... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

DK PBB Gelar Sidang Darurat Bahas Hasil Pertemuan Teheran Soal Idlib

Foto: Sidang DK PBB/Ilustrasi

KIBLAT.NET, Washington – Dewan Keamanan (DK) PBB, Selasa (11/09), dijadwalkan menggelar sidang darurat untuk membahas hasil pertemuan tiga negara—Rusia, Iran dan Turki— di Teheran, Jumat lalu. Sidang ini atas permintaan Rusia, selaku anggota tetap DK PBB dan pelindung utama Bashar Assad.

Sumber-sumber diplomatik di PBB menjelaskan, seperti dilansir Anadolu Agency (AA), pertemuan akan diadakan di pukul sebelas hari ini waktu New York. Sidang itu untuk berkonsultasi atas hasil pertemuan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Iran Hassan Rauhani untuk membahas Idlib, Jumat lalu.

Sumber-sumber yang namanya enggan disebut itu mengatakan kepada sejumlah wartawan, termasuk wartawan AA bahwa pertemuan itu akan dihadiri oleh pejabat senior PBB tentang perkembangan di Idlib.

Pertemuan tiga kepala Negara yang digelar Jumat lalu itu merupakan pertemuan puncak. Sebelumnya didahului pertemuan di Rusia dan Turki. Pertemuan itu khusus membahas Idlib.

Selama pertemuan di Teheran, para pemimpin Negara fokus membahas isu mengurangi ketegangan di wilayah Idlib dalam diskusi berbagai persoalan Suriah. Di mana disepakati pada prinsip-prinsip untuk terus menangani wilayah sesuai dengan kesepakatan Astana untuk mempertahankan kesatuan Suriah, dan perang melawan “terorisme”.

Kendati ketiga Negara sepakat memerangi “terorisme”, namun mereka memiliki definisi masing-masing. Namun pada akhirnya, mereka sepakat bahka pejuang oposisi jihadis Suriah disebut “teroris”.

BACA JUGA  Konferensi Pers di Turki, Oposisi Politik Suriah Seru Perangi HTS

Meskipun Idlib dan sekitarnya mendeklarasikan “zona pengurangan ketegangan” pada Mei 2017 di bawah perjanjian Astana antara penjamin Ankara, Moskow dan Teheran, namun rezim dan pasukan Rusia terus membombardir mereka dari waktu ke waktu.

Sumber: Anadolu Agency
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Analisis

Musuh Amerika Hanyalah Sebuah Ide

Tanggal 11 September 2001 menjadi tanggal yang akan selalu melekat dalam ingatan publik AS, bahkan dunia internasional.

Selasa, 11/09/2018 11:00 0

Video News

Kiblat Review: Gempa Iman di Lombok

KIBLAT.NET – Datangnya musibah selalu menyisakan korban. Kebutuhan untuk melangsungkan hidup menjadi faktor yang penting....

Senin, 10/09/2018 19:41 0

Indonesia

Kejaksaan Diminta Cepat Proses Berkas Kasus Bos PT. Indaco Tabrak Pemotor

LBH Mega Bintang mendatangi Kejaksaan Negeri Surakarta untuk meminta kepastian proses hukum kasus tabrak lari dengan tersangka Presiden Direktur PT. Indaco Warna Dunia Iwan Andranicus.

Senin, 10/09/2018 19:39 0

Indonesia

Warga Jepang Donasikan Laba Dagangan untuk Korban Gempa Lombok

KIBLAT.NET, Jakarta – Dukungan dan bantuan untuk korban gempa di Lombok NTB terus mengalir. Tak...

Senin, 10/09/2018 16:11 0

Opini

HTI yang Selalu Salah

Sebenarnya, apa yang mereka takutkan dari eks-HTI bila keterlibatan anasir eks-HTI dalam tagar tersebut adalah sebuah kebenaran?

Senin, 10/09/2018 15:40 0

Artikel

Di Bawah Bayang-bayang Tragedi Utang Turki Usmani

Indonesia dan Turki yang kini beberapa langkah dari bibir jurang semoga tak terperosok ke dalam jurang yang sama. Jangan sampai persoalan utang membuat Indonesia dan Turki menjadi korban berikutnya dari malapetaka buruknya pengelolaan ekonomi dan jeratan utang.

Senin, 10/09/2018 15:29 0

Video Kajian

Membangun Negara dengan Tauhid – Ust. Farid A. Okbah, MA.

KIBLAT.NET – Politik dalam kenegaraan Islam itu jauh lebih dari sekadar mensejahterahkan rakyat. Politik dalam...

Senin, 10/09/2018 12:00 0

Indonesia

Penuh Haru, Tiga Peserta Jalan Sehat Solo Ini Dapat Hadiah Umrah Gratis

"Alhamdulillah, saya belum pernah ke Makkah dan mendapatkan umroh, insyallah saya akan berangkat. Dan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan jalan sehat umat Islam pada hari ini," katanya saat ditemui Kiblat.net pada Ahad (09/09/2018) di Solo.

Senin, 10/09/2018 06:13 0

Indonesia

Jalan Sehat Umat Islam Solo: Datang Bersih Pulang Juga Bersih

“Alhamdulillah luar biasa, umat Islam se-Solo Raya bersatu padu dalam kegiatan nasional. Tidak ada unsur politik, jadi ini hanya untuk mempersatukan umat Islam,” tambahnya.

Ahad, 09/09/2018 12:41 1

Indonesia

Mesir Vonis Mati 75 Anggota Ikhwanul Muslimin

Mereka akan dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung, termasuk pimpinan senior IM Essam al-Erian, Mohamed Beltagi dan ulama terkemuka Safwat Higazi.

Ahad, 09/09/2018 10:52 0

Close