... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

DSKS: Jalan Sehat 9 September Sesuai UU, Tidak Boleh Dihalang-halangi

Foto: Anggota Tim Advokasi Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), Endro Sudarsono

KIBLAT.NET, Solo – Umat Islam Solo Raya akan mengadakan jalan sehat yang akan diselenggarakan pada hari Ahad 9 September 2018. Dalam hal ini, Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) menyatakan dukungan atas penyelenggaraan acara tersebut.

Menurut Humas DSKS, Endro Sudarsono kegiatan tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku menurut UUD 1945 pasal 28 e ayat 3. Ia menegaskan bahwa dalam pasal itu menyatakan Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat berkumpul dan mengeluarkan pendapat.

“Kami mendukung karena jelas, bahwa acara tersebut sesuai dengan aturan UUD 1945 pasal 28. Makanya tidak boleh dihalang-halangi,” ungkapnya kepada Kiblat.net melalui rilisnya pada Ahad (02/09/2018).

Oleh sebab itu, karena tidak melanggar undang-undang maka aparat kepolisian seharusnya memberikan ruang aman dan melindungi masyarakat yang ingin berbagai aspirasi. Endro menekankan, hal ini sesuai undang-undang nomor 2 tahun 2002 pasal 13 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Pasal tersebut berbunyi, tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan dan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut bukan merupakan kampanye karena tidak ada simbol-simbol partai politik. “Ini bukan agenda politik,” tegasnya.

Ia berharap aparat kepolisian bisa bersikap Netral arif dan bijaksana atas dinamika berkembang di masyarakat, serta meminta kepada masyarakat untuk ikut mendorong aparat memberikan pengamanan terhadap jalannya acara tersebut.

BACA JUGA  Momentum Hari Kemerdekaan, PKS: Negara Harus Membangun Kesejahteraan Rakyat

Sebelumnya, panitia jalan sehat umat Islam warga Solo telah meminta izin untuk pemakain lapangan Kottabarat secara administrasi dengan sesuai dengan UU. Yaitu melakukan pemberitahuan, mencantumkan penanggung jawab kegiatan, dan Surat komitmen untuk tetap menjaga kondusivitas keamanan dan kebersihan kota Solo sudah dikirimkan ke Polri

Surat pemberitahuan diserahkan ke Polsek Banjarsari dan Polresta Surakarta dikirim tanggal 17 Agustus 2018 ditandatangani oleh ketua panitia Dadyo Hasto, sedangkan surat pemberitahuan ke Polda Jateng sudah dikirim tanggal 20 Agustus 2018. Bahkan, lanjut Endro, di papan lapangan Kotabarat sudah tertulis agenda dari panitia jalan sehat umat Islam warga Solo.

“Namun, tiba-tiba Wali kota menyampaikan tanggal 9 bulan 9 dipakai Wali kota untuk pekan olahraga warga solo,” ungkapnya.

Reporter: Reno Alfian
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Fikih

Memahami Hukum Vaksin Rubella dengan Pendekatan Fikih Klasik

Apakah vaksin Rubella yang dalam proses pembuatannya ada salah satu proses yang melibatkan unsur babi otomatis menjadi haram, sehingga haram dikonsumsi, atau ada alternatif-alternatif pilihan fikih di sana?

Sabtu, 01/09/2018 21:00 0

Manhaj

Melihat Wabah Rubella dengan Kacamata Wahyu

Wabah Rubella yang menjadi polemik belakangan ini mirip dengan wabah Thaun yang pernah disabdakan oleh Rasulullah SAW. Beliau memberikan gambaran global seperti umat Islam menyikapi wabah yang menimpa suatu kaum.

Sabtu, 01/09/2018 18:55 0

Mesir

Foto Bekas Diktator Mesir Husni Mubarak Hebohkan Media Sosial

Foto Bekas Diktator Mesir Husni Mubarak Hebohkan Media Sosial

Sabtu, 01/09/2018 14:41 0

Foto

Rakyat Idlib Bersama Pejuang Bersenjata

KIBLAT.NET, Idlib — Jumat, 31/08/2018 menyaksikan hari bersejarah bagi pejuang Suriah. Warga di sedikitnya 60...

Sabtu, 01/09/2018 11:00 0

Suriah

Semua Lapisan Warga Suriah Utara Turun ke Jalan Dukung Pejuang

semua lapisan masyarakat berpartisipasi dalam aksi tersebut. Mulai dari pria, wanita anak-anak, orang jompo bahkan yang memiliki kebutuhan khusus.

Sabtu, 01/09/2018 10:08 0

Suriah

Warga Idlib Kutuk Utusan Khusus PBB untuk Suriah

“Jangan mundur, jangan menyerah hingga rezim jatuh dan masih ada sisa-sisa zaitun. Kepada Negara penjamin, apakah kalian menjadi penjamin untuk membunuh kami?” kata massa dalam orasinya.

Sabtu, 01/09/2018 09:10 0

Feature

Sepenggal Kisah Relawan Kemanusiaan di Lombok: Menjenguk Anak-anak Kerujuk

KIBLAT.NET, Lombok – Sebelum terjadi bencana gempa bumi, Lombok dikenal dari dua sisi: pariwisata dan...

Jum'at, 31/08/2018 17:39 0

Syam

Koalisi AS Bunuh Lebih 1.000 Warga Sipil dalam Perang Kontra ISIS

Sementara menurut lembaga pemantau serangan udara Airways menunjukkan data lain yang mengejutkan. Serangan koalisi AS telah menyebabkan lebih dari 6.500 warga sipil tewas.

Jum'at, 31/08/2018 16:52 0

Suriah

PBB Usul Warga Idlib Dipindah, Oposisi Suriah: Pindah ke Planet Lain?

Juru bicara oposisi Suriah Yahya Al-Aridi menanggapi usulan PBB untuk memindahkan warga Idlib di tengah rencana serangan rezim Assad dan sekutunya ke wilayah tersebut.

Jum'at, 31/08/2018 16:03 0

Suriah

Syaikh Al-Muhaisini Seru Rakyat Suriah Turun ke Jalan Dukung Pejuang Idlib

Dia mengimbau imam dan khatib di seluruh masjid untuk menyerukan ini kepada jamaahnya.

Jum'at, 31/08/2018 14:20 0

Close