Inggris Selesai Latih Ratusan Tentara Somalia

KIBLAT.NET, Mogadishu – Pemerintah Inggris mengumumkan, Rabu (29/08), pasukannya telah menyelesaikan pelatihan 500 tentara Somalia. Program ini merupakan lanjutan dari operasi pelatihan yang dimulai Januari 2017 lalu sebagai bagian komitmen Inggris untuk “perdamaian dan keamanan” di wilayah tersebut.

Pernyataan yang dikeluarkan oleh Departemen Pertahanan Inggris mengatakan bahwa pasukan Inggris telah melatih Tentara Nasional Somalia sejak Januari 2017, dengan fokus pada pelatihan medis, pengembangan kepemimpinan, intelijen, peralatan dan dukungan logistik, dan hak asasi manusia.

“Pelatihan, yang kita diberikan akan membantu Somalia membangun lebih stabil dan makmur. Itu untuk merangsang Tentara Nasional Somalia, yang telah menyatakan keinginan mereka untuk belajar dan tetap berkomitmen untuk pembangunan negara mereka,” kata Menteri Angkatan Bersenjata Inggris, Marc Lancaster.

Pernyataan Dephan Inggris menambahkan bahwa tujuan jangka panjang program itu untuk menjadikan perwira tinggi di militer Somalia lebih mampu dan mandiri melatih prajurit. Pelatihan ini hanya bagian dari misi Inggris di Somalia. Inggris sendiri menjadi Negara terbesar ketiga yang berperan dalam misi Uni Afrika di Negara tersebut.

Inggris juga mendukung pengembangan mekanisme pendanaan polisi federal, yang dikembangkan bersama oleh Inggris dan Uni Eropa.

Dalam perkembangan lain, Amerika Serikat mengumumkan serangan udaranya di sebuah lokasi di jarak 40 kilometer tenggara ibukota Mogadishu menewaskan tiga pejuang Organisasi Al-Shabab Al-Mujahidin. Washington mengatakan serangan ini berkat koordinasi dengan militer Somalia.

Sumber: Youm7, Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat