak juga terjadi terhadap pos-pos pemeriksaan di Dar Ai di provinsi Samangan. Sedikitnya 14 polisi tewas dalam pertempuran yang dimulai pertengahan malam itu.

Kantor berita Jerman mengatakan bahwa militan Taliban menyita beberapa pangkalan militer dan pos pemeriksaan polisi di utara negara itu, menambahkan bahwa pertempuran di kota itu menewaskan 17 polisi.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat