... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Islamic Leadership Academy Kelima Resmi Diluncurkan

Foto: Islamic Leadership Academy (ILA) kelima resmi diluncurkan oleh Dewan Pembina Young Islamic Leaders, KH Bachtiar Nasir

KIBLAT.NET, Jakarta – Islamic Leadership Academy (ILA) kelima resmi diluncurkan oleh Dewan Pembina Young Islamic Leaders, KH Bachtiar Nasir. Para peserta akan mendapatkan materi skill kepemimpinan.

Ustaz Bachtiar Nasir mengungkapkan, ILA yang kelima ini adalah kelanjutan dari program Young Islamic Leader, sebuah sayap organisasi di bawah AQL yang fokus kepada proses kaderisasi kepemimpinan yang lebih profesional dan lebih maju.

“ILA ini diperuntukkan khususnya kepada usia muda yang produktif, dan alhamdulillah tim penyelenggara menangani ini dengan serius dan mengundang narator dan para narasumber yang kompeten di bidangnya,” ungkap UBN di gedung AQL, Tebet, Jakarta Selatan, Ahad (02/09/2018) malam.

Mantan Ketua GNPF Ulama ini juga mengatakan bahwa ada peserta ILA yang datang dari berbagai daerah, untuk mengikuti kaderisasi ini. “Di dalamnya saya masukkan juga beberapa unit dari AQL yang nantinya akan membantu pelatihan ini. Kaderisasi ini berbayar, untuk internalisasi mereka dan ini juga tidak terlalu mahal, karena tempat kita sendiri,” tukasnya.

Abdurrahman Rasyid, Wakil Ketua Umum Young Islamic Leader. Mengungkapkan bahwa ILA adalah organisasi kepemudaan yang bertujuan mencetak kader pemimpin muda yang memiliki wawasan, baik secara keagamaan maupun ilmu global, seperti ekonomi, teknologi, wirausaha dan politik.

“Jadi memang bukan hanya sisi agamanya saja, tapi juga dari sisi globalnya kita coba sampaikan. Ada juga pelatihan skill kepemimpinan,” ungkapnya usai peluncuran ILA kelima ini.

BACA JUGA  Event Muslim United, Ustadz Abdul Somad Bahas Masalah Iman

“Di sini nantinya akan ada semacam pemaparan materi di dalam kelas di bidangnya masing-masing dan kemudian ada tanya jawab, yang endingnya nanti adalah bagaimana mengimplementasikan ilmu-ilmu tersebut di masyarakat,” lanjutnya.

Rasyid mengungkapkan salah satu materi yang akan disampaikan adalah metode pengaplikasian dari ilmu yang telah disampaikan. Menurutnya, nanti akan ada program Praktek Kerja Juang, sehingga ilmu yang sudah didapatkan kemudian diimplementasikan dan nantinya juga akan dipresentasikan, seperti apa dan sejauh mana manfaat dari pelatihan di kelas ini.

ILA kelima ini diadakan dari bulan September sampai pertengahan November, dan kelas akan diadakan pertemuan setiap akhir pekan, namun bukan hanya di kelas, akan ada juga outingclass seperti outbond yang terkait dengan kerjasama, saling menunjukkan skill kepemimpinan dan memberikan keputusan dalam waktu cepat. Rasyid mengungkapkan, ILA kelima ini kurang lebih akan ada 18 pertemuan.

“Output yang jadi ILA, yang ada sampai saat ini, ada beberapa temen kita yang sudah mengimplementasikan ilmu dari ILA ini. Ada sahabat kita dari ILA satu, mbak Serly, dari materi yang ia dapat, bisa ia sampaikan dalam ajang di televisi. Itu salah satu trobosan, bisa mengenalkan konsep-konsep yang ditawarkan seorang pemimpin yang bukan hanya secara global, secara ekonomi bisnis, tapi juga dalam sisi keagamaanya,” ungkapnya.

ILA kelima ini, sebut Rasyid ada sekitar 54 orang, dengan rincian 50 orang terdaftar secara reguler, dan 4 orang melalui beasiswa. Sedangkan angkatan 1-4 ada 300 orang, ada yang di masyarakat untuk memimpin. “Ada yang sudah bergerak di bidang masing-masing, ada yang sudah bergerak di bidang industri, kemudian ingin belajar tentang kepemimpinan, mereka belajar di sini,” ujarnya.

