... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Din: Jika Meiliana Jelekkan Islam Ketika Protes Suara Azan, Itu Penistaan

Foto: Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Prof. Din Syamsuddin.

KIBLAT.NET, Jakata – Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban, Sirajuddin Syamsuddin turut angkat suara terkait penodaan agama yang dilakukan Meiliana. Meurutnya, dalam kasus tersebut harus jelas apa yang sebenarnya dipersoalkan.

Din mengatakan, jika protes terhadap suara azan yang keras dan mengganggu orang lain di lingkungan tersebut disampaikan dengan cara yang baik, maka tidak bisa disebut penistaan agama.

“Tapi kalo memprotes dengan menolak, menghina, mencaci maki, menjelek-jelekkan ajaran agama apalagi agama orang lain, itulah yang namanya penistaan agama,” kata Din di kawasan proklamasi, Jakarta pada Rabu (29/08/2018).

Ketua dewan pertimbangan MUI itu mengatakan telah menerima informasi kronologis dari kasus Meiliana. Dia menuturkan, Meiliana yang berkeberatan dengan azan mengatakan bahwa azan terlalu keras dan mengganggu, hal ini disampaikan Meiliana secara vulgar dengan emosional dan menjelek-jelekkan ajaran Islam yang lain.

“Itu informasi yang saya terima. Saya tidak tahu pasti, jika itu memang yang terjadi, maka benar itu penistaan agama,” ujarnya.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah tersebut kemudian meminta masyarakat untuk mengambil hikmah dari kasus Meiliana tenteng bagaimana hidup dalam masyarakat majemuk. Dia juga mengimbau jika azan umat Islam dirasa mengganggu tetangga non-muslim, maka umat muslim diminta untuk tidak terlalu keras dalam mengumandangkan adzan dan tidak terlalu panjang disuarakan.

“Kepada pemeluk agama lain juga agar bisa bertoleransi. Jika ada yang terdengar dari agama lain, cobalah untuk bersimpati, toh azan itu gak lama. Kalo ada lonceng gereja misalnya, jangan merasa terganggu. Sikapilah bahwa itu adalah ajaran agama saudara kita dari umat kristiani, cobalah berempati, toh juga sebentar,” imbau Din.

BACA JUGA  Ketimpangan Ekonomi Jadi Alasan Pemerintah Pindahkan Ibu Kota

“Jadi saling bertenggang rasa dan saling merhargai, jangan mengkritik secara vulgar sampai akhirnya nyerempet pada ajaran agama yang lain,” pungkasnya.

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Myanmar

Bendungan Jebol, 63.000 Lebih Warga di Myanmar Dievakuasi

Dibangun pada tahun 2004, bendungan Swa Chaung lebih banyak menampung air dari sungai Swa. Dengan kapasitasnya 216.350 acre-feet, air disalurkan untuk mengairi lebih dari 20.000 hektar lahan pertanian.

Kamis, 30/08/2018 13:32 0

Pakistan

Ribuan Muslim Pakistan Gelar Demo Tolak Kontes Kartun Nabi

seorang mantan pemain kriket Pakistan, Khalid Latif, telah menawarkan hadiah $ 28.000 bagi siapa saja yang dapat membunuh orang Belanda yang menginisiasi kontes.

Kamis, 30/08/2018 13:02 0

Rusia

Oposisi Suriah dan Idlib Jadi Isu Penting di Pertemuan Lavrov dan Jubair

Kami juga membahas nasib Idlib dan tentu menyentuh pembahasan antara “faksi moderat” dan Jabhah Nusrah (baca: Hai’ah Tahrir Al-Syam).

Kamis, 30/08/2018 09:50 0

Afrika

Inggris Selesai Latih Ratusan Tentara Somalia

Inggris juga mendukung pengembangan mekanisme pendanaan polisi federal, yang dikembangkan bersama oleh Inggris dan Uni Eropa.

Kamis, 30/08/2018 09:00 0

Rusia

Setelah Bertemu Menlu Saudi, Lavrov: Oposisi di Idlib Seperti Bisul

"Jadi dari semua sudut pandang, bisul ini harus dibersihkan," katanya.

Kamis, 30/08/2018 07:14 0

Pakistan

Puluhan Ribu Warga Pakistan Turun ke Jalan Protes Lomba Kartun Nabi

Mereka meneriakkan yel-yel di antaranya “Kami siap mati untuk melindungi kehormatan Nabi”.

Kamis, 30/08/2018 06:26 0

Info Event

Hadirilah! Tabligh Akbar “Membangun Negara dengan Tauhid”

Berbagai pihak mengklaim bahwa jalan dan cara yang mereka tempuh adalah cara terbaik membangun bangsa dan negara. Bagaimanakah Islam memandang hal tersebut?

Rabu, 29/08/2018 23:09 0

Amerika

Survei: 40 Persen Orang Amerika Alami Kesulitan Ekonomi

Sekitar 39,4% orang dewasa mengatakan keluarga mereka mengalami kesulitan memenuhi setidaknya satu kebutuhan dasar dalam makanan, perawatan kesehatan, perumahan, atau utilitas tahun lalu.

Rabu, 29/08/2018 15:02 0

Amerika

Delegasi Keamanan dan Intelijen AS Kunjungi Damaskus Diam-diam

Sumber regional mengatakan kepada Reuters sebagian besar rincian dalam laporan Al-Akhbar tersebut benar.

Rabu, 29/08/2018 14:44 0

China

Begini Alasan China Karantina 1 Juta Lebih Muslim Uighur

Pemerintah Xi Jinping memutuskan untuk menyatakan Islam sebagai “penyakit ideologis menular” dan mengkarantina 1 juta orang Uighur di kamp-kamp pendidikan ulang.

Rabu, 29/08/2018 11:38 0

Close