... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Syiar Ajaran Agama Lain Kepada Pengungsi Muslim di Lokasi Bencana Tidak Etis

Foto: Sekelompok relawan diduga melakukan syiar keagamaan tertentu kepada pengungsi muslim korban gempa Lombok

KIBLAT.NET, Jakarta – Pakar hukum pidana Universitas Indonesia (UI), Heru Susetyo menyebut undang-undang yang mengatur penyebaran ajaran agama dalam situasi bencana tidak jelas. Dia menilai perbuatan mensyiarkan suatu ajaran agama ke pemeluk agama lain tidak etis.

Heru mengatakan tidak ada peraturan yang jelas tentang aksi syiar ajaran suatu agama kepada kaum muslim di lokasi bencana, seperti yang terjadi di Lombok. “Ada SKB dua menteri misalnya, tapi tidak ada sanksi hukum,” ungkapnya saat dihubungi Kiblat.net, Senin (03/09/2018).

Terkait beredarnya video kelompok relawan yang diduga menyebarkan syiar keagamaan tertentu kepada pengungsi muslim, Heru menilai aksi mereka melanggar wilayah moral dan etika. “Lebih pada wilayah moral dan etika, jadi menurut saya itu tidak etis,” ujarnya.

Menurut Heru, meski tidak ada sanksi hukum bagi pelaku syiar agama terhadap pemeluk agama di lokasi bencana, tindakan tersebut tetap tidak layak dilakukan. “Jangan mengambil kesempatan dalam kesempitan. Karena ini orang sedang berduka, kena bencana. Jangan cari gara-gara,” tandasnya.

Dugaan pemurtadan di lokasi bencana gempa Lombok menyeruak menyusul beredarnya video sekelompok relawan yang melakukan syiar keagamaan tertentu kepada pengungsi muslim. Selain itu, aditemukan juga paket-paket bantuan berupa buku agama tertentu yang ditujukan ke lokasi pengungsian yang dihuni umat Islam.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Pakistan

AS Batalkan Bantuan Dana Anti Terorisme $300 Juta ke Paskitan

"Karena belum ada tindakan tegas dari pihak Pakistan untuk mendukung strategi Asia Selatan, sisa bantuan sebesar $ 300 juta telah ditransfer ke program lain," kata jubir Pentagon, Letkol Koon Faulkner, Ahad (02/08).

Senin, 03/09/2018 08:12 0

China

China Didesak Bebaskan Muslim Uighur yang Ditahan

Komite PBB untuk Penghapusan Diskriminasi Rasial telah meminta China untuk membebaskan para Uighur yang ditahan di Xinjiang, daerah otonom di negara itu.

Ahad, 02/09/2018 18:58 0

Palestina

Israel Umbar Peluru Tajam ke Demonstran Palestina, 52 Terluka

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan orang-orang Palestina terluka di perbatasan Gaza timur.

Ahad, 02/09/2018 18:41 0

Yaman

Akui Salah Sasaran di Yaman, Koalisi Saudi Akan Adili Pelaku

Pada 9 Agustus, serangan udara yang dipimpin Saudi menargetkan sebuah bus yang membawa anak-anak di provinsi Saada barat laut Yaman. Sedikitnya 50 orang, sebagian besar anak-anak, tewas dan puluhan lainnya terluka.

Ahad, 02/09/2018 18:34 0

Fikih

Memahami Hukum Vaksin Rubella dengan Pendekatan Fikih Klasik

Apakah vaksin Rubella yang dalam proses pembuatannya ada salah satu proses yang melibatkan unsur babi otomatis menjadi haram, sehingga haram dikonsumsi, atau ada alternatif-alternatif pilihan fikih di sana?

Sabtu, 01/09/2018 21:00 0

Manhaj

Melihat Wabah Rubella dengan Kacamata Wahyu

Wabah Rubella yang menjadi polemik belakangan ini mirip dengan wabah Thaun yang pernah disabdakan oleh Rasulullah SAW. Beliau memberikan gambaran global seperti umat Islam menyikapi wabah yang menimpa suatu kaum.

Sabtu, 01/09/2018 18:55 0

Mesir

Foto Bekas Diktator Mesir Husni Mubarak Hebohkan Media Sosial

Foto Bekas Diktator Mesir Husni Mubarak Hebohkan Media Sosial

Sabtu, 01/09/2018 14:41 0

Foto

Rakyat Idlib Bersama Pejuang Bersenjata

KIBLAT.NET, Idlib — Jumat, 31/08/2018 menyaksikan hari bersejarah bagi pejuang Suriah. Warga di sedikitnya 60...

Sabtu, 01/09/2018 11:00 0

Suriah

Semua Lapisan Warga Suriah Utara Turun ke Jalan Dukung Pejuang

semua lapisan masyarakat berpartisipasi dalam aksi tersebut. Mulai dari pria, wanita anak-anak, orang jompo bahkan yang memiliki kebutuhan khusus.

Sabtu, 01/09/2018 10:08 0

Suriah

Warga Idlib Kutuk Utusan Khusus PBB untuk Suriah

“Jangan mundur, jangan menyerah hingga rezim jatuh dan masih ada sisa-sisa zaitun. Kepada Negara penjamin, apakah kalian menjadi penjamin untuk membunuh kami?” kata massa dalam orasinya.

Sabtu, 01/09/2018 09:10 0

Close