... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pesawat Tempur Mulai Serangan Intensif ke Idlib

Foto: Ledakan yang ditimbulkan oleh serangan bom barel

KIBLAT.NET, Idlib – Jet tempur Rusia dan Suriah, Ahad (09/09), kembali melancarkan serangan intensif ke wilayah oposisi di Idlib dan Hama, Suriah utara. Serangan ini terjadi setelah pertemuan tiga Negara—Rusia, Iran dan Turki— di Teheran untuk membahas nasib Idlib gagal mencapai kesepakatan.

Petugas medis dan warga mengatakan kepada Reuters, helikopter tentara Suriah menjatuhkan bom barel ke Habit dan Abidin di Idlib selatan dan sejumlah desa kecil di daerah itu.

Abdullah Qasim Said, salah satu penduduk di kawasan, menuturkan setidaknya 15 helikopter bergantian menjatuhkan bom barel desa Habit. Akibatnya, dua anak-anak terbunuh dan Sembilan warga lainnya luka-luka. Banyak bangunan hancur akibat serangan tersebut.

“Kami menarik anak-anak keluar dari reruntuhan. Di mana dunia berbicara menentang kejahatan-kejahatan ini? ” katanya.

Tentara Suriah selalu tidak mengakui menggunakan bom barel dalam serangannya. Namun para penyelidik PBB secara luas menegaskan rezim menggunakan bom pemusnah itu.

Setidaknya lima orang tewas di di kawaan Qal’ah Al-Mudhayyiq di pedesaan utara Hama akibat tembakan artileri dari pos-pos militer dan pos-pos pemeriksaan terdekat yang dikontrol rezim.

Para saksi mengatakan ratusan keluarga mulai melarikan diri dari desa dan kota di selatan Idlib ke kamp-kamp di dekat perbatasan Turki setelah mereka menjadi sasaran serangan sengit beberapa hari terakhir ini.

Sebuah organisasi pemantau serangan udara di Suriah dan sumber oposisi bersenjata mengatakan pesawat Rusia tampaknya mengebom kota-kota Latamna dan Kafer Zita di Hama utara dalam serangan berturut-turut.

BACA JUGA  Eskalasi Idlib Terbaru: 544 Sipil Tewas, 2.000 Terluka dan 300 Ribu Terusir

Damaskus, yang didukung oleh Rusia dan Iran, sedang mempersiapkan serangan besar untuk mengambil alih Idlib dan daerah sekitarnya di barat laut. Provinsi ini merupakan benteng besar terakhir pejuang oposisi yang menentang Presiden Suriah Bashar Assad.

Pesawat Rusia dan Suriah melanjutkan kampanye pemboman sehari setelah pertemuan puncak tiga Negara di Teheran. Pertemuan itu gagal mencapai kecepakatan gencatan senjata.

Sebelum pertemuan tersebut, rezim dan Rusia juga memulai menyerang Idlib. Namun serangan itu terbatas dan belum sengit.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Penuh Haru, Tiga Peserta Jalan Sehat Solo Ini Dapat Hadiah Umrah Gratis

"Alhamdulillah, saya belum pernah ke Makkah dan mendapatkan umroh, insyallah saya akan berangkat. Dan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan jalan sehat umat Islam pada hari ini," katanya saat ditemui Kiblat.net pada Ahad (09/09/2018) di Solo.

Senin, 10/09/2018 06:13 0

Indonesia

Jalan Sehat Umat Islam Solo: Datang Bersih Pulang Juga Bersih

“Alhamdulillah luar biasa, umat Islam se-Solo Raya bersatu padu dalam kegiatan nasional. Tidak ada unsur politik, jadi ini hanya untuk mempersatukan umat Islam,” tambahnya.

Ahad, 09/09/2018 12:41 1

Indonesia

Mesir Vonis Mati 75 Anggota Ikhwanul Muslimin

Mereka akan dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung, termasuk pimpinan senior IM Essam al-Erian, Mohamed Beltagi dan ulama terkemuka Safwat Higazi.

Ahad, 09/09/2018 10:52 0

Indonesia

Berjalan Gunakan Tongkat, Isro Gembira Ikuti Jalan Sehat Umat Islam Solo

Ia juga menegaskan bahwa kekurangan dalam hal fisik tidak perlu menjadi alasan untuk tidak ikut dalam aksi umat Islam. Saya, kata dia, tetap gembira meski dalam kondisi begini.

Ahad, 09/09/2018 09:37 0

Indonesia

Isu Pemurtadan di Lokasi Bencana, Ini Imbauan untuk Muslim

Insan mengatakan bahwa menerima bantuan atau sumbangan tetap diperbolehkan. Namun tidak untuk menukarkan bantuan kemanusiaan yang diterima dengan keyakinan yang dimiliki.

Ahad, 09/09/2018 09:23 0

Indonesia

Warga di Car Free Day Tak Terganggu Acara Jalan Sehat Umat Islam Solo

“Saya melihatnya bagus mas. Dan tidak merasa terganggu. Parkirnya juga bisa lebih lama, dan bisa lebih lama olahraga juga,” tuturnya.

Ahad, 09/09/2018 09:02 0

Indonesia

Jalan Sehat Umat Islam Solo Dimulai, Panitia Optimistis Acara Berjalan Damai

“Sampai selesai, insyaAllah tidak ada pelanggaran hukum dan sesuai UU. Harapan kita sampai nanti selesai kita dalam keadaan aman dan damai tidak ada persekusi,” sambungnya.

Ahad, 09/09/2018 08:26 0

Indonesia

Pagar Nusa Surakarta Turut Kawal Jalan Sehat Solo

Ketua Perguruan Silat Pagar Nusa wilayah Surakarta, Burhannudin Hilal mengungkapkan bahwa pesilat Pagar Nusa akan turut mengamankan jalan sehat Solo

Sabtu, 08/09/2018 15:45 0

Indonesia

Lokasi Jalan Sehat Solo Diubah

Saat koordinasi, kata Endro, akhirnya juga diputuskan bahwa rute lokasi jalan sehat diubah.

Sabtu, 08/09/2018 05:30 0

Indonesia

Myanmar Didesak Bebaskan Dua Jurnalis Reuters

"Ini adalah pekerjaan kami, untuk menulis berita dan menyebarkannya kepada dunia apa yang sebenarnya terjadi di Myanmar," kata Fira di depan Kantor Kedutaan Besar Myanmar di Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat pada Jumat (07/09/2018).

Jum'at, 07/09/2018 19:39 0

Close