... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Imam Uzbekistan Dipecat Setelah Protes Larangan Jilbab dan Jenggot

Foto: Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev

KIBLAT.NET, Tashkent – Seorang imam Uzbekistan dipecat dari jabatannya setelah mendesak Presiden Shavkat Mirziyoyev untuk mencabut larangan jilbab dan jenggot. Demikian dikutip dari Reuters, Senin (10/09/2018).

Mirziyoyev, yang berkuasa pada tahun 2016, mengkampanyekan reformasi ekonomi dan politik liberal di negara bekas jajahan Uni Soviet itu. Bulan lalu, pemerintahan Mirziyoyev secara khusus melarang siswa perempuan mengenakan jilbab di sekolah.

Langkah itu memicu kritik di jejaring sosial yang dipimpin oleh Fazliddin Parpiyev, imam masjid Omina di Tashkent. Dia mempublikasikan kritikan tersebut dalam sebuah video yang diunggah di Facebook minggu lalu.

Parpiyev (32) mengatakan dalam video, bahwa umat Islam masih mengalami penindasan meskipun di era reformasi, terkait dengan pelarangan jilbab dan jenggot. Ia meminta presiden Mirziyoyev untuk menjaga kebebasan hati nurani.

Pada hari Ahad, Parpiyev menulis di halaman Facebook-nya bahwa dia telah diberhentikan dari jabatannya oleh Dewan Muslim Uzbekistan, yang dekat dengan pemerintah. Beberapa rekannya telah mendesaknya untuk mengingkari pernyataan sebelumnya.

“Saya tidak menyesali apa yang saya katakan di alamat video saya,” tulisnya. “Namun, smartphone saya telah diambil dari saya oleh ayah saya yang memberi saya alasan untuk percaya bahwa dia bisa berada di bawah tekanan juga.”

Sementara itu Dewan Muslim Uzbekistan tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar.

Sumber: Reuters
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Warga Jepang Donasikan Laba Dagangan untuk Korban Gempa Lombok

KIBLAT.NET, Jakarta – Dukungan dan bantuan untuk korban gempa di Lombok NTB terus mengalir. Tak...

Senin, 10/09/2018 16:11 0

Opini

HTI yang Selalu Salah

Sebenarnya, apa yang mereka takutkan dari eks-HTI bila keterlibatan anasir eks-HTI dalam tagar tersebut adalah sebuah kebenaran?

Senin, 10/09/2018 15:40 0

Artikel

Di Bawah Bayang-bayang Tragedi Utang Turki Usmani

Indonesia dan Turki yang kini beberapa langkah dari bibir jurang semoga tak terperosok ke dalam jurang yang sama. Jangan sampai persoalan utang membuat Indonesia dan Turki menjadi korban berikutnya dari malapetaka buruknya pengelolaan ekonomi dan jeratan utang.

Senin, 10/09/2018 15:29 0

Video Kajian

Membangun Negara dengan Tauhid – Ust. Farid A. Okbah, MA.

KIBLAT.NET – Politik dalam kenegaraan Islam itu jauh lebih dari sekadar mensejahterahkan rakyat. Politik dalam...

Senin, 10/09/2018 12:00 0

Indonesia

Penuh Haru, Tiga Peserta Jalan Sehat Solo Ini Dapat Hadiah Umrah Gratis

"Alhamdulillah, saya belum pernah ke Makkah dan mendapatkan umroh, insyallah saya akan berangkat. Dan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan jalan sehat umat Islam pada hari ini," katanya saat ditemui Kiblat.net pada Ahad (09/09/2018) di Solo.

Senin, 10/09/2018 06:13 0

Indonesia

Jalan Sehat Umat Islam Solo: Datang Bersih Pulang Juga Bersih

“Alhamdulillah luar biasa, umat Islam se-Solo Raya bersatu padu dalam kegiatan nasional. Tidak ada unsur politik, jadi ini hanya untuk mempersatukan umat Islam,” tambahnya.

Ahad, 09/09/2018 12:41 1

Indonesia

Mesir Vonis Mati 75 Anggota Ikhwanul Muslimin

Mereka akan dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung, termasuk pimpinan senior IM Essam al-Erian, Mohamed Beltagi dan ulama terkemuka Safwat Higazi.

Ahad, 09/09/2018 10:52 0

Indonesia

Berjalan Gunakan Tongkat, Isro Gembira Ikuti Jalan Sehat Umat Islam Solo

Ia juga menegaskan bahwa kekurangan dalam hal fisik tidak perlu menjadi alasan untuk tidak ikut dalam aksi umat Islam. Saya, kata dia, tetap gembira meski dalam kondisi begini.

Ahad, 09/09/2018 09:37 0

Indonesia

Isu Pemurtadan di Lokasi Bencana, Ini Imbauan untuk Muslim

Insan mengatakan bahwa menerima bantuan atau sumbangan tetap diperbolehkan. Namun tidak untuk menukarkan bantuan kemanusiaan yang diterima dengan keyakinan yang dimiliki.

Ahad, 09/09/2018 09:23 0

Indonesia

Warga di Car Free Day Tak Terganggu Acara Jalan Sehat Umat Islam Solo

“Saya melihatnya bagus mas. Dan tidak merasa terganggu. Parkirnya juga bisa lebih lama, dan bisa lebih lama olahraga juga,” tuturnya.

Ahad, 09/09/2018 09:02 0

Close