... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pakar Hukum: Jalan Sehat Solo Hanya Perlu Pemberitahuan, Bukan Izin

Foto: Ketua Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Surakarta, Muhammad Taufiq

KIBLAT.NET, Solo – Acara jalan sehat umat Islam Solo pada 9 September 2018 mendatang menimbulkan kontrofersi. Menanggapi hal ini, Ketua Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Surakarta, Muhammad Taufiq menyatakan bahwa acara tersebut adalah bentuk penyampaian aspirasi. Maka cukup dengan memberikan pemberitahuan kepada pihak berwajib dan tidak diperlukan izin.

“Itu sarana demokrasi bahwa orang itu nggak puas dan boleh protes. Kalau protes aja memerlukan izin ya namanya bukan unjuk rasa, tapi namanya lomba pidato,” ungkapnya kepada awak media di Polresta Surakarta pada Rabu (05/09/2018).

Taufiq mengatakan kegiatan itu sesuai dengan ketentuan pasal 13 UU 1998 tentang penyampaian pendapat di muka umum, bahwa menyampaikan pendapat di muka umum tidak memerlukan izin, tapi cukup pemberitahuan.

“Di pasal 13 ayat 31 disebutkan setelah menerima surat pemberitahuan, polisi segera menerbitkan tanda terima dan menyiapkan jumblah polisi yang dibutuhkan dan jumlah rute yang diperlukan untuk acara serta polisi mengawal kegiatan tersebut. Terlebih, jika panitianya jelas, analisa jumlah massa jelas dan dengan tujuan yang jelas,” paparnya.

Ia menilai, jika sampai ada keharusan untuk meminta izin, maka itu sebuah upaya mereduksi atau mengurangi berlakunya pasal-pasal. Terlebih, UU tersebut dibuat pada masa kepemimpinan Presiden Habibie yang kemudian diteruskan oleh Gus Dur, dilanjutkan oleh Megawati dan sampai pada Susilo Bambang Yudoyono.

“Artinya negara ini sudah ada sejak dulu, jadi tidak perlu diterbitkan PP kembali seperti sekarang atas terbitnya terbit PP no 60 tahun 2017,” katanya.

BACA JUGA  Derita Belum Reda, Pengungsi Gempa Ambon Dihantui Kabar Hoaks

Dengan demikian, menurutnya penjelasan Panitia Jalan Sehat Warga Solo secara prosedur dan administrasi tidak perlu dipermasalahkan lagi. Karena mengacu pada UU no 9 tahun 1998 pasal 13 dan sudah selaras dengan Kabaintelkam Mabes Polri

“Jadi menurut saya sebagai warga Solo dan berprofesi sebagai advokat mendukung acara itu dan saya tegaskan kalau ada kata-kata izin itu namanya mereduksi pemberlakuan pasal 13 UU 1998 tentang penyampaian pendapat,” katanya.

Ia menyampaikan bahwa jika pihak kepolisian menolak pemberitahuan acara tersebut, menurutnya hal itu sebuah pembangkangan.

“Kalau polisi menolak jelas itu pembangkangan dan jika kami menerima penolakan ini maka akan terjadi preseden di mana-mana akan ada penolakan,” pungkasnya.

Reporter: Reno Alfian
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Jalan Terjal Dakwah Para Ulama

Menjadi ulama berarti membuat pejanjian dengan Allah untuk senantiasa teguh dan tegas menyampaikan wahyu dan memperbaiki umat. Sebagai pelanjut estafet dakwah Nabi dalam menyampaikan kebenaran, tentunya konsekuensi yang diterima sama dengan konsekuensi yang diterima para Nabi.

Kamis, 06/09/2018 11:51 0

Arab Saudi

Jaksa Saudi Juga Minta Syaikh Al-Umari Dihukum Mati

Syaikh Al-Umari ditangkap September 2017, saat rezim Saudi menggulirkan kampanye penangkapan ulama dan aktivis yang dianggap membahayakan Kerajaan.

Kamis, 06/09/2018 09:25 0

Afghanistan

Afghanistan Klaim Tangkap Belasan Anggota Haqqani di Kabul

Menurut pernyataan itu, tentara juga menyita senjata, amunisi dan bahan peledak dari tangan mereka.

Kamis, 06/09/2018 08:29 0

Suriah

Rezim Assad Mulai Serangan Tahap Pertama ke Idlib

faksi oposisi membaca serangan roket di bagian barat dan selatan sebagai tahap pertama kampanye militer besar terhadap Idlib.

Kamis, 06/09/2018 07:26 0

Afghanistan

Bom Kembali Guncang Ibukota Afghanistan

Serangan itu menyoroti bahaya di Kabul menjelang pemilu bulan depan. Keamanan di ibukota sangat rentan meskipun pemerintah kerap mengklaim menang melawan “teroris”.

Kamis, 06/09/2018 06:39 0

Suriah

Sejumlah Drone Mengintai Pasca Serangan Udara Rusia di Idlib

Menanggapi serangan Rusia, merger baru oposisi Suriah Jabhah Wathaniyah Li Tahrir berhasil meledakkan tank T72 Rusia di kamp Jurin di Sahl Ghab dengan rudal anti-tank.

Rabu, 05/09/2018 19:14 0

Info Event

Bersama SM, Mari Bantu Warga Lombok Dirikan Hunian Sementara

KIBLAT.NET, Lombok – Lebih dari sebulan yang lalu saudara kita di Lombok berada di masa...

Rabu, 05/09/2018 16:39 0

Video Kajian

Kedudukan Jihad dalam Dakwah Islam – Ust. Abu Rusydan

KIBLAT.NET – Ada sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa Islam bisa ditegakkan hanya dengan dakwah saja...

Rabu, 05/09/2018 12:00 0

Arab Saudi

Kejaksaan Saudi Minta Syaikh Salman Al-Audah Dihukum Mati

Putra Syaikh Al-Audah, Abdullah Al-Audah, membenarkan berita tersebut

Rabu, 05/09/2018 08:54 0

Afrika

Dalam Enam Bulan, Al-Shabab Luncurkan 418 Operasi

ratusan serangan itu selama periode Oktober 2017 hingga April 2018.

Rabu, 05/09/2018 07:44 0

Close