BACA JUGA  Aktivis WALHI Sumut Meninggal Misterius

Salah satu peserta ILA kelima, Abdika Permana, peserta asal Padang mengungkapkan bahwa ia belajar di ILA ini harapannya adalah untuk mempelajari ilmu kepemimpinan Islam. Ia yang sekarang bekerja di salah satu perusahaan telekomunikasi besar di Indonesia mengungkapkan bahwa ia akan menerapkan ilmu yang ia dapat di ILA ini di kantornya.

“Tentunya ada harapan untuk membuat perusahaan yang saya di dalamnya untuk lebih baik, setelah dari sini. Akan saya terapkan juga dan praktekkan di kantor saya, dan saya tau juga karena dari temen saya di kantor, alhamdulillah kantor saya juga sudah ada pengajiannya. Banyak alumni sini juga di sini, mengelola bidang IT,” tegasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Islamic Leadership Academy Kelima Resmi Diluncurkan”

  1. Airlangga

    Kereen

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Ahli PBB: Definisi Teroris Facebook Rentan Dimanfaatkan Penguasa

Awal tahun ini, Facebook mengumumkan memblokir 1.9 juta konten “ekstremis” dan sebagian lain dilabeli peringatan konten bahaya.

Senin, 03/09/2018 16:38 0

Opini

Menjawab Isu SARA Dalam Politik Identitas Menjelang Ijtima Ulama II

Menjawab Isu SARA Dalam Politik Identitas Menjelang Ijtima Ulama II

Senin, 03/09/2018 15:51 0

Eropa

Festival Miras di Jerman Diserbu Gerombolan Tawon, 18 Luka-luka

Sebuah festival wine (miras dari anggur) di Jerman untuk merayakan minggu-minggu terakhir musim panas berakhir tragis setelah diserbu sekumpulan tawon.

Senin, 03/09/2018 15:22 0

Tazkiyah

Memenangkan Pihak yang Lemah

Orang itu berkata pada khalifah,"Wahai Amirul Mukminin, sandal Rasulullah ini aku hadiahkan kepada engkau."

Senin, 03/09/2018 15:00 1

Suriah

Turki Akhirnya Masukkan HTS ke Daftar “Teroris” Setelah Menolak Bubar

KIBLAT.NET, Idlib – Pemerintah Turki akhirnya mengamini Barat dan Rusia menganggap gerakan oposisi jihadis Suriah,...

Senin, 03/09/2018 13:25 0

Video Kajian

Inilah Keluarga yang Paling Rugi – Ust. Tri Asmoro Kurniawan

KIBLAT.NET – Banyak yang bangga anaknya sukses secara duniawi. Tapi, benarkah prestasi duniawi dari anak-anak...

Senin, 03/09/2018 12:13 0

Pakistan

AS Batalkan Bantuan Dana Anti Terorisme $300 Juta ke Paskitan

"Karena belum ada tindakan tegas dari pihak Pakistan untuk mendukung strategi Asia Selatan, sisa bantuan sebesar $ 300 juta telah ditransfer ke program lain," kata jubir Pentagon, Letkol Koon Faulkner, Ahad (02/08).

Senin, 03/09/2018 08:12 0

China

China Didesak Bebaskan Muslim Uighur yang Ditahan

Komite PBB untuk Penghapusan Diskriminasi Rasial telah meminta China untuk membebaskan para Uighur yang ditahan di Xinjiang, daerah otonom di negara itu.

Ahad, 02/09/2018 18:58 0

Palestina

Israel Umbar Peluru Tajam ke Demonstran Palestina, 52 Terluka

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan orang-orang Palestina terluka di perbatasan Gaza timur.

Ahad, 02/09/2018 18:41 0

Yaman

Akui Salah Sasaran di Yaman, Koalisi Saudi Akan Adili Pelaku

Pada 9 Agustus, serangan udara yang dipimpin Saudi menargetkan sebuah bus yang membawa anak-anak di provinsi Saada barat laut Yaman. Sedikitnya 50 orang, sebagian besar anak-anak, tewas dan puluhan lainnya terluka.

Ahad, 02/09/2018 18:34 0

Close