... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AS Resmi Tutup Kantor PLO di Washington

Foto: Palestina

KIBLAT.NET, Washington – Amerika Serikat, Senin (10/09), secara resmi menutup kantor Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Washington DC. Penutupan ini menyusul sikap PLO tidak menuruti keinginan AS, menolak investigasi kriminal terhadap Israel di hadapan Pengadilan Pindana Internasional.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situsnya, setelah mengkaji dalam-dalam, pemerintah AS memutuskan menutup kantor organisasi PLO di Washington.

“Keputusan ini sejalan dengan keprihatinan pemerintah AS dan Kongres tentang upaya Palestina membuka penyelidikan terhadap Israel di Pengadilan Pidana Internasional,” imbuh pernyataan tersebut seperti dinukil Anadolu Agency (AA).

Pernyataan itu menambahkan, kami telah memungkinkan Kantor Organisasi PLO melaksanakan operasi untuk mendukung tujuan mencapai perdamaian abadi dan komprehensif antara Israel dan Palestina sejak akhir konsesi sebelumnya di November 2017. Namun, PLO belum mengambil langkah-langkah untuk memulai secara langsung dengan negosiasi dengan Israel.

Presiden Donald Trump pada November 2017 lalu mengumumkan menutup kantor PLO di Washington menyusul pidato Presiden Palestina, Mahmod Abbas, di Majelis Umum PBB. Dalam pidato itu, Abbas meminta penyelidikan kriminal terhadap Israel.

Akan tetapi, Departemen Luar Negeri tidak segera menutup kantor PLO namun memberi tenggang waktu selama 90 hari kerja, sebelum akhirnya ditutup pada Senin kemarin.

Abbas menolak untuk berurusan dengan Trump sejak keputusannya 6 Desember 2017 untuk mempertimbangkan Al-Quds (Yerusalem) sebagai ibu kota Israel dan kemudian memindahkan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Al-Quds pada 14 Mei.

BACA JUGA  PBB Kritik Pelarangan Burqa di Belanda

Dalam perjuangan membebaskan Palestina, PLO menembuh jalur meminta bantuan Barat dan PBB. Hal ini menjadi perselisihan mendasar dengan gerakan Hamas yang menganggap meminta bantuan Barat dalam menyelesaikan persoalan Palestina hanya sia-sia.

Sumber: Anadolu Agency
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Kiblat Review: Gempa Iman di Lombok

KIBLAT.NET – Datangnya musibah selalu menyisakan korban. Kebutuhan untuk melangsungkan hidup menjadi faktor yang penting....

Senin, 10/09/2018 19:41 0

Indonesia

Kejaksaan Diminta Cepat Proses Berkas Kasus Bos PT. Indaco Tabrak Pemotor

LBH Mega Bintang mendatangi Kejaksaan Negeri Surakarta untuk meminta kepastian proses hukum kasus tabrak lari dengan tersangka Presiden Direktur PT. Indaco Warna Dunia Iwan Andranicus.

Senin, 10/09/2018 19:39 0

Indonesia

Warga Jepang Donasikan Laba Dagangan untuk Korban Gempa Lombok

KIBLAT.NET, Jakarta – Dukungan dan bantuan untuk korban gempa di Lombok NTB terus mengalir. Tak...

Senin, 10/09/2018 16:11 0

Opini

HTI yang Selalu Salah

Sebenarnya, apa yang mereka takutkan dari eks-HTI bila keterlibatan anasir eks-HTI dalam tagar tersebut adalah sebuah kebenaran?

Senin, 10/09/2018 15:40 0

Artikel

Di Bawah Bayang-bayang Tragedi Utang Turki Usmani

Indonesia dan Turki yang kini beberapa langkah dari bibir jurang semoga tak terperosok ke dalam jurang yang sama. Jangan sampai persoalan utang membuat Indonesia dan Turki menjadi korban berikutnya dari malapetaka buruknya pengelolaan ekonomi dan jeratan utang.

Senin, 10/09/2018 15:29 0

Video Kajian

Membangun Negara dengan Tauhid – Ust. Farid A. Okbah, MA.

KIBLAT.NET – Politik dalam kenegaraan Islam itu jauh lebih dari sekadar mensejahterahkan rakyat. Politik dalam...

Senin, 10/09/2018 12:00 0

Indonesia

Penuh Haru, Tiga Peserta Jalan Sehat Solo Ini Dapat Hadiah Umrah Gratis

"Alhamdulillah, saya belum pernah ke Makkah dan mendapatkan umroh, insyallah saya akan berangkat. Dan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan jalan sehat umat Islam pada hari ini," katanya saat ditemui Kiblat.net pada Ahad (09/09/2018) di Solo.

Senin, 10/09/2018 06:13 0

Indonesia

Jalan Sehat Umat Islam Solo: Datang Bersih Pulang Juga Bersih

“Alhamdulillah luar biasa, umat Islam se-Solo Raya bersatu padu dalam kegiatan nasional. Tidak ada unsur politik, jadi ini hanya untuk mempersatukan umat Islam,” tambahnya.

Ahad, 09/09/2018 12:41 1

Indonesia

Mesir Vonis Mati 75 Anggota Ikhwanul Muslimin

Mereka akan dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung, termasuk pimpinan senior IM Essam al-Erian, Mohamed Beltagi dan ulama terkemuka Safwat Higazi.

Ahad, 09/09/2018 10:52 0

Indonesia

Berjalan Gunakan Tongkat, Isro Gembira Ikuti Jalan Sehat Umat Islam Solo

Ia juga menegaskan bahwa kekurangan dalam hal fisik tidak perlu menjadi alasan untuk tidak ikut dalam aksi umat Islam. Saya, kata dia, tetap gembira meski dalam kondisi begini.

Ahad, 09/09/2018 09:37 0

Close