Cina Akan Latih Tentara Afghanistan di Negaranya

KIBLAT.NET, Beijing – Duta Besar Afghanistan untuk Cina mengatakan bahwa Beijing akan melatih pasukan Afghanistan di negaranya. Ini bagian dari kerja sama militer untuk memerangi Al-Qaidah dan militan Islam yang ingin menyerang Cina sisi barat.

Dubes Janan Musazai mengatakan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (06/09), Afghanistan juga meminta Cina untuk menyediakan helikopter tempur kepada pasukan keamanan Afghanistan.

Beijing bulan lalu menolak laporan bahwa negaranya akan mengerahkan tentara ke Afghanistan. Mamun Tiongkok menyetujui membantu Afghanistan membentuk “brigade gunung” di koridor Khawar yang menghubungkan wilayah Cina-Afghanistan.

“Tapi ya, akan ada pelatihan yang diperlukan dan tentu saja itu akan dilakukan di Cina,” kata Musazai.

Ia menambahkan, militer Cina juga berjanji untuk menyediakan dua pesawat evakuasi medis dan beserta awaknya selama sesi latihan.

“Kesepakatan mengenai kedua pesawat ini dalam tahap akhir dan kami berharap bahwa keduanya nantinya akan diserahkan kepada pasukan keamanan Afghanistan dan pertahanan kami segera,” katanya.

“Kami juga meminta kendaraan tempur, helikopter tempur, peralatan udara dan peralatan pengintaian,” imbuh Musazai.

Reuters mengatakan, Kementerian Pertahanan Tiongkok belum menanggapi saat dikonfirmasi hal ini.

Musazai tidak memberikan rincian keuangan atau mengidentifikasi jenis-jenis kendaraan yang diperlukan, tetapi mengatakan bahwa helikopter yang diinginkan Kabul mungkin adalah MiG-35 buatan Rusia atau Soviet.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